Cara Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Mengisi Saat di Charge

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Bisa Terisi

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Mengisi Saat di Charge – Sedang asik menonton film di laptop, eh tiba-tiba baterai habis. Atau lagi semangat mengerjakan tugas untuk deadline besok tapi baterai lowbat. Ya tinggal di-charge!.

Benar, namun akan menjadi masalah ketika pada saat di cas baterai laptop Anda tidak mau terisi. Tanda umumnya, muncul notifikasi baterai laptop “plugged in not charging”.

Masalah seperti biasanya terjadi pada laptop yang sudah tua sehingga performa baterainya menurun. Atau dapat juga terdapat masalah pada charger laptop.

Namun sebelum buru-buru mengganti baterai atau membeli charger baru, baiknya Anda kenali dulu beberapa penyebab baterai laptop tidak mengisi saat di cas.

Penyebab Baterai Laptop Tidak Mengisi Saat di Charge

Penyebab Baterai Laptop Tidak Bisa Terisi

Menurut pernyataan seorang ahli service komputer, memang salah satu part laptop yang sering mengalami permasalahan adalah baterai.

Beliau juga menerangkan masalah pada baterai ini disebabkan oleh beberapa kondisi. Berikut beberapa penyebabnya.

1. Driver Baterai Laptop Error

Pertama, penyebab kecil baterai laptop tidak mengisi daya adalah karena terjadi masalah di driver baterai yang ada pada laptop.

Errornya driver baterai pada suatu laptop biasanya disebabkan oleh siklus pengisian baterai yang tidak tepat. Seperti, menggunakan laptop sambil mengisi daya, atau men-charge-nya hingga semalaman.

2. Charger Tidak Berfungsi

Masalah lainnya adalah bisa terjadi karena charger laptop tidak normal. Hal ini biasanya ada kerusakan pada charger tersebut, mulai dari komponen terbakar atau kabel penghubungnya putus.

3. Baterai Aus

Kondisi baterai yang sudah aus bisa menjadi penyebab kenapa baterai laptop tidak mau terisi lagi. Penyebab baterai aus, juga akibat dari penggunaan yang asal-asalan.

4. IC Atau Komponen Power Rusak

Jika dirver baterai dan charger laptop berjalan normal, serta kondisi baterai laptop masih dalam keadaan bagus. Maka kemungkinan besar masalahnya terdapat dari dalam komponen komputer.

Iya, bisa jadi terjadi kerusakan pada komponen laptop yang digunakan untuk mengisi daya.

Baca Juga : Cara Cek Ram Laptop

Cara Memberbaiki Baterai Laptop Tidak Mengisi

Jika baterai laptop Anda tidak mau mengisi saat dicas, jangan panik!. Berikut beberapa cara memperbaiki baterai laptop yang bisa Anda lakukan sebagai langkah awal untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Periksa Charger

Charger Laptop Tidak Berfungsi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek kondisi charger. Karena bisa jadi terdapat masalah pada charger yang digunakan untuk mengisi daya laptop.

Silahkan perhatikan setiap komponen charger, periksa apakah ada bagian kabel yang longgar atau terbuka.

Jangan lupa cek juga bagian colokan charger, mungkin ada debu, karat atau kotoran lain yang menempel sehingga membuatnya tidak berfungsi maksimal.

2. Lepas Baterai dari Laptop, Lalu Tekan Power

Baterai Laptop
Sumber gambar : wikihow.com

Jika laptop Anda memiliki baterai yang bisa dilepas, bisa mencoba cara ini. Yaitu dengan mencoba melepas sementara baterai dari laptop.

Caranya, silahkan matikan laptop pastikan benar-benar sudah mati. Jika sudah, silahkan lepas baterainya.

Selanjutnya, tekan tombol power laptop dan tahan selama kurang lebih 15 detik dengan posisi baterai belum terpasang.

Silahkan colokan charger pada laptop dalam keadaan baterai masih terpisah. Jika laptop menyala normal, berarti masalahnya terdapat pada baterai, bukan charger.

3. Tahan Tombol Power 30 Detik

Cara yang ketiga hampir sama seperti metode cara yang kedua. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan laptop dan melepas baterainya.

Setelah itu, silahkan pasang kembali baterai ke laptop lalu tekan tombol power dan tahan selama 30 detik.

Jika sudah, nyalakan kembali laptop dengan menekan tombol power seperti biasanya. Colokan charger dan cek apakah sudah bisa mengisi atau belum.

4. Dinginkan Laptop

Kemungkinan penyebab baterai laptop tidak mau terisi adalah karena laptop overheat karena terlalu sering digunakan dalam waktu yang lama.

Baterai laptop sendiri sangat rentan terhadap suhu panas karena itu dapat berpengaruh pada kinerja sensornya.

Akibat temperatur baterai yang panas, sensor pada baterai akan membaca bahwa baterai sudah terisi penuh saat dicharge.

Maka untuk mengatasinya, silahkan istirahatkan laptop Anda, matikan untuk beberapa saat hingga suhunya mendingin. Setelah itu baru coba nyalakan kembali dan coba isi daya laptop.

5. Update Driver

Cara selanjutnya adalah dengan memperbaharui driver baterai pada laptop. Cara ini bisa Anda terapkan pada laptop dengan Windows 10. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu setting Device Manager, kemudian pilih opsi “Batteries”.
  • Di dalam opsi Batteries terdapa beberapa entri, yaitu baterai, charger, dan Microsoft ACPI Compilant Control Method Battery. Klik kanan pada setiap entri, lalu pilih “Properties”.
  • Kemudian pilih “Driver”, lalu dibagian bawah klik “Update Driver”. Lakukan update driver pada setiap entri.
  • Jika sudah semua, silahkan restart laptop Anda dan cobalah charge

6. Uninstall Software Mangament Power

Jika charger dan kondisi baterai laptop sudah dicek dan dalam kondisi aman. Tapi masih belum bisa mengisi saat dicharge. Maka mungkin masalahnya terdapat pada software.

Silahkan periksa laptopmu, apakah ada software yang berhubungan dengan managemen baterai. Baik software yang Anda install sendiri atau software bawaan laptop.

Jika ada, silahkan uninstall software tersebut lalu restart laptop Anda. Kemudian coba charge kembali laptop Anda.

Perhatikan indikator baterai laptop, jika ada kenaikan daya, maka cara tersebut berhasil.

7. Cabut-Pasang Charger

Sudah mencoba mencoba semua cara di atas, namun masih belum berhasil. Anda bisa mencoba cara berikut ini.

Cara sedikit ngetrik, yaitu dengan melakukan cabut-pasang charger pada laptop beberapa kali. Tapi jangan terlalu sering.

Ketika charger laptop terpasang dan indikator pengisian baterai terlihat berjalan, jika ditengah pengisian indikator berhenti, maka silahkan cabut lalu pasang kembali.

Lakukan terus menerus hingga persentase baterai laptop mengalami kenaikan.

8. Service Laptop

Apa salahnya berusaha dulu, jika semua cara sudah Anda lakukan namun masih belum berhasil. Silahkan bawa laptop Anda ke tempat service.

Agar masalah cepat teratasi dan tidak merambat ke komponen yang lain.

Itulah beberapa cara memperbaiki baterai laptop yang bisa Anda coba ketika mengalami masalah baterai laptop tidak mau terisi saat dicharge.

Mungkin cara di atas tidak 100% berhasil, kasus pada setiap laptop juga berbeda-beda. Tapi tidak ada salahnya mencoba. Oke semoga berhasil.

Baca Juga : Cara Membersihkan Cache Laptop