Cara Aktivasi Windows 7

Cara Aktivasi Windows 7

Cara Aktivasi Windows 7 – Meskipun perushaan Microsoft terus mengeluarkan sistem operasi Windows versi terbaru, tapi masih banyak yang menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi pada PC/laptop mereka. Hal tersebut tidak mengherankan, karena Windows 7, khususnya Windows 7 ultimate memang sangat populer pada masanya.

Banyaknya orang masih setia menggunakan Windows 7 mungkin juga disebabkan beberapa hal. Diantaranya, karena banyak software yang kompatibel dengan sistem operasi Windows 7. Selain itu, Windows 7 juga memiliki tampilan interface yang simple dan mudah untuk di operasikan.

Baik Windows 7 versi 32-bit atau 64-bit dianggap sebagai sistem operasi yang stabil dan lengkap dalam hal multimedia. Ditambah lagi cara install windows 7 yang lebih mudah dibandingkan versi Windows lainnya.

Setelah Windows 7 selesai di install pada komputer/laptop Anda, status dari Windows 7 Anda masih trial dan suatu saat akan habis, biasanya selama 30 hari. Maka dari itu, agar sistem operasi Windows 7 dapat digunakan secara permanen, Anda perlu mengaktivasi Windows 7 Anda.

Kenapa Perlu Aktivasi Windows 7 ?

Cara Aktivasi Windows 7

Saat Anda meng-install Windows 7 tanpa mengisikan product key, maka status Windows 7 Anda masuk dalam masa percobaan (trial). Anda dapat menggunakan Windows 7 secara normal seperti biasanya selama kurang lebih 30 hari. Setelah itu, Anda wajib mengisi serial key untuk meng-aktivasi Windows 7.

Nah, bagaimana jika tidak melakukan aktivasi ? tentu Windows 7 Anda akan mengalami masalah. Pertama, setiap Anda menyalakan komputer atau laptop Anda akan muncul jendela Windows Activation.

Kedua, wallpaper desktop komputer/laptop Anda juga akan berubah menjadi warna hitam dan muncul tulisan “This copy of Windows is not genuine” di pojok kanan bawah layar.

Anda akan selalu mendapati dua hal tesebut sampai Anda melakukan aktivasi Windows 7. Selain itu, beberapa fitur yang ada pada Windows 7 tidak bisa Anda pergunakan jika Anda tidak segera melakukan aktivasi.

Lalu apa keuntungan jika sudah melakukan aktivasi Windows 7 ? tentunya semua masalah di atas akan hilang. Anda dapat menggunakan seleuruh fitur Windows 7 dengan lancar dan permanen.

Melakukan aktivasi dengan membeli lisensi asli dari Windows tentu sangat disarankan, karena Anda memakai produk Windows 7 original bukan yang bajakan.

Cara Aktivasi Windows 7 Tanpa Software

Anda dapat melakukan aktivasi Windows 7 jika memiliki product key license. Untuk mendapatkannya Anda haruse membeli produk Windows 7 yang asli. Dengan kata  lain ini adalah cara aktivasi Windows 7 original.

Untuk membeli Windows 7 yang asli, sebenarnya, Anda dapat membelinya langsung di website resmi milik Microsoft. Namun, sepertinya pihak Microsoft sekarang lebih memilih mengembangkan Windows 10.

Tapi tenang, meski Windows 7 sudah tidak tersedia pada website asli Microsoft, Anda dapat membeli Windows 7 original di marketplace sepeti Tokopedia, shopee, dll.

Setelah selesai melakukan pembelian, Anda akan mendapat email dari si penjual yang berisi License Key. Dengan menggunakan License Key barulah Anda dapat melakukan aktivasi Windows 7 Anda. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Klik Start di pojok kiri bawah layar desktop Anda.
  • Cari “Computer” lalu klik kanan.
  • Selanjutnya pilih “Properties“.
  • Kemudian akan muncul jendela, di dalamnya ada Informasi yang meminta Anda untuk melakukan aktvasi. Pilih “Active Windows Now“.
  • Tunggu hingga proses selanjutnya.
  • Kemudian akan muncul jendela dan Anda akan diminta memasukkan license key Windows 7.
  • Silahkan masukkan license key/serial number yang sudah di kirim ke email Anda sebelumnya, lalu klik Next.
  • Tunggu proses verifikasi serial number Windows 7 selesai.
  • Kemudian jika muncul keterangan Active Success, maka Windows 7 Anda sudah berhasil diaktivasi.

Cara Aktivasi Windows 7 Dengan CMD

Cara selanjutnya adalah cara yang termudah, yaitu menggunakan Command Prompt. Jika Anda belum berhasil menggunakan cara sebelumnya, Anda bisa menggunakan cara ini.

Berbeda dengan cara aktivasi menggunakan Windows loader, melakukan aktivasi Windows 7 menggunakan Command Prompt mengharuskan Anda untuk terhubung dengan internet (online).

Sebelum memulai aktivasi, pastikan Anda memiliki product key/serial key Windows 7. Jika semua persiapan sudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama, klik Start dan pilih “Accessories“. Lalu klik kanan pada Command Prompt, dan jalankan Command Prompt pada Run as Administrator.
  • Saat jendela Command Prompt sudah terbuka, ketikkan “slmgr.vbs /ipk product key Anda” lalu tekan Enter.
Cara Aktivasi Windows 7 Dengan CMD
Sumber gambar : https://www.blogpress.id
  • Jika muncul keterangan bahwa proses input product key berhasil, maka setelah itu ketikkan “slmgr.vbs /ato” lalu tekan Enter.

Input Product Key ke CMD

  • Selesai, Selamat mencoba dan semoga Anda berhasil.

Jika cara mengaktivasi Windows 7 tanpa software di atas belum berhasil, maka Anda dapat mecoba beberapa cara berikut ini. Namun cara berikut ini membutuhkan software/aplikasi pendukung untuk dapat melakukan aktivasi Windows 7. Caranya adalah sebagai berikut :

Cara Aktivasi Windows 7 Dengan Windows Loader

Anda dapat melakukan aktivasi Windows 7 Anda menggunakan software Windows Loader. Tentunya Anda harus memiliki software Windows Loader. Bagi Anda yang belum punya, silahkan download terlebih dahulu di sini.

Setelah software Windows Loader sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama, matikan Windows Defender dan software antivirus yang terdapat pada komputer/laptop Anda.
  • Pastikan perangkat Anda tidak terhubung ke jaringan internet LAN atau wifi, jika hidup maka matikan terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, matikan “Windows Firewall“. Caranya, klik Start, pilih “Control Panel“, Pilih “System and Security“, lalu pilih “Windows Firewall“. Nah, silahkan pilih “Turn off Windows Firewall“.
Cara Aktivasi Windows 7 Dengan Software Windows Loader
Sumber gambar : https://www.bagitekno.net
  • Setelah semua sudah sistem keamanan sudah dimatikan, Anda bisa membuka file Windows Loader yang telah di unduh sebelumnya. Ekstrak file RAR Windows Loader, kemudian masuk file, lalu klik kanan pada file application Windows Loader dan pilih Run as administrator.

Install Windows Loader

  • Kemudian pada jendela Windows Loader yang muncul, pilih install dan tunggu beberapa saat hingga muncul keterangan “Installation Complete“.

Cara Windows Loader

  • Dalam jendela yang tampil, Anda akan menemukan keterangan “The certified and serial were successfully installed”. Klik OK, lalu tutup aplikasi Windows Loader.
  • Restart komputer/laptop Anda.

Langkah-langkah Aktivasi Windows 7

  • Setelah perangkat Anda menyala kembali, klik Start, lalu klik kanan pada “Computer“, kemudian pilih Properties untuk melihat apakah proses aktivasi menggunakan Windows Loader berhasil atau tidak.
  • Jika sudah muncul tulisan GENUINE pada jendela Properties, hal itu menandakan proses aktivasi telah berhasil.

Aktivasi Windows 7

  • Silahkan nyalakan kembali Windows Defender, software antivirus, koneksi internet, dan juga Windows Firewall. Caranya sama seperti saat Anda matikan tadi.

 

Cara aktivasi Windows 7 menggunakan Windows Loader ini bisa Anda terapkan pada versi Windows 7 Ultimate 32-bit atau 64-bit, Windows 7 Professional 32-bit atau 64-bit, dan versi Windows lainnya.

Dengan cara ini, Windows 7 Anda dapat teraktivasi secara permanen, jadi Anda bisa menggunakan fitur-fitur yang ada pada Windows 7 tanpa khawatir akan kedaluwarsa.

Manfaat Windows 7 Sudah Diaktivasi

Dengan menggunakan Windows 7 yang sudah diaktivasi, tidak hanya menghilangkan gangguan-gangguan yang dialami sebelum Windows diaktivasi, tapi juga memberikan keuntungan yang mendukung Anda menggunakan Windows 7.

Beberapa keuntungan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Windows Original

Jika belum diaktivasi Windows 7 Anda masih berstatus sementara (trial) dan hanya bertahan kurang lebih 30 hari, bukan permanen. Tapi setelah Anda melakukan aktivasi pada Windows 7 Anda, statusnya akan berubah menjadi Activated, dan bisa Anda gunakan selamanya.

  1. Hak Sepenuhnya Milik Anda

Sebenarnya jika Windows 7 yang Anda belum diaktivasi, hal itu sama saja dengan Windows yang Anda gunakan berada dalam masa pinjaman. Jika suatu saat masa pinjaman Windows Anda sudah habis, akan ditandai dengan munculnya tulisan “Activate Windows Now”.

Jika Anda sudah melakukan aktivasi pada Windows 7 Anda maka, tulisan tersebut tidak akan muncul kembali, dan Windows 7 dapat Anda gunakan sepenuhnya.

  1. Mendapat Akses Semua Fitur

Menggunakan Windows 7 yang sudah diaktivasi memungkinkan Anda untuk mengakses semua fitur yang terdapat di dalamnya. Namun, fitur-fitur dasar, seperti games dan Microsoft Office, tetap bisa Anda gunakan sekalipun Windows belum diaktivasi.

Nah itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengaktivasi Windows 7 pada komputer/laptop Anda. Anda dapat mencoba semua cara jika salah satu cara belum berhasil.

Jika Anda mempunyai cukup uang untuk membeli product key/serial kec Windows 7 yang asli, saya sarankan Anda membelinya. Dan lakukan aktivasi menggunakan Properties pada Computer atau CMD.

Namun jika Anda pelajar dan belum mempunyai cukup uang untuk membeli yang asli, Anda bisa bisa mengaktivasi menggunakan Windows Loader.

Demikian tutorial cara aktivasi Windows 7 dengan atau tanpa software yang kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di tutorial selanjutnya.

Materi terkait :