Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF – Zaman sekarang perkembangan teknologi sudah sangat pesat. Semakin banyak perangkat elektronik yang digunakan sebagai penunjang pekerjaan manusia, misalnya laptop dan smartphone.

Kita bisa menggunakan berbagai macam fitur yang ada pada perangkat tersebut untuk mempermudah aktivitas, misalnya dalam lingkup pekerjaan dan pendidikan.

Ya, hampir semua dimensi pekerjaan menggunakan smartphone atau laptop untuk memudahkan pekerjaan yang akan dilakukan pada suatu perusahaan. Seperti membuat dokumen laporan.

Dalam dunia pendidikan sendiri, seperti kuliah misalnya, laptop sudah menjadi kebutuhan pokok bagi para mahasiswa, karena banyak tugas yang diberikan berbentuk file komputer seperti Word, Excel, dan PDF.

Namun, masalah yang sering terjadi pada laptop mahasiswa atau perusahaan berkembang adalah terbatasnya kapasitas penyimpanan data (data storage) yang ada pada laptop.

Hal ini tentu menjadi permasalahan bagi Anda ingin menyimpan berkas yang berkaitan dengan pekerjaan atau kuliah Anda. Misalnya file PDF dengan ukuran yang lumayan besar.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Untuk itu, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecilkan ukuran file PDF Anda dengan menkompres file tersebut.

Tujuannya melakukan kompres pada file PDF adalah untuk menghemat pemakaian penyimpanan data sehingga bisa dipakai menyimpan file lainnya.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara kompres PDF yang bisa dilakukan langsung di laptop dan juga smartphone secara online maupun offline.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Online

Metode pertama melakukan kompres PDF adalah melakukannya secara online atau menggunakan koneksi internet.

Dimana koneksi internet akan digunakan untuk mengakses situs-situs yang menyediakan tool yang bisa digunakan untuk mengkompres file PDF.

Berikut ini cara kompres file PDF dari beberapa situ convert PDF yang kami rekomendasikan karena penggunaannya lebih mudah,

Jika masih ragu, setelah mencoba cara-cara di bawah ini Anda bisa membandigkannya dengan situs convert PDF lainnya.

1. Kompres Menggunakan SmallPDF

Cara pertama adalah menggunakan Small PDF, yang merupakan salah satu paling terkenal untuk memperkecil ukuran file PDF.

Cara mengecilkan ukuran file PDF di situs ini cukup mudah. Karena, saat Anda sudah masuk di beranda situs, sistem akan memberi memandu Anda.

Agar lebih jelas, berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, buak browser Anda dan masuk website SmallPDF, agar lebih cepat Anda bisa langsung masuk melalui link berikut, https://smallpdf.com/id.
  • Pada halaman beranda situs tersedia berbagai alat bantu file PDF misalnya, alat untuk mengedit file PDF, menggabungkan, dan merubah PDF menjadi file Word. Karena kita akan mengecilkan file PDF, jadi pilih “Mengompres PDF”.
  • Setelah muncul tampilan seperti gambar di bawah, tandanya Anda sudah berada di halaman kompres PDF. Langsung saja klik “Pilih File”, dan cari file yang akan dikompres.
  • Jika file PDF sudah dipilih, selanjutnya ada akan mendapat dua pilihan ukuran file setelah file dikompresi, yaitu Kompresi dasar & Kompresi kuat.

Jika memilih Kompresi dasar, file PDF hasil kompresi akan diperkecil sebesar 40% dari ukuran asli. Sedangkan jika Anda memilih Kompresi kuat maka file akan diperkecil 70% dari file asli, namun Anda harus mendaftar sebagai member PRO terlebih dahulu (berbayar).

Karena itu, dalam praktek kali ini kita gunakan yang Kompresi dasar saja.

  • Silahkan klik opsi Kompresi dasar, lalu klik tombol “Pilih Opsi”.
  • Tunggu beberapa saat hingga file PDF Anda selesai dikompres. Selesai!

Setelah proses mengkompres file selesai, Anda bisa langsung mengunduhnya. Bagaimana cukup mudah bukan ?, atau jika belum puas dengan cara yang pertama Anda bisa mencoba cara yang kedua.

2. Melalui Situs ILovePDF

Cara selanjutnya adalah mengkompres melalui situs ILovePDF. Dibandingkan dengan situs sebelumnya, IlovePDF memiliki tool untuk file PDF lebih banyak.

Anda bisa melakukan berbagai macam hal pada file PDF Anda diantaranya, merubahnya menjadi file  tersebut ke dalam bentuk Word, Excel, PPT, begitupun sebaliknya. Dan berbagai tool lainnya.

Langkah-langkah mengkompers PDF di situs ini tidak jauh berbeda dengan cara yang sudah kita lakukan pada cara pertama di atas.

Agar tidak penasaran, berikut cara kompres PDF melalui situs ILovePDF.

  • Masuk ke situs ILovePDF, dan pilih opsi “Compress PDF” dengan ikon berwarna hijau. Setelah itu Anda diarahkan ke halaman kompres.
  • Silahkan masukan file PDF yang akan kompres dengan mengklik tombol “Select PDF File”.
  • Lanjut cari lokasi tempat Anda menyimpan file PDF, setelah itu klik “Open”.
  • Jika file sudah berhasil masuk ke dalam situs, akan ada tiga pilihan tingkaran kompres, yakni EXTREME, RECOMMENDED, dan LESS.

Jika memilih pilihan yang bawah LESS, maka hasil ukuran yang dikompres akan lebih kecil. Sedangkan jika memilih RECOMMENDED, hasil filenya akan lebih kecil dari LESS, begitu seterusnya.

  • Sebagai contoh, kali ini kita akan memilih opsi “RECOMMENDED”.
  • Setelah itu klik tombol “Compress PDF”.

Silahkan tunggu proses hingga selesai dan file PDF yang sudah terkompres siap didownload.

3. Kompres Menggunakan Soda PDF

Cara kompres PDF dengan situs yang terakhir adalah soda PDF. Hampir sama seperti situs sebelumnya, soda PDF menyediakan tools yang dapat di akses secara gratis.

Soda PDF juga menyediakan tiga pilihan kompres, yakni Low Quality, Good Quality, dan High Quality. Dimana semakin kecil kualitas yang Anda pilih, maka ukuran file juga akan semakin kecil.

Berikut cara kompres file PDF sehingga ukuranya menjadi lebih kecil menggunakan soda PDF.

  • Silahkan kunjungi halaman situs soda PDF, dan buka tool kompresnya. Atau untuk lebih cepat melakukannya, silahkan klik tautan ini compress soda PDF.
  • Jika sudah masuk pada halaman kompres seperti gambar di bawah, silahkan klik “Choose File” lalu masukan PDF yang akan dikompres. Kemudian upload.
  • Setelah PDF sudah berhasil ter-upload, pilih tingkat kompresi sesuai keinginan Anda.
  • Selanjutnya klik “Compress PDF Files” dan tunggu proses hingga selesai. Setelah itu file siap didownload.

Itulah beberapa cara mengecilkan ukuran file PDF secara online melalui situs tool kompres. Bagaimana cukup mudah untuk dilakukan bukan ? jika mendapati kendala bisa silahkan komen di bawah, nanti kami bantu.

Lalu bagaimana jika saya ingin mengkompres file PDF tapi tidak memiliki kuota atau koneksi internet ?, tenang, Anda bisa simak metode yang kedua di bawah ini.

Cara Mengecilkan PDF Tanpa Internet (Offline)

Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengkompres file PDF namun tidak memiliki paket data atau koneksi internet.

Caranya adalah dengan menggunakan bantuan software atau aplikasi yang bisa digunakan untuk mengkompres file PDF.

Diantara beberapa software yang Anda, ada software yang sudah familiar dengan kita. Berikut ini beberapa rekomendasi software kompres PDF dan cara penggunaanya.

1. Microsoft Word 2013

Tentu Anda sudah tidak asing dengan aplikasi satu ini, ya Microsoft Word sudah menjadi aplikasi wajib pada setiap PC/laptop.

Mungkin selama ini Anda menggunakan Microsoft Word untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah atau perkerjaan kantor.

Namun, aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai alternatif aplikasi untuk compress PDF lho. Penasaran ? silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Sebelum itu perlu Anda ketahui, Anda hanya bisa melakukan kompres PDF pada Microsoft Word versi 2013 atau di atasnya.

  • Pertama, cari lokasi Anda menyimpan file PDF, kemudian klik kanan file tersebut dan pilih “Open with” lalu “MS Word 2013”.
  • File PDF Anda akan terbuka dalam bentuk dokumen dengan ekstensi file word.
  • Silahkan Anda simpan file tersebut seperti biasanya, pilih menu File -> Save as. Namun, jangan di klik save dulu.
  • Ubah tipe file menjadi PDF, dan pilih minimum size (publishing online) di bagian optimize for. Lalu silahkan klik “Save”. Selesai!

Itulah langkah-langkah kompres PDF di Microsoft Word 2013. Jika Anda masih menggunakan versi 2007 Anda bisa meng-install terlebih dahulu versi yang terbaru yang size nya cukup besar.

Karena itu di bawah ini ada alternatif software kompres PDF dengan ukuran yang lebih kecil.

2. Aplikasi Nitro PDF

Rekomendasi aplikasi yang pertama adalah Nitro PDF. Aplikasi ini sudah sangat terkenal dan memiliki banyak fungsi untuk file PDF. Salah satunya mengurangi ukuran file PDF.

Nitro PDF dapat Anda gunakan secara gratis, atau jika Anda mengiginkan fitur yang lebih, bisa menggunakan versi premium dan berbayar.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan status trial 14 hari. Untuk mengecilkan size PDF nya adalah sebagai berikut.

  • Silahkan download terlebih dahulu Nitro PDF di internet. Kemudian install. Anda bisa mendownloadnya di sini.
  • Buka aplikasi dan klik menu “File”.
  • Di dalam menu File, cari opsi “reduced size” kemudian silahkan klik pilihan “optimize”. Silahkan Anda tunggu hingga proses kompres selesai.
  • Jika proses sudah selesai Anda akan mendapat notifikasi informasi perbandingan ukuran file PDF pada saat sebelum dan sesudah dikompres.

3. Adobe Acrobat Pro

Aplikasi alternatif ketiga setelah MS Word & Nitro PDF adalah menggunakan Adobe Acrobat Pro. Sesuai namanya aplikasi ini di keluarkan oleh pihak Adobe dan sudah memiliki jutaan pengguna.

Jika belum memiliki aplikasinya, Anda bisa mengunduhnya di internet melalui browser. Karena terdapat cukup banyak sumber yang menyediakan aplikasi ini secara gratis.

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengecilkan ukuran file PDF dengan Adobe Acrobat Pro.

  • Buka aplikasi Adobe Acrobat Pro, lalu buka file PDF yang ingin dikompres.
  • Setelah terbuka, Anda tinggal menyimpannya kembali dengan mengklik File -> Save as.
  • Kemudian pilih opsi “reduced size PDF”.
  • Setelah itu akan muncul pop up konfirmasi, pilih “retain existing” lalu pilih “make compatible with”. Jika sudah, klik “OK”.
  • Silahkan pilih lokasi tempat penyimpanan file PDF yang telah dikompres.

Nah, itulah beberapa metode cara kompres PDF yang bisa Anda pakai untuk mengecilkan ukuran file PDF.

Silahkan pilih salah satu cara yang menurut Anda paling mudah, jika tidak bisa Anda bisa menggunakan cara selanjutnya.

Sekian, selamat mencoba.

Baca juga : Cara Translate PDF ke Bahasa Indonesia