Properti Tari Bondan

properti tari bondan
Sumber: photoshop

Properti Tari Bondan – Salah satu keunikan dari Indonesia adalah banyaknya ragam budaya kesenian tari yang sudah dikenal oleh warga dunia.

Nah, salah satu tarian tradisional yang sudah mendunia yakni tari Bondan.

Tari Bondan merupakan tari tradisional khas Surakarta yang mengisahkan tentang kasih sayang yang diberikan oleh ibu kepada anak-anaknya.

Tari ini biasanya diperankan oleh kembang desa atau gadis desa untuk menggambarkan cara mendidik, mengasuh atau melindungi anaknya.

Adapun beberapa properti tari Bondan yang dapat mendukung gerakan tari Bondan. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Macam Macam Properti Tari Bondan

macam properti tari bondan
Sumber: riverspace.org

Tari Bondan merupakan salah satu tari tradisional yang membutuhkan banyak properti, contohnya saja boneka bayi dan payung sebagai properti utama.

Namun tidak hanya itu saja masih banyak lagi jenis propertinya. Lantas properti apa yang dibutuhkan dalam tari Bondan?

Yuk, simak macam-macam properti tari Bondan paling lengkap di bawah ini

#1. Payung Kertas

properti tari bondan
Sumber: selasar.com

Salah satu properti tari Bondan yang paling penting adalah payung kertas. Pasalnya penggunaan payung kertas menggambarkan ciri tari Bondan.

Payung kertas memiliki beragam motif contoh diantaranya motif bunga-bunga yang cantik nan indah. Karena keunikannya tersebut tari Bondan cukup populer di Indonesia dan bahkan hingga ke mancanegara.

Adapun makna dari tarian Bondan, yakni sebagai suatu bentuk penggambaran ibu dalam melindungi serta menjaga anaknya dari marabahaya dan malapetaka.

#2. Caping

Sumber: waru.farmland.com

Caping yaitu properti tari Bondan yang berfungsi sebagai pelindung dari terik panas sinar matahari maupun dari air hujan yang deras.

Pada umumnya caping terbuat dari anyaman bambu dan dibentuk dengan pola berbentuk kerucut. Dalam tarian Bondan caping merupakan salah satu properti yang membantu penari dalam melakukan gerakan tari.

#3. Jamang

Sumber: suaranusantara.com

Jamang merupakan sebuah jenis aksesoris yang dipakai pada bagian kepala tepatnya di dahi.

Cara penggunaannya cukup dipasang pada bagian kening hingga pelipis kepala. Ataupun bisa juga dipadukan dengan sumping dan rambut yang nantinya disanggul.

Jamang terbuat dari logam mulia berupa emas dan perak. Kemudian ditambahkan dengan ukiran halus serta intan permata.

Hal ini menggambarkan seorang penari layaknya bangsawan atau orang kaya.

#4. Kendil

Sumber: olx.com

Properti tari Bondan selanjutnya adalah kendil. Kendil merupakan peralatan dapur atau suatu barang yang terbuat dari tanah liat.

Fungsi dari kendil yakni sebagai wadah air, baik untuk air minum atau lainnya. Kemudian salah satu keunikan tari Bondan, yakni menggunakan kendil dalam gerakan tariannya.

Ataupun kendil dijadikan sebagai tempat pijakan penari. Kendil ini memiliki makna seorang ibu yang memberikan suatu penghidupan untuk anaknya.

#5. Boneka Bayi

Sumber: media.karousell.com

Properti tari Bondan selanjutnya adalah boneka bayi. Boneka merupakan sebuah properti tari yang wajib ada.

Karena makna dari tari Bondan adalah kasih sayang terhadap anaknya. Maka boneka bayi diibaratkan seolah-olah anak yang disayang oleh sang penari.

Dengan properti ini penari tari Bondan dapat lebih menyampaikan isi pesan dari tari Bondan.

#6. Kain Jarik

macam kain jarik
Sumber: shopee.com

Selain ada boneka bayi, Adapun kain jarik sebagai properti tari Bondan. Kain jarik merupakan kain panjang yang bermotif batik Jawa.

Fungsi dari kain jarik yakni untuk menggendong boneka bayi. Menggendong bayi merupakan wujud cinta kasih ibu kepada anaknya dalam tradisi di Jawa.

Selain kain jarik penari juga bisa menggunakan kain sampir sebagai properti tambahannya.

#7. Kemben

Sumber: balairungpress.com

Kemben merupakan kain penutup pada bagian dada. Kemben pada umumnya digunakan oleh wanita Jawa ataupun Bali di suatu keraton atau istana.

Kemben terbagi menjadi beberapa jenis yakni kemben polos, kemben dari kain beludru dan kain batik.

Cara penggunaan kemben yakni dengan melilitkan kemben pada bagian dada wanita dengan ditambah tali tambahan supaya lebih kencang dan tidak mudah melorot.

Saat ini kemben sudah banyak variasinya dengan berbagai macam modelnya, bahkan ada yang menggunakan model resleting.

Hal ini dapat memudahkan sang penari dalam memakainya.

#8. Bakul atau Tenggok

Sumber: youtube.com

Properti tari Bondan selanjutnya yaitu Bakul atau Tenggok. Bakul merupakan sejenis wadah yang dibuat menggunakan bahan dasar bambu yang dianyam.

Di beberapa tempat di Jawa menyebutnya tenggok.

Bentuk dari tenggok berupa lingkaran besar di bagian atas dan bentuk segiempat di bagian bawahnya dengan ukuran yang lebih kecil.

Benda ini sering digunakan untuk memanen hasil perkebunan atau tempat makanan.

Makna dari penggunaan caping yakni untuk menggambarkan seorang ibu yang sedang mengurus anak dan membantu suaminya berladang di sawah.

#9. Kain Wiron

Sumber: dijelasin.com

Properti tari Bondan yang berikutnya adalah kain wiron. Kain wiron merupakan kain yang digunakan untuk kostum tari Bondan.

Biasanya kain wiron digunakan dengan cara dilipat. Lipatan kain wiron harus berjumlah ganjil seperti 7, 9, ataupun 11 lipatan. Lipatannya harus sekecil mungkin agar terlihat kuat.

#10. Cangkul

Sumber: kompasiana.com

Properti tari Bondan yang terakhir adalah cangkul. Cangkul merupakan properti tambahan untuk menggambarkan seorang suami yang bekerja di sawah untuk menafkahi keluarganya.

Cangkul yang dipakai ada beragam. Namun cangkul hanyalah properti tambahan jika diperlukan. Oleh karena itu, pilihlah jenis cangkul yang ringan karena hanya dijadikan properti tari Bondan.

Properti Alat Musik Pengiring Tari Bondan

alat musik pengiring tari bondan
Sumber: orami.com

Dalam suatu pertunjukan tari, tentunya membutuhkan beberapa properti alat musik. Fungsinya untuk memeriahkan suasana dan memudahkan penari dalam melakukan gerakan tariannya.

Tari Bondan biasanya diiringi alunan musik dari tembang dolanan. Kemudian seiring berjalannya waktu alat musik pengiring tari Bondan berupa musik gending.

Apa itu musik gending? dalam bahasa Jawa artinya alat musik gamelan.

Alat musik gamelan dimainkan dengan tempo dan ritme yang halus nan santai. Hal ini dapat memberikan kesan karakter perempuan Jawa yang sopan dan lemah lembut.

Adapun contoh lagu yang dimainkan yakni Gending Ayak-Ayakan dan Ladrang Ginonjing

Fungsi Properti Tari Bondan

fungsi properti tari bondan
Sumber: seringjalan.com

Tiap-tiap properti tari Bondan tentu memiliki fungsinya masing-masing. Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa fungsinya, adalah sebagai berikut:

  • Boneka bayi berfungsi untuk menggambarkan seorang anak yang dirawat dan diasuh oleh ibunya.
  • Kendi berfungsi menggambarkan sumber bagi kehidupan dan bagi dari makanan atau minuman
  • Payung memiliki fungsi untuk menggambarkan seorang ibu yang mendung akan kua dari mata marabahaya dan malapetaka.
  • Agar menambahkan keindahan dan kecantikan penari
  • Supaya memudahkan penari dalam penyampaian isi atau pesan dari tari Bondan

Demikian penjelasan lengkap tentang properti tari Bondan mulai dari macam macam, properti alat musik hingga fungsinya. Tari Bondan adalah tarian yang menggambarkan kasih sayang yang begitu besar kepada anak-anaknya.

Oleh karena itu, tiap-tiap properti di atas memiliki peran yang penting. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Yuk, bagikan artikel sebagai wujud rasa cinta dan sayang Anda terhadap kesenian tari Indonesia.