Cara Update Windows 7

Cara Update Windows 7
https://www.extremetech.com

Cara Update Windows 7 – Setelah lama digunakan tentunya sistem operasi Windows 7 yang Anda gunakan perlu di update untuk memaksimalkan kinerja dan mengatasi berbagai bug atau kendala didalamnya.

Nah, bagaimana cara meng-update Windows 7 di komputer/laptop ? jika belum tahu, Anda perlu mengikuti ulasan berikut ini sampai selesai.

Namun sebelum itu pastikan apakah Windows 7 Anda sudah aktif atau belum. Jika belum silahkan Anda lakukan aktivasi terlebih dahulu. Caranya bisa Anda lihat di sini, cara aktivasi Windows 7.

Jika sudah diaktivasi, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Update Windows 7

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan perangkat komputer atau laptop Anda sudah terhubung dengan jaringan internet.

Karena ketika perangka Anda sudah terhubung dengan internet, secara otomatis sistem akan mengirimkan notifikasi pembaruan sistem Winodows. Untuk memulai proses update, silahkan langsung klik notifikasi yang tersebut.

Atau jika tidak ada notifikasi yang muncul Anda bisa melakukan beberapa cara alternatif berikut :

Akses Windows Update dari Start Menu

Fitur Windows Update juga dapat Anda akses melalui Start Menu. Caranya cukup mudah dan singkat, hanya membutuhkan beberapa langkah, adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke menu Start dengan mengklik ikon Windows yang berada di pojok kiri bawah layar komputer Anda. Atau bisa juga dengan menekan tombol dengan logo Windows yang pada keyboard.
  • Kemudian pilih All Programs, lalu cari dan buka Windows Update.

Akses Windows Update dari Control Panel

Selain melalui Start Menu, Anda juga mengakses Windows Update lewat Control Panel. Caranya hampir sama, yaitu :

  • Buka menu Start, bisa dengan menekan tombol Windows pada keyboard, atau mengklik ikon Windows pada pojok kiri bawah layar desktop.
  • Kemudian pilih Control Panel, lalu kilik System and Security. Pada jendela yang muncul Anda dapat menemukan pilihan Windows Update.

Mulai Proses Update Windows 7

Setelah berhasil mengakses Windows Update, silahkan Anda klik dua kali untuk masuk. Selanjutnya akan muncul Panel Update Windows dan menampilkan pembaruan Windows yang tersedia.

Anda bisa melihat detail apa saja yang akan diperbaruhi dengan mengklik tulisan berwarna biru di samping kanan ikon perisai berwarna kuning.

Nah, berikut ini langkah-langkah cara update Windows 7 yang bisa Anda ikuti.

  • Untuk memulai proses pembaruan, silahkan klik tombol Install updates. Secara otomatis Windows akan mengunduh dan memasang fitur-fitur baru.
  • Proses ini membutuhkan waktu beberapa lama, tergantung dari banyaknya fitur baru yang ditambahkan dan kecepatan jaringan internet yang Anda gunakan.
  • Selama proses pembaruan berjalan, Anda masih bisa menggunakan komputer Anda untuk kegiatan lainnya. Namun sangat disarankan untuk menunggu hingga proses pembaruan selesai agar lebih optimal.
  • Setelah proses selesai, Anda akan diminta untuk menyalakan ulang (restart) komputer/laptop Anda.
  • Setelah komputer/laptop menyala kembali, secara otomatis Windows akan menerapkan konfigurasi barunya. Jadi Anda perlu menunggu beberapa saat lagi hingga proses benar-benar selesai.
  • Proses selesai. Anda bisa merevisi apa saja yang berhasil diperbaruhi dengan membuka “View update history”. Di dalamnya Anda juga bisa mengakses item yang baru diperbaruhi dan mencopot instalasinya bila dirasa perlu.

Konfigurasi asli Windows 7 menerapkan fitur Windows Update secara otomatis meskipun tanpa persetujuan pengguna.

Karena dilakukan secara otomatis meskipun tanpa persetujuan, terkadang adanya fitur tersebut kadang malah mengganggu aktivitas pengguna.

Salah satu akibatnya adalah kinerja komputer tiba-tiba menjadi lemot, karena seumber daya digunakan sepenuhnya untuk kepentingan pembaharuan sistem Windows.

Cara Update Windows 7 Tanpa Koneksi Internet (Offline)

Pihak Microsoft selaku yang mengeluarkan sistem operasi Windows selalu merilis pembaruan secara berkala dan memberitahukan langsung kepada pengguna dengan perangkat yang terhubung dengan jaringan internet.

Namun, bagiamana jika Anda lebih banyak bekerja tanpa koneksi internet atau bahkan di tempat Anda sulit untuk mengakses jaringan internet ? tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa memperbarui Windows Anda.

Setidaknya ada du acara yang bisa Anda lakukan. Namun bagaimanapun, Anda masih membutuhkan koneksi internet paling tidak untuk satu sesi saja.

Caranya adalah menggunakan bantuan software, karenanya Anda perlu terhubung dengan internet untuk mengunduh aplikasinya saja. Selanjutnya, Anda bisa menjalankan aplikasinya tanpa menggunakan koneksi internet. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Cara Update Windows 7 Menggunakan AutoPatcher 1.3

Cara yang pertama adalah menggunakan software AutoPatcher. Versi aplikasi yang kompatibel dengan Windows 7 adalah AutoPatcher 1.3 ke atas. Anda bisa mengunduh AutoPatcher di sini.

Berikut langkah-langkah cara update Windows 7 menggunakan AutoPatcher yang bisa Anda ikuti :

  • Saat komputer/laptop Anda masih terhubung dengan internet, AutoPatcher akan mengunduh rekomendasi pembaruhan Windows yang tersedia.
  • File yang terunduh nantinya berupa berkas yang perlu Anda ekstrak terebih dahulu sebelum bisa diinstall. Untuk mengekstraknya Anda bisa menggunakan program WinRar.
  • Setelah selesai diekstrak, buka foldernya dan temukan file instalasi dengan nama, apup.exe. Klik dua kali, kemudian akan muncul panel yang menampilkan banyak pilihan sistem operasi dan program.
  • Silahkan pilih sistem operasi Windows 7 dengan versi yang sesuai dengan Windows 7 pada komputer/laptop yang ingin diperbaruhi.
  • Kemudian AutoPatcher akan mengunduh semua berkas pembaruan yang tersedia dan menyimpannya di komputer/laptop Anda.
  • Setelah berkas sudah terunduh semua, Anda perlu menyiapkan flashdisk untuk memindahkan semua berkasnya ke komputer/laptop yang ingin diperbaruhi.
  • Pastikan berkas tersebut terdapat satu item arsip bernama autopatcher.exe. Karena berkas inilah yang nantinya harus Anda jalankan di perangkat yang akan diperbaruhi.
  • Jika sudah, silahkan jalankan autopatcher.exe di komputer lain. Secar otomatis komputer/laptop Anda akan menerapkan update terbaru Windows 7 tanpa menggunakan koneksi internet.
  1. Cara Update Windows 7 Dengan WSUS offline Update Tool

Pada dasarnya WSUS Offline Update juga bekerja dengan cara yang sama seperti AutoPatcher. Selain itu, aplikasi ini juga mudah dijalankan dan juga menyediakan pembaruhan untuk berbagai sistem operasi Windows, seperti Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista.

Seperti yang telah dijelaskan di tadi, cara kerja WSUS Offline Update hampir sama dengan AutoPatcher yaitu mengunduh berkas-berkas pembaruan terlebih dahulu menggunakan koneksi internet.

Kemudian berkas pembaruan yang telah terunduh dapat dipasang di komputer lain dan tidak membutuhkan koneksi internet.

Software WSUS Offline Update Tool dapat Anda cari dan tersedia secara gratis di internet. Atau Anda bisa langsung mengunduhnya dengan mengklik di sini.

Setelah itu, silahkan lakukan instalasi dengan mengikuti instruksi yang terdapat pada aplikasi untuk melakukan update Windows 7 pada komputer/laptop Anda.

Mengunduh Langsung di Microsoft

Perusahaan Microsoft selalu menyediakan fitur terbaru untuk sistem operasi Windows di laman resminya. Jika Anda merasa kurang aman menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunduh berkas pembaruan, Anda bisa mengunduhnya langsung di laman resmi Microsoft.

Untuk mengakses laman resmi Microsoft, Anda bisa mengunjungi tautan berikut : https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=30566 Di situ Anda dapat melihat informasi mengenai detail instalasi, serta instruksi dan berbagai ulasan dari forum pengguna.

Pada saat mengklik tombol download, akan muncul panel baru yang berisi berkas-berkas pembaruan. Kumpulan berkas-berkas tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut penjelesanya.

  • Berkas pertama yaitu data .iso yang berisi berkas lengkap pembaruan Service Pack Windows 7. Karena isinya lengkap, otomatis ukuran berkasnya juga besar, sekitar 2GB. Silahkan unduh berkas jika Anda kurang memahami instalasi pembaruan.
  • Berkas kedua sampai ketujuh adalah data dengan format .iso yang berisi enam pembaruan Windows untuk beberapa versi. Sesuai versi 32-bit atau 64-bit, perangkat dengan prosesor AMD atau Intel, dan pilihan bahasa.

Berkas tersebut baru dibutuhkan jika Anda mengalamu masalah selama proses instalasi pembaruan. Silahkan pilih satu berkas yang sesuai dengan spesifikasi komputer atau laptop Anda. Menggunakan versi Windows versi 32-bit atau 64-bit, jenis prosesor yang terpasang, dan pilihan bahasa yang diinginkan.

  • Yang Ketiga, ada tiga berkas terakhir yang direkomendasikan untuk pengguna perangkat yang masih awam, misalnya perangkat dengan prosesor Itanium dengan versi Windows 7 versi 32-bit, dan Windows 7 64-bit.

Cara Update Windows 7 Ke Windows 10

Cara Update Windows 7 ke Windows 10
Cara Update Windows 7 ke Windows 10

Setelah mengetahui cara mengupdate atau memperbarui fitur-fitur yang ada pada Windows 7, Anda juga bisa meng-upgrade Windows 7 Anda ke sistem operasi Windows terbaru.

Seperti yang kita ketahui Windows 10 adalah sistem operasi keluaran yang terbaru Microsoft. Anda bisa mengupgrade Windows 7 Anda ke Windows 10  dengan syarat Windows yang Anda gunakan legal atau resmi.

Anda bisa meng-upgrade Windows 7 versi Home ke Windows 10 home. Begitu juga dengan versi Pro juga dengan Windows 10 Pro.

Selain itu, jika ingin meng-upgrade Windows Anda ke Windows 10 pastikan spesifikasi komputer/laptop Anda sesuai dengan syarat ketentuan dari Microsoft, Anda bisa lihat di System Requirement Windows 10.

Setelah memahami ketentuan di atas, berikut cara upgrade Windows 7 ke Windows 10 yang bisa Anda lakukan pada komputer/laptop Anda gratis.

  • Pertama, masuk ke situs download Windows 10.
  • Kemudian silahkan cari “Download Tool Now” untuk mengunduh Windows 10 Media Creation Tool.
  • Setelah proses download selesai, silahkan buka file dan centang semua syarat dan ketentuan lisensinya.
  • Klik opsi plihan “Upgrade this PC now”, lalu klik Next.
  • Selanjutnya, pilih “Keep personal file and apps”.
  • Klik “Install”, proses ini akan memakan waktu yang cukup lama dan mengalami beberapa kali restart.
  • Setalah proses install Windows 10 selesai, selanjutnya silahkan Anda lakukan aktivasi terlebih dahulu agar bisa digunakan seperti biasa. Anda bisa melihat caranya di cara aktivasi Windows 10.

Cara Mematikan Update Windows 7 Otomatis

Untuk Anda yang ingin mengkases Windows update secara manual saja dan tidak ingin diganggu dengan notifikasi Update Windows yang sering muncul, Windows memberikan pilihan bagi pengguna untuk menonaktifkan fitur update otomatis tersebut. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama silahkan masuk ke menu Start dan pilih Control Panel.
Cara Mematikan Update Windows 7
Sumber gambar : https://tirto.id
  • Setelah berada di jendela Control Panel, silahkan cari System and Security kemudian klik.

Cara Mematikan Update Windows 7 2

  • Selanjutnya, pada panel Windows Update, pilih opsi “Turn automatic updating on or off” dan kemudian akan muncul jendela baru.

Langkah 4

  • Nah di jendela tersebut silahkan ubah opsi dari Important update ke “Never check for updates (not recommended)” atau bisa juga pilih “Check for updates but let me choose whether to download and install them“.

Langkah Terakhir

  • Jika sudah silahkan OK.

Nah itulah ulasan seputar cara update Windows 7 yang bisa Anda ikuti untuk memperbarui fitur-fitur Windows 7 pada perangkat Anda. Jadi Anda bisa melakukannya sendiri tanpa perlu membawa ke toko service komputer. Selamat mencoba!