Cara Mematikan Update Windows 7

Cara Mematikan Update Windows 7

Cara Mematikan Update Windows 7 – Perusahaan Microsoft merilis sistem operasi Windows 7 sekitar 11 tahun yang lalu, tepatnya pada 22 Oktober 2009.

Meski telah bermunculan sistem operasi Windows versi terbaru seperti Windows 8 dan 10, masih banyak pegguna komputer yang tetap setia dengan Windows 7.

Cara Mematikan Update Windows 7

Penyebab Windows 7 masih tetap eksis adalah tampilannya yang sederhana dan mudah untuk dioperasikan dibandingkan dengan Windows 8 dan 10 akan sedikit sulit jika Anda belum terbiasa.

Untuk menjaga performa sistem operasi Windows, pihak Microsoft melakukan pembaruan (update) pada setiap produk OS miliknya.

Biasanya Microsoft melakukan pembaruan secara rutin selasa pada minggu kedua atau biasa dikenal dengan Patch Tuesday.

Baca juga : Cara Install Windows 7

Kenapa Perlu Melakukan Update ?

Melakukan Update Windows 7

Jika Anda pengguna Windows 7 dengan lisensi asli (original), Anda disarankan untuk tetap menyalakan fitur update Windows pada komputer/laptop Anda.

Tujuan melakukan pembaruan pada sistem operasi Windows yang Anda gunakan adalah untuk menjaga Windows tetap up to date dengan patch & service terbaru dari Microsoft.

Selain itu, dengan melakukan pembaruan Windows secara rutin juga akan menjaganya dari masalah seperti bug dan masalah keamanan.

Maka dari itu ketika rilis update Windows 7 terbaru, Anda bisa langsung melakukan pembaruan. Caranya bagaimana ? jika belum mengetahui caranya Anda bisa mengikuti tutorial di link ini, cara update Windows 7.

Alasan Mematikan Windows Update

Bagi pengguna Windows tidak original atau bajakan, melakukan update Windows justru menjadi hal yang patut dihindari.

Karena ketika proses update dijalankan, pihak Microsot akan mendeteksi sistem operasi Windows 7 yang terpasang dalam suatu perangkat tersebut berlisensi atau ilegal.

Hal lainnya yang membuat orang mematikan Windows update adalah prosesnya yang lumayan lama. Karena ketika pembaruan berlangsung, komputer Anda akan melakukan reboot atau restart ulang.

Proses akan memakan waktu cukup lama bisa sampai 1 jam tergantung berapa banyak patch file dan service Windows yang sedang diperbaruhi.

Hal tersebut dianggap sangat mengganggu, terlebih lagi ketika Anda membutuhkan komputer/laptop Anda karena ada pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan dengan segera.

Kedua hal di atas menjadi alasan paling umum pengguna komputer mematikan fitur Windows update. Lalu bagaimana cara mematikan Windows update ? silahkan simak caranya dibawah ini.

Cara Mematikan Update Windows 7

Secara default Windows 7 akan melakukan pembaruan secara otomatis. Tapi Anda dapat menonaktifkan fitur otomatis tersebut dengan melakukan langkah berikut :

  • Masuk ke menu Start dengan mengklik logo Windows yang berada pojok bawah samping kiri layar, lalu pilih Control Panel.

Langkah 1 Cara Mematikan Update Windows 7

  • Setelah muncul jendala Control Panel, silahkan pilih System and Security.

Langkah 2 Masuk Control Panel

  • Selanjutnya pilih Windows Update.

Langkah 3 Masuk Windows Update

  • Jika sudah masuk pada panel Windows Update, untuk mengubah pengaturan, silahkan klik Change settings di samping kiri panel.
Langkah 4 Setting Windows Update
Sumber gambar : Nesabamedia.com
  • Pada gambar perisai, terdapat dua opsi yang disarankan untuk Anda. Pertama, Anda bisa memilih opsi “Check for updates but let me choose whether to download and install them” artinya ketika pembaruan muncul, Anda bisa lansung melakukannya atau menundanya dulu.

Cara Mematikan Windows 7

  • Opsi kedua, Anda bisa memilih “Never check for updates (not recommended)”, namun seperti yang terlihat, opsi ini tidak direkomendasikan.
  • Jika sudah silahkan klik OK. Sekarang Anda sudah berhasil mematikan update otomatis Windows 7.

Itulah cara mematikan update Windows 7 yang cukup mudah untuk dilakukan. Setelah fitur Windows Update dimatikan, tentunya Windows Anda akan ketinggalan jika ada update terbaru.

Ya karena menonatifkan Windows Update tentu memiliki kelebihan dan kekurangan terendiri. Namun, jika Windows 7 yang Anda miliki original, maka lebih baik Anda tetap menyalakan fitur Windows Update. Sekian, terimakasih.