Teknik Shooting Bola Basket

Teknik Shooting Bola Basket

Teknik Shooting Bola Basket – Dalam permainan bola basket yang menjadi tujuan utama adalah mencetak poin sebanyak-banyak dengan memasukan bola ke ring basket dan memenangkan pertandingan.

Untuk dapat mencetak poin tentunya dibutuhkan kerjasama tim yang bagus. Selain itu, setiap pemain juga sebuah tim juga penting untuk memiliki teknik shooting bola basket yang bagus juga.

Shooting atau tembakan ke arah ring harus dilakukan dengan baik dan benar agar dapat masuk ke ring dan menghasilkan poin.

Karena itu penguasaan teknik dasar shooting bola basket penting untuk dipelajari. Lantas bagaimana langkah-langkah melakukan shooting bola basket? simak ulasannya berikut ini.

Teknik Dasar Shooting Bola Basket

Dalam permainan bola basket, melakukan tembakan atau shooting bisa dilakukan menggunakan dua tangan atau satu tangan dan bisa dilakukan dari jarak jauh maupun dekat.

Selain itu ada juga teknik shooting yang dikombinasikan dengan teknik dribble bola basket, gerakan ini biasa disebut lay up.

Tembakan satu tangan (one-handed set shot)

Tembakan Satu Tangan (One Hand Shot)

One-handed set shot adalah teknik menembak bola ke ring basket menggunakan satu tangan. Teknik ini adalah teknik shooting bola basket paling dasar.

Berikut langkah-langkah melakukan tembakan satu tangan dengan benar:

  1. Badan berdiri tegak.
  2. Fokus pandangan ke arah target.
  3. Pastikan tubuh dalam keadaan rileks, kaki, punggung dan bahu.
  4. Lakukan tembakan dengan melontarkan tangan yang dominan ke atas sambil menyeimbangkan tangan.

Tembakan dua tangan (two-handed set shot)

Two Hand Shot

Selanjutnya ada two-handed set shot yaitu melakukan tembakan menggunakan dua tangan.

Cara melakukan teknik ini tidak jauh berbeda dengan one-handed set shot, bedanya hanya pada teknik ini dilakukan dengan dua tangan, jadi Anda bisa melihat langkah-langkah di atas.

Yang perlu diperhatikan adalah ada beberapa kesalahan yang sering terjadi saat pemain melakukan teknik shooting menggunakan dua tangan, diantaranya:

  1. Salah satu kaki tidak condong ke depan.
  2. Dorongan pada bola kurang kuat dan tidak mengarah ke depan atas.
  3. Saat melepaskan bola, posisi lutut kurang ditekuk.
  4. Tangan untuk menembak terlalu kaku.

Lay up

Lay Up Shot

Lay up shoot adalah gerakan shooting bola basket yang dilakukan dengan melangkah atau berlari terlebih dahulu ke salah satu sisi ring basket sebelum kemudian melompat dan memasukan bola ke ring.

Teknik ini sangat sering dilakukan para pemain dalam pertandingan bola basket karena mudah dilakukan dan kemungkinan untuk bola masuk ke ring cukup tinggi. Berikut cara melakukan lay up shoot:

  1. Setelah melakukan beberapa langkah gunakan kaki terkuat untuk tolakan melompat.
  2. Bawa bola hingga di antara telinga dan bahu.
  3. Arahkan bola ke ring menggunakan lengan, pergelangan, dan jari-jari tangan.
  4. Lepaskan bola dengan jari telunjuk.
  5. Pertahankan posisi dan seimbangkan bola dengan pelan hingga bola terlepas.

Macam-Macam Shooting Bola Basket

Selain teknik dasar shooting tadi, ada beberapa jenis teknik shooting dalam permainan bola basket lainnya.

Tentunya seorang pemain basket harus menguasai banyak teknik shooting agar dalam pertandingan bisa digunakan dalam berbagai kondisi.

Berikut macam-macam teknik dan langkah-langkah melakukannya:

Jump shot

Teknik Shooting Bola Basket Jump Shot

Sesuai dengan namanya, teknik shooting satu ini dilakukan dengan cara melompat setinggi mungkin sebelum melempar bola ke ring.

Teknik ini bisa digunakan dalam jarak dekat maupun jauh dan biasanya digunakan dalam keadaan terdesak oleh lawan.

Berikut cara melakukan jump shoot dengan baik:

  1. Buka kaki selebar bahu.
  2. Sedikit tekuk bagian lutut dan posisikan bahu dengan tegak.
  3. Lompat menggunakan dua kaki.
  4. Ketika lompatan sudah berada di titik teratas, barulah lepas bola dan lakukan shooting.
  5. Pertahankan posisi lengan hingga bola benar-benar lepas agar bola dapat melaju menuju sasaran dengan baik.

Free throw

Free Throw

Free throw atau tembakan bebas adalah suatu kesempatan menembak yang diberikan kepada salah satu tim karena telah dilanggar di area dekat ring lawan saat melakukan serangan.

Lemparan ini dilakukan oleh seorang pemain dari tim yang dilanggar dan dilakukan di belakang garis free throw tanpa ada pemain yang boleh mengganggu.

Berikut langkah-langkah melakukan shooting free throw dengan baik:

  1. Posisikan kaki di belakang garis free throw dan tekuk lutut untuk menyeimbangkan tubuh.
  2. Kemudian, posisikan siku tangan membentuk huruf L dan jari-jari tangan melebar menopang bola.
  3. Saat membidik ke arah ring, arahkan bola ke arah papan backboard dengan pandangan tetap fokus ke ring.
  4. Saat melempar bola sebaiknya jangan melihat bola karena dapat mengaburkan fokus dan membuat arah bola tidak tepat.
  5. Setelah melempar bola biarkan posisi tangan tetap berada di udara selama 2-3 detik sampai kemudian diturunkan. 

Hook shot

Teknik Shooting Bola Basket Hook Shoot

Hook shot adalah salah satu teknik shooting bola basket yang dilakukan dengan posisi tubuh tidak langsung menghadap ke ring.

Teknik hook shot dilakukan dengan menembakan bola dari samping menggunakan satu tangan. Biasanya jarak pemain dengan ring adalah sekitar 3-4 meter.

Teknik ini sangat cocok dilakukan pemain sedang dijaga oleh lawan dengan postur tubuh yang lebih tinggi. Berikut ini cara melakukan hook shot:

  1. Kuasai bola dengan kedua tangan.
  2. Perhatikan posisi lawan.
  3. Lakukan pivot dan melangkah ke depan.
  4. Kaki ditekuk dan bersiap melakukan tembakan.
  5. Lekukan tangan dan pegang bola dengan jari-jari menyebar.
  6. Angkat bola dan melempar bola dengan mengayunkan pergelangan tangan.

Bank shot

Teknik Shooting Bank Shoot

Teknik bank shot adalah teknik shooting dalam bola basket yang dilakukan dengan memantulkan bola terlebih dahulu ke papan pantul (backboard).

Untuk melakukan lemparan bank shot tidak jauh berbeda dengan melakukan jump shoot, hanya saja pemain harus membidik ke area yang lebih tinggi sedikit agar bola dapat memantul terlebih dahulu dan masuk ke ring. Melakukan bank shot juga tidak harus dengan lompatan.

Slam dunk

Slam dunk
Sumber gambar : godeacs.com

Yang terakhir ada slam dunk yang bisa dibilang merupakan salah satu teknik shooting bola basket yang paling sulit.

Dalam melakukan slam dunk seorang pemain harus mempunyai teknik shooting yang baik dan juga memiliki lompatan yang tinggi.

Saat akan melakukan slam dunk seorang pemain akan berlari menuju ring dan kemudian melakukan lompatan setinggi mungkin untuk mendekati ring dan memasukan bola secara langsung.

Karena cukup sulit untuk dilakukan, tidak heran jika jarang sekali pemain yang bisa melakukan slam dunk, kecuali pemain profesional yang berlatih secara konsisten.

Faktor yang Mempengaruhi Shooting

Ketika melakukan shooting, selain menguasai teknik shooting itu sendiri, seorang pemain juga harus paham beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan shooting hingga bisa masuk ke ring dan menghasilkan poin.

Jarak

Faktor pertama yang menentukan berhasilnya shooting adalah jarak. Saat melakukan shooting dari jarak yang dekat dengan ring tentunya tingkat keberhasilannya lebih tinggi dibanding shooting dari jarak jauh.

Karena itu kenapa shooting dari jarak dekat mendapat poin 2 sedangkan dari jarak jauh mendapat 3 poin karena dilihat dari tingkat kesulitannya.

Meski jarak dekat lebih mudah ada kalanya menjadi sulit karena faktor lain juga seperti, penjagaan lawan atau posisi terlalu pas dibawah ring.

Situasi dan kondisi

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi keberhasilan shooting seorang pemain adalah faktor situasi dan kondisi baik fisik maupun psikis.

Kondisi fisik yang sedang lelah ataupun mungkin sedang cedera seorang pemain tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Selain itu, dalam sebuah tim juga dibutuhkan kemistri dan suasana yang nyaman hingga bisa berinteraksi dengan baik dan dapat bermain nyaman.

Mobilitas

Melakukan shooting dalam keadaan bergerak atau berlari akan lebih susah dilakukan dibandingkan ketika berhenti.

Saat berhenti kita akan lebih mudah untuk fokus ke arah ring dan melakukan gerakan shooting lebih mudah.

Namun bukan tidak mungkin melakukan shooting sambil bergerak atau sedang menggiring bola, kita hanya perlu terus berlatih dan memperdalam penguasaan teknik shooting secara sempurna.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Shooting

Setelah mengetahui teknik dasar dan macam-macam shooting dalam bola hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memperhatikan hal-hal penting saat melakukan shooting.

Ada beberapa sikap yang perlu diketahui saat melakukan shooting agar dapat melakukan shooting dengan baik dan kemungkinan bola masuk ring menjadi lebih besar.

Posisi tangan

Pada saat melakukan shooting, kita harus selalu memperhatikan posisi tangan karena akan menentukan arah bola ketika dilepaskan.

Posisi tangan harus diletakan di permukaan bola yang menghadap ke wajah kita dan pasang jari manis dan jari kelingking pada titik terberat bola untuk memberi dorongan.

Pandangan mata

Saat melakukan shooting ke ring basket pandangan harus fokus ke arah titik sasaran. Misalnya jika melakukan jump shoot maka pandangan harus fokus ke ring, atau jika melakukan bank shot, maka fokus ke papan pantul (backboard).

Keseimbangan tubuh

Keseimbangan posisi tubuh juga sangat penting untuk menentukan berhasil tidaknya saat melakukan shooting.

Supaya tubuh dapat seimbang, para pemain basket akan menekuk bagian lutut sebagai awalan untuk melakukan shooting.

Irama gerakan

Pada saat melakukan shooting, ada beberapa anggota tubuh yang bergerak bersamaan seperti tangan, kaki dan pinggang.

Jika anggota tubuh tersebut bergerak seirama maka shooting yang dilakukan akan halus dan berjalan sesuai yang di targetkan.

Nah itulah ulasan mengenai teknik shooting bola basket mulai dari cara melakukan shooting yang baik dan benar dan mengenal macam-macam teknik shooting bola basket.

Menguasai  teknik shooting sangat penting bagi seorang pemain basket agar dapat menghasilkan poin dan membawa timnya meraih kemenangan.