Nama Usaha Makanan

Nama Usaha Makanan

Nama Usaha Makanan – Nama merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Kita dapat mengenali, dan mengingat segala sesuatu adalah dengan menggunakan nama.

Sebuah nama biasa disematkan kepada makhluk hidup layaknya manusia, binatang, tumbuhan. Dan juga pada benda mati misalnya saja sebuah produk.

Di dalam dunia bisnis atau usaha, sebuah nama juga menjadi faktor yang sangat penting. Karena dari nama inilah bisnis tersebut mudah dikenali oleh konsumen. Maka dari itu dalam pemilihan nama untuk usaha tidak bisa sembarangan.

Nah berikut ini ada beberapa rekomendasi beberapa nama untuk usaha makanan yang bagus dan unik yang cocok digunakan untuk nama rumah makan, cafe, warung, kedai kopi, dll.

Jadi untuk Anda yang sedang bingung mencari nama yang unik untuk usaha makanan Anda tidak perlu khawatir karena bisa Anda temukan banyak inspirasi disini.

Namun sebelum itu kita akan ulas sedikit mengenai usaha makanan dan keuntungan yang bisa kita dapat dari usaha ini, berikut ulasannya.

Bisnis Usaha Makanan

Bisnis Usaha Makanan

Bisnis makanan bisa dibilang menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan, karena memiliki target pasar yang sangat luas dan mencakup semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Selain itu, modal yang diperlukan untuk memulai sebuah usaha makanan juga cukup terjangkau. Sehingga usaha ini dapat dilakukan oleh hampir semua kalangan.

Dikarenakan kemudahan membuka usaha makanan, semakin banyak orang yang mulai menjalankan bisnis ini, bahkan dari kalangan artis sekalipun. Sehingga persaingan bisnis makanan juga semakin ketat.

Maka dari itu, jika ingin produk usaha makanan tetap berjalan dan diminati oleh konsumen, maka diperlukan berbagai inovasi pada usaha kita.

Maksudnya Inovasi ?

Sebagai contoh misalnya Anda memiliki bisnis roti bakar, nah tentunya sudah kita ketahui bersama bukan jika sudah banyak tempat-tempat makan yang menyediakan menu roti bakar.

Maka dari itu kita harus lebih berkreasi, misalnya dari proses pengolahan, varian rasa, toping yang lebih lengkap sehingga membuat roti  bakar kita berbeda dengan yang ada di tempat lain.

Sehingga para konsumen dapat mudah mengingat usaha roti bakar Anda karena memiliki perbedaan dengan roti bakar lainnya, bahkan mereka akan rela datang dari jauh untuk merasakan roti bakar Anda.

Nah dari sini Anda bisa menyesuaikan dengan dengan produk-produk usaha yang lain seperti makanan atau minuman sesuai keahlian Anda.

Keuntungan Bisnis Usaha Makanan

Keuntungan Bisnis Usaha Makanan

Keuntungan jika kita menjalankan usaha dibidang kuliner atau makanan sudah sedikit kita ketahui diatas, namun masih ada banyak lagi potensi keuntungan dari menjalankan bisni usaha makanan adaah sebagai berikut.

  1. Memiliki Potensi yang Bagus

Semua orang butuh makanan untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh setiap hari, minimal tiga kali sehari.

Dari hal tersebut mengetahui, bahwa usaha makanan memiliki potensi yang bagus karena akan dicari setiap hari.

  1. Target Pasar Luas

Konsumen usaha makanan cukup luas dan bervariasi, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa Anda jadikan sebagai sasaran.

Dengan jumlah konsumen yang bervariasi, maka dari itu jika ingin membuka usaha makanan maka kita perlu melakukan riset terlebih dahulu agar produk kita nantinya sesuai dan disukai oleh konsumen.

  1. Memiliki Nilai Profit yang Tinggi

Tujuan utama dari suatu usaha tentunya adalah memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Dari usaha makanan kita juga bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Membuka usaha kuliner bisa dilakukan dengan modal yang minim, karena bahan baku yang digunakan bisa kita dapatkan dengan harga yang murah.

Dengan ketrampilan kita mengolah bahan baku mulai dari pengolahan, rasa, bentuk, dan inovasi dapat menjadikan bahan baku tadi menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi.

  1. Produk yang Beragam

Meski usaha makanan telah banya dilakukan oleh masyarakat dan dengan produk yang sama, namun dalam kenyataanya usaha ini tidak pernah berhenti berkembang.

Ada banyak usaha-usaha makanan baru yang muncul dan hadir dengan inovasi produk baru dan beragam.

  1. Lokasi Usaha Fleksibel

Keuntungan lain dari menjalankan usaha makanan adalah pemilihan lokasi usaha yang fleksibel, dimana kita tidak harus memiliki lokasi luas. Kita tetap bisa melakukanya ditempat yang kecil.

Jika awal-awal menjalankan usaha kita tidak memiliki tempat, kita juga bisa menitipkan produk kita ke warung atau took-toko kecil, sehingga kita tetap bisa memperoleh pendapatan.

Bahkan, kita bisa memanfaatkan sosial media untuk memasarkan produk kita, sehingga kita bisa menjalankan bisnis kita dirumah.

Itulah beberapa keuntungan atau kelebihan jika kita menjalankan usaha dibidang makanan. Bagaimana tertarik untuk mencoba membuka usaha dibidang ini ?

Jika Anda tertarik, tentunya Anda harus mulai merancang konsep usaha makanan yang akan Anda jalankan, salah satunya adalah menentukan nama usaha tersebut.

Tips Memilih Nama Usaha Makanan yang Bagus

Tips Memilih Nama Usaha

Menentukan nama usaha untuk makanan menjadi bagian yang sangat penting, karena akan berpengaruh terhadap branding usaha itu sendiri di masyarakat.

Meski terkesan mudah, banyak para pengusaha pemula yang kurang tepat dalam menentukan nama usaha makanan mereka. Karena sebenarnya ada banyak aspek yang perlu diperhatikan.

Berikut ini beberapa tips memilih nama usaha makanan yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan :

  1. Mudah Dibaca dan Diingat

Salah satu hal yang paling penting dalam menentukan nama untuk usaha makanan adalah dengan menggunakan nama yang memudahkan orang untuk membaca dan mengingatnya.

Maka dari itu dalam pemilihan kata sebaiknya tidak menggunakan kata yang terlalu panjang dan rumit, dalam artian mudah untuk dieja.

Semakin mudah nama usaha makanan Anda diingat dan diucapkan, maka semakin mudah juga masyarakat untuk mengingat dan mengenali usaha Anda.

Berikut beberapa contoh nama yang simple dan mudah untuk diingat :

  • Jozz Chicken
  • Zona Enak
  1. Mencatumkan Jenis Produk

Tips kedua yang bisa Anda lakukan dalam menentukan nama usaha adalah dengan mencantumkan jenis produk yang dijual dalam nama usaha tersebut.

Sehingga konsumen dapat mengetahui secara langsung produk apa yang Anda jual. Berikut ini beberapa contoh nama dengan menyisipkan produk yang dijual :

  • Top Pentol
  • Alfa Juice
  • TaGar (Tahu Garing)
  • Bolu Lava
  • Bakso Mercon
  • Lapis Kukus Pahlawan
  • Kopi Kita
  • Bubur Keraton
  1. Menambahkan Bahasa Daerah

Menambahkan bahasa daerah pada nama usaha makanan Anda juga tidak ada salahnya lho, malah akan lebih terlihat unik dan autentik.

Kombinasi kata yang tepat akan membuat nama usaha Anda menjadi lebih menarik, seperti contoh berikut :

  • Doyan Jajan Café

Doyan jajan adalah kata yang berasal dari bahasa jawa yang artinya suka memberli jajanan atau makanan.

Sehingga nama ini cocok digunakan untuk usaha makanan seperti cafe yang menyediakan menu makanan ringan dengan anak muda sebagai target pasar utama.

  • Warung Sido Mampir

Dalam bahasa jawa khususnya jawa timur, sido mampir memiliki arti jadi berkunjung. Tentunya pemberian nama ini diharapkan agar setiap orang berkunjung ke usaha kita.

  • Rancak Bana Resto

Nama ini biasanya digunakan untuk usaha makanan yang menyediakan menu-menu masakan khas minang.

Racak Bana sendiri berasal dari bahasa minang yang berarti sesuatu yang sangat indah atau cantik. Biasanya kata ini dipakai untuk mengungkapkan kekaguman terhadap sesuatu.

  • Warung Sewaregna

Kata sewaregna memiliki arti sekenyang-kenyangnya, sehingga nama ini cocok untuk nama usaha makanan yang memakai konsep prasmanan.

  • Raos Eco

Raos dalam bahasa jawa artinya rasa, dan eco adalah enak. Jadi nama ini diharapkan dapt menarik perhatian konsumen untuk merasakan rasa dari makanan yang Anda jual.

  1. Menggunakan Bahasa Asing

Tips selanjutnya, dalam membuat nama usaha makanan, Anda bisa menggunakan nama dari bahasa asing seperti bahasa Inggris.

Dengan begitu nama usaha Anda akan terdengar keren dan kekinian, sehingga akan menarik perhatian konsumen terutama anak-anak muda.

Selain itu, dengan menggunakan bahasa Inggris, nama usaha Anda akan terkesan lebih modern dan berkelas, seperti contoh berikut:

  • King Kebab
  • Trust Milk
  • Happy Snack
  • Happy Cake
  • Salt Mie
  • Crispy Potatos
  • Steak House
  • King Sambal
  • Bread Talk
  1. Menambahkan Nama Pemilik

Nama usaha Anda harusnya memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan nama usaha milik orang lain, meski produk yang jual sama.

Nah, salah satu caranya adalah dengan mancantumkan nama Anda sebagai pemilik usaha tersebut. Dengan begitu usaha Anda akan lebih mudah dikenali oleh para pelanggan Anda.

Berikut ini beberapa contoh nama usaha makanan dengan menyisipkan nama pemiliknya:

  • Harianto Resto
  • Dapur Bu Endang
  • Rawon Mama Lita
  • Bakso Jiwo
  • Roti Maryam
  • Jihan Café
  • Seafood Albaris
  1. Mengandung Do’a dan Makna Positif

Setiap pengusaha tentunya mengiginkan agar usahanya berjalan lancar dan menjadi berkah. Harapan ini bisa juga disematkan pada nama usaha makanan yang ditekuni.

Dengan menyematkan nama usaha yang mengandung do’a, diharapkan bisnis tersebut dapat semakin berkembang dan membawa manfaat.

Baca juga : Tugas Admin dalam Perusahaan

Kumpulan Nama Usaha Makanan

Kumpulan Nama Usaha Makanan

Jika masih bingung menentukan nama untuk usaha Anda, silahkan simak beberapa contoh nama-nama usaha makanan dibawah ini sebagai referensi.

  1. Nama Usaha Makanan Rumahan

Memulai sebuah usaha tidak harus dengan modal dan tempat yang besar. Kita bisa memulainya dengan modal kecil dan tempat yang sederhana, atau rumahan.

Berikut ini ada beberapa contoh nama yang biasa digunakan oleh para pelaku usaha makanan rumahan.

  • Barokah Abadi
  • Jajanan Enak
  • Rumah Jajanan
  • Depot Sederhana
  • Warung Istimewa
  • Jus Seger
  • Warung Barokah
  • Purnama Jaya
  1. Nama Usaha Makanan Islami

Bagi seorang mukmin rezeki itu datangnya dari Allah SWT, maka dari itu banyak dari pengusaha muslim yang menggunakan kata-kata yang ada didalam Al-Qur’an sebagai nama usaha.

Salah satu harapannya adalah agar usaha yang sedang dijalankan selalu diridhoi oleh Allah SWT. Berikut ini beberapa contoh nama usaha makanan islami dengan artinya.

  • Sarfaraz Safron

Anda tentunya sudah mengetahui apa itu saffron, usaha ini memang beberapa tahun belakangan sedang booming.

Nah, kata Sarfaraz sendiri memiliki arti mendongak (mengarah ke atas). Dengan kata lain, diharapkan bisnis saffron yang sedang dijalankan dapat terus berkembang.

  • Amiinah

Kata amiinah memiliki arti dapat dipercaya. Jika menggunakan nama ini, usaha makanan Anda seakan memberi pesan kepada konsumen bahwa usaha yang Anda jalankan terjamin kualitasnya.

  • Hanania

Jika kita percaya bahwa kesuksesan usaha kita tidak lain adalah karena Allah sebagai yang maha pemberi rezeki,  kata hanania bisa digunakan sebagai nama usaha kita, karena mengandung arti selalu diberkahi Allah.

  • Dafiyah

Jika usaha makanan Anda menawarkan sajian makanan-makanan yang hangat seperti sup, bakso atau minuman herbal, kata dafiyah bisa menjadi salah satu referensi nama usaha Anda.

Kata dafiyah mengandung arti hangat, sehingga menggambarkan kehangatan dari setiap masakan yang Anda jual.

  1. Contoh Nama Usaha Makanan Bahasa Jawa

Menggunakan bahasa daerah sebagai nama usaha makanan kita memang menjadikannya memiliki ciri khas tersendiri.

Diantara banyak usaha makanan di Indonesia, salah satu menu masakan yang paling banyak dijual adalah makanan khas jawa.

Berikut ini beberapa contoh nama usaha makanan yang mengandung unsur bahasa jawa sebagai ciri khasnya.

  • Pawon ku (pawon = dapur)
  • Warung Gandrueng
  • Pojok Coffee
  • Warkop Adem Ayem (adem ayem = tenang menenangkan)
  • Resto Eco (eco = enak)
  1. Contoh Nama Usaha Makanan Jepang

Selain jenis makanan nusantara, tidak sedikit juga para pengusaha makanan yang membuat usaha dengan menawarkan makanan khas negara lain, misalnya Jepang.

Negara Jepang memang memiliki berbagai macam makanan yang unik dengan cita rasa yang khas, mulai dari makana berat hingga jajanannya.

Maka tidak heran, jika masakan jepang banyak digemari masyarakat Indonesia, tentunya hal ini membuka peluang bisnis bagi para pelaku usaha makanan.

Berikut beberapa contoh nama untuk usaha makanan jepang yang bisa Anda jadikan sebagai referensi:

  • Sushi Go
  • Teppanyaki
  • Yoshinoya Resto
  • Kira Kira Ginza
  • Hakata Ikkousha
  • Narisiwa Noodle
  • Ramen Trend
  1. Nama Usaha Makanan Unik dan Lucu

Dalam membangun sebuah usaha memang sangat membutuhkan ide kreatif agar bisnis dapat menarik perhatian banyak konsumen.

Nah, salah satu caranya adalah dengan membuat nama usaha yang selucu dan seunik mungkin agar dapat membuat penasaran setiap yang melihatnya.

Berikut ini nama-nama warung dengan nama yang unik.

  • Oh Ada Mie Ayam
  • Laperpool
  • Bakso BCA (Bakso Ceker Ayam)
  • Molen Jameela

Tips Agar Usaha Berjalan Lancar

Jika sudah menemukan nama yang cocok untuk usaha makanan Anda, selanjutnya mengusahakan bagaimana usaha Anda dapat berjalan dan berkembang.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menerapkan konsep bisnis yang Anda jalani.

  • Tidak terlalu banyak berpikir, jika sudah tahu ilmunya maka lakukanlah.
  • Selalu memperdalam wawasan untuk mengembangakan sebuah usaha, karena dunia bisnis terus mengalami kemajuan.
  • Rajin memperhatikan tiap detail usaha Anda.
  • Minta do’a restu kepada orang tua.
  • Jangan lupa berdo’a.

Nah, itulah beberapa contoh nama usaha makanan untuk Anda yang sedang membangun usaha dan bingung menentukan namannya, beberapa contoh diatas bisa menjadi referensi.

Usaha Apa yang Menguntungkan ?

Tentunya usaha yang dijalani dan ditekuni dan disyukuri.

Terimakasih, sehat selalu.