Properti Tari Janger

Properti Tari Janger – Bali merupakan sebuah pulau yang memiliki keberagaman suku ras dan budaya.

Nah, salah satu yang menarik adalah seni tarinya, ada banyak sekali seni tari dari Bali mulai dari tari kecak, tari serimpi hingga tari janger. 

Tari Janger merupakan sebuah salah satu jenis tarian yang diimplementasikan dari sebuah kegiatan para petani yang sedang menghibur diri karena telah lelah bekerja. 

Bahkan lirik lagunya diadaptasi dari sebuah nyanyian Sanghyang, tarian ini juga dikenal sebagai tarian ritual.

Nah, adapun beberapa macam properti tari janger yang perlu Anda ketahui dalam pementasannya, penasaran? Yuk, simak penjelasan secara lengkapnya dibawah ini

Macam Macam Properti Tari Janger

properti tari janger
Sumber: detik.com

Nah, adapun beberapa macam properti tari Janger yang paling penting dalam sebuah pementasan tari yang pastinya seru untuk disimak. Yuk, ikuti penjelasan selengkapnya di bawah in: 

1. Angkeb

angkeb bali
Sumber : denpasar.kompas.com

Properti tari Janger yang pertama adalah sebuah salah satu pakaian tradisional khas Bali atau bagian penutup dada yang disebut dengan angkeb. 

Nah, biasanya warna dari angkep tersebut berwarna cerah seperti kuning. Fungsi dari angkeb sendiri adalah sebagai penutup dada. 

2. Bawahan Kamen Prada

Sumber : shopee..co.id

Kemudian properti yang berikutnya adalah bawahan kamen prada. Kamen Prada adalah sebuah kain batik khas Bali. 

Motif dan coraknya bermacam-macam dan memiliki warna emas. Adapun warna yang ditawarkan biasanya berwarna cerah seperti kuning, emas, merah dan masih banyak lagi.

3. Sepasang Oncer

Sumber : lazada.co.id

Properti tari Janger selanjutnya merupakan sepasang oncer. Oncer merupakan sebutan dari tusuk konde yang ada di Bali. 

Nah, biasanya memiliki warna emas dan digunakan di konde sang penari. Pemakaian oncer ini menambahkan kesan estetika bagi penarinya

4. Ampok-Ampok

Sumber : tokopedia.co,id

Properti tari selanjutnya adalah sebuah hiasan yang digunakan pada penari tarian tersebut. 

Fungsinya tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai hiasan sang penari Janger serta memiliki fungsi sebagai ikat pinggang. Warna dari ampok ampok ini adalah emas kecoklatan

5. Gelang Kana

Sumber: shopee.co.id

Properti tari Janger yang berikutnya adalah gelang kana. Gelang ini merupakan sebuah ciri khas dari tradisi Bali. Nah, warna yang ditawarkan biasanya berwarna kuning keemasan.

6. Subeng

Sumber: shopee.co.id

Properti tari berikutnya adalah subeng. Subeng merupakan sebuah anting-anting khas Bali.

Salah satu cirinya adalah memiliki warna kuning keemasan dengan ditambah batu intan di bagian tengahnya. Penggunaan Subeng ini menambahkan keindahan para penari.

7. Gelungan

Sumber: detik.com

Properti yang berikutnya adalah mahkota khas bali yang dilengkapi dengan beberapa bunga di sekelilingnya.

Penggunaan mahkota ini dapat memberikan kesan keindahan para penari Janger. Warna dari gelungan biasanya berwarna kuning keemasan

8. Kipas Prada

kipas prada
Sumber: shopee.co.id

Properti tari Janger yang berikutnya adalah kipas prada. Kipas prada adalah sebuah kipas tradisional khas Bali yang biasanya digunakan dalam beberapa upacara adat ataupun suatu tarian tradisional.

Nah, salah satu ciri kipas ini adalah memiliki batang kayu yang berwarna merah dan memiliki corak batik berwarna kuning keemasan.

Biasanya warna dasar dari kipas ini berwarna cerah seperti kuning, merah, ataupun biru. Kipas prada biasanya digunakan para penari pada gerakan tarian yang terakhir.

Properti Alat Musik Tari Janger

alat musik pengiring tari janger
Sumber: wikipedia,org

Setelah Anda mengetahui beberapa macam propertinya, berikutnya kami akan membahas beberapa macam alat musik pengiring tari Janger yang tentunya sangat berfungsi sebagai nyawa dari tari Janger.

Nah, adapun alat musiknya berupa gamelan “batel” atau “tetamburan” yang terdiri dari sepasang kendang kekrumpungan (kecil), satu buah kajar,

satu buah gong pulu, klenang, cengceng ricik, sepasang gender wayang yang berlaraskan slendro serta alat musik pendukung suling.

Rangkaian alat musik tersebut dimainkan dengan tempo dan nada tertentu sehingga menghasilkan musik yang indah untuk dinikmati.


Sekian, usai sudah pembahasan lengkap mengenai properti tari Janger hingga ke alat musik pengiringnya. Terima kasih telah membaca hingga akhir.

Jangan lupa bagikan kepada beberapa teman Anda karena kita harus mempelajari berbagai macam kebudayaan Indonesia sebagai wujud rasa bangga kita terhadap negeri ini.