Properti Tari Baksa Kembang

Properti Tari Baksa Kembang – Salah satu keunikan Indonesia yakni terletak pada kesenian tarinya. Nah, kali ini datang dari budaya Keraton Banjar tepatnya di Kalimantan Selatan ada tarian yang unik.

Tari Baksa Kembang namanya, tari ini digunakan dengan tujuan untuk menyambut tamu yang hadir. Dalam tarian ini diceritakan bahwa seorang remaja putri yang bermain di taman bunga.

Umumnya tarian ini menggunakan bunga sebagai properti utamanya. Namun tidak hanya itu saja adapun beberapa macam properti lainnya yang menunjang gerakan tari Baksa Kembang.

Penasaran? Yuk, simak dan baca dengan seksama ulasan selengkapnya tentang properti tarian Baksa Kembang di bawah ini

Macam Macam Properti Tari Baksa Kembang

macam properti tari baksa kembang
Sumber: gandespasmantes.com

Selain berfungsi untuk menyambut kedatangan tamu, Tarian Baksa Kembang juga biasa dilakukan untuk upacara-upacara adat Banjar.

Uniknya tarian ini hanya dilakukan oleh perempuan saja dan dengan jumlah yang ganjil.  Nah, adapun beberapa properti yang diperlukan dalam tari Baksa Kembang diantaranya sebagai berikut:

#1. Mahkota Gajah Gemuling

Sumber: sekolahnesia.com

Properti tari baksa kembang yang memiliki fungsi sebagai hiasan di kepala para penari. Mahkota ini terdiri dari hiasan kembang bogam serta halilipan.

Kembang bogam nantinya akan dipasang di bagian pelipis penari, kemudian untuk halilipan akan terurai disanggul bagian belakang penari. Mahkota ini menjadi salah satu ciri khas tari Baksa Kembang.

#2. Mahkota Pancar Matahari

Sumber: selasar.id

Properti berikut ini sedikit berbeda dengan Mahkota Gajah Gemuling. Perbedaan yang jelas terletak pada ukurannya, dimana mahkota Pancar Matahari lebih besar dari Mahkota Gajah Gemuling.

Pada umumnya mahkota ini dipakai dibagian atas kepala penari. Bahkan, mahkota ini sering digunakan oleh pengantin suku Banjar.

#3. Halilipan

Sumber: neprona.com

Properti tari Baksa Kembang selanjutnya yakni halilipan. Menurut sejarahnya, halilipan diambil dari sebuah nama serangga yakni lipan.

Bentuk dari halilipan berupa anyaman janur yang biasa digunakan sebagai hiasan di sanggul penari Baksa Kembang dan pengantin Banjar.

Halilipan memiliki makna tersendiri yakni supaya memiliki sifat rendah hati, seperti dengan lipan yang hanya merayap di tempat rendah.

#4. Baju Kudak

Sumber: perpustakaan.id

Baju Kudak merupakan salah satu jenis properti yang berperan penting dalam tarian Baksa Kembang. Mengapa demikian? Karena baju Kudak merupakan kostum utama tari Baksa Kembang.

Bentuk baju Kudak berupa kemben, hanya saja jenis kain yang digunakan berbeda dengan di Jawa. Sedangkan warna  yang sering digunakan dalam pementasan tari Baksa Kembang adalah warna kuning keemasan.

#5. Kelat Bahu

Sumber: selasar.id

Kelat bahu merupakan salah satu jenis properti tari Baksa Kembang yang berfungsi sebagai aksesoris. Sama seperti dengan tarian tradisional di Jawa, kelat bahu digunakan di kedua lengan penari Baksa Kembang.

Biasanya kelat bahu dibuat dengan bahan dasar logam yang berwarna perak atau emas. Tetapi ada pula beberapa daerah yang menambahkan manik-manik ataupun permata.

#6. Kida Kida

Sumber: selasar.id

Properti tari Baksa Kembang selanjutnya adalah kida-kida. Properti ini merupakan suatu kain dengan ditambah hiasan emas, manik-manik, sedikit rumbai serta jahitan benang emas dengan pola tertentu.

Fungsi dari kida-kida yakni untuk menutupi bagian bahu hingga dada penari Baksa Kembang.

Adapun fungsi lain dari kida-kida yakni untuk menutup bagian punggung atas dan menambahkan nilai estetika

#7. Roncean Bunga Kantil

Sumber: cdn2.boombastis.com

Properti tari Baksa Kembang selanjutnya adalah roncean bunga kantil. Salah satu fungsi properti ini untuk mempercantik penampilan penari tari Baksa Kembang.

Roncean bunga biasanya dipasang di bagian kepala penari. Tidak hanya bunga kantil, jenis bunga yang digunakan beragam diantaranya, bunga melati, bunga kenanga dan beberapa ada yang menambahkan bunga mawar.

#8. Kembang Bogam

Sumber: selasar.com

Sedikit berbeda dengan roncean bunga tadi, kembang bogam berfungsi sebagai sajian kepada para penonton tari Baksa Kembang.

Kembang bogam digunakan pada bagian tangan mereka.Jening bunga yang digunakan sama dengan roncean bunga tadi yakni bunga melati, bunga kenanga, bunga kantil dan bunga mawar

#9. Kembang Goyang

Sumber: selasar.com

Properti lain yang tak kalah penting adalah kembang goyang. Kembang goyang memiliki bentuk dengan tangkai bunga dan terbuat dari kuningan.

Kemudian kembang goyang dicat sedemikian rupa dengan warna emas. Nah, nantinya kembang goyang akan dipasangkan pada mahkota Pancar Matahari sebagai ornamen atau hiasan tambahan.

#10. Anting Anting Berumbai

Sumber: nepronas.com

Properti selanjutnya adalah anting Berumbai. Anting ini terbuat dari emas murni atau jenis logam mulia lainnya.

Adapun tambahan aksesoris berupa intan permata atau replikanya. Ukuran anting Berumbai ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil sehingga pas dipakai oleh penari.

Cara penggunaannya mudah karen tinggal pasangkan anting di daun telinga penari.

#11. Gelang Tangan

Sumber: lazada.co.id

Gelang merupakan properti tari Baksa Kembang yang berfungsi sebagai aksesoris tambahan.

Gelang nantinya akan dipakai penari pada kedua tangannya. Salah satu warna gelang yang sering digunakan yakni warna kuning keemasan.

Apalagi dilengkapi dengan ornamen tambahan berupa manik-manik. Oleh karena itu, penggunaan gelang dapat menambahkan nilai estetika atau keindahan.

#12. Gelang Kaki Giring Giring

Sumber: lazada.co.id

Properti berikutnya yakni gelang kaki giring-giring. Berbeda dengan gelang diatas, gelang giring-giring memiliki beberapa kerincing.

Fungsinya untuk menimbulkan efek suara “cring..cring..cring” ketika penari melakukan gerakan tarian. Hal ini dapat memeriahkan suasana tari Baksa Kembang.

#13. Ikat Pinggang

ikat pinggang tari baksa kembang
Sumber: sekolahnesia.com

Ikat pinggang merupakan properti tari Baksa Kembang yang paling penting. Karena ikat pinggang memiliki fungsi utama untuk mengencangkan pakaian tari supaya tidak kendur atau melorot.

Bahan yang digunakan untuk membuat ikat pinggang tari Baksa Kembang yakni dari logam berwarna perak atau emas.

Ikat pinggang ini juga terdapat hiasan berupa batu permata atau sejenisnya. Ikat pinggang ini juga berfungsi sebagai tempat untuk melilitkan selendang.

#14. Selendang atau Sampur

selendang tari baksa kembang
Sumber: inkuri.id

Sama seperti tari tradisional lainnya tari Baksa Kembang juga menggunakan selendang atau sampur sebagai propertinya.

Selendang yang digunakan biasanya menggunakan warna cerah dan polos. Seorang penari Baksa Kembang biasanya menggunakan dua selendang dengan warna yang berbeda.

Selendang tersebut kemudian dililitkan pada ikat pinggang dan dimainkan dalam gerakan tari Baksa Kembang.

#15. Tapih Air Guci

tari baksa kembang
Sumber: telusuri.id

Properti tari Baksa Kembang yang terakhir adalah tapih air guci. Bentuk tapih air guci berupa lembaran kain berbahan beludru dengan ukuran panjang 2 m dan lebar 1,5 m.

Tapih air guci berfungsi sebagai dekorasi background atau latar belakang dalam tarian Baksa Kembang dan juga upacara pernikahan dengan adat Banjar.

Tapih air guci hanya memiliki tiga warna pokok dan masing-masing warna memiliki arti tersendiri, diantaranya warna merah tua berarti keberanian.

Kemudian warna hijau tua yang memiliki arti kesuburan serta warna biru kehitam-hitaman yang berarti kedalaman.

Tapih air guci juga terbagi dalam dua lajur dengan makna filosofis tersendiri. Pambapang bawah dan batis dinding merupakan lajur bawah serta Dahi dinding air guci dan Pambapang atas adalah dua lajur pada bagian atas.

Kemudian ada pula kolom bagian kanan disebut dengan punca kanan luar dan dalam. Sedangkan pada kolom kiri yang disebut punca klwa luar dan dalam.

Terakhir pada bagian tengah disebut dengan nama patangahan bermotif kambang dalam jambangan.

Properti Alat Musik Pengiring Tari Baksa Kembang

properti alat musik tari baksa kembang
Sumber: pinhome.id

Setelah Anda mengetahui beberapa macam properti tari Baksa Kembang tentu rasanya kurang lengkap apabila tidak membahas alat musik pengiringnya.

Nah, Adapun beberapa macam alat musik yang mengiringi tarian Baksa Kembang diantaranya:

  • Sarantan
  • Sarun
  • Gong besar
  • Gong kecil
  • Ganong dau
  • Kangsi
  • Babun
  • Kanong
  • Gamelan

Beberapa alat musik diatas merupakan alat musik tradisional khas Kalimantan Selatan.

Jenis musik yang dimainkan biasanya adalah lagu Jangklong ma atau biasa disebut kambing murni, Parang Lima Ketawang serta lagu Ayakan.

Uniknya lagu-lagu yang dimainkan menggunakan tempo yang lambat. Hal ini memudahkan penari untuk melakukan gerakan-gerakan lemah lembut nan indah untuk disaksikan.


Nah, rampung sudah pembahasan lengkap mengenai properti tari Baksa Kembang mulai dari macamnya hingga beberapa properti alat musiknya.

Ayo, jangan malas untuk mempelajari kesenian tari Indonesia, sebagai wujud rasa cinta Anda terhadap negeri ini.

Jangan lupa share ke seluruh sosial media Anda, jika menurutmu artikel ini menarik untuk dibaca.

Terimakasih telah membacanya dengan senang hati hingga kalimat ini.