Properti Tari Kecak

Properti Tari Kecak – Bali adalah tempat destinasi idaman yang menyediakan ragam pemandangan alam yang indah.

Tapi tak hanya itu, kesenian di Bali juga memiliki keseruan untuk disaksikan, salah satunya yakni tari Kecak.

Tari Kecak merupakan tarian yang dilakukan oleh banyak orang dengan melingkar dengan meneriakkan suara “cak cak cak ke cak..”

Konon katanya tarian ini menggunakan beberapa properti yang mengundang makhluk gaib untuk terlibat dalam tarian tersebut.

Penasaran? Yuk, ikuti dengan seksama ulasan selengkapnya dibawah ini

Macam Macam Properti Tari Kecak

properti tari kecak
Sumber: befreetour.com

Tari Kecak merupakan tarian khas Bali yang menggunakan roh halus dalam pelaksanaannya. Adapun beberapa properti yang dibutuhkan dalam tari Kecak, diantaranya sebagai berikut:

#1. Bara Api

Sumber: correcto.id

Tari Kecak dikenal dengan tarian yang dipenuhi dengan atraksi sakral dan mistis. Oleh karena itu, salah satu properti tari Kecak yang satu ini wajib ada dalam pertunjukan tari Kecak.

Karena tarian yang menggunakan api sebagai medianya cenderung mengarah ke suasana yang mistis. Terlebih lagi bara apinya diinjak secara kaki telanjang oleh penari kecak.

Jika dipikir dengan logika tentunya kaki penari tersebut pasti akan terluka. Tapi, kenyataanya kaki penari kecak tidak terluka. Hal, ini menandakan tarian ini menggunakan bantuan makhluk gaib.

#2. Tempat Sesajen

Sumber: kulkulbali.com

Properti tari Kecak yang berikutnya adalah tempat sesajen. Sesajen merupakan hal yang sudah biasa di Bali.

Maka tak heran pula sebagai salah satu ciri khas Bali, sesajen tidak boleh ditinggalkan apalagi dalam pertunjukan tari Kecak.

Menurut beberapa sumber, asal mula gerakan tari Kecak berasal dari upacara adat Sanghyang.

Upacara adat ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kesialan. Karena itulah tari Kecak dilindungi oleh hal-hal mistis.

#3. Bunga Kamboja

Sumber: pikiran-rakyat.com

Properti tari Kecak selanjutnya yakni adalah bunga kamboja. Bagi masyarakat Bali, bunga kamboja dipercaya dapat membawa pencerahan dalam hidup serta sari kebaikan.

Terlebih bunga kamboja memiliki aroma yang khas lengkap dengan mahkotanya yang berwarna putih. Apalagi bunga kamboja identik dengan hal hal gaib. Di Bali bunga kamboja selalu digunakan dalam upacara adat.

Masyarakat Bali juga percaya bunga kamboja merupakan media atau alat untuk menjalin hubungan antara manusia dengan alam.

Nah, bunga kamboja tersebut nantinya akan diselipkan di telinga penari tari Kecak.

#4. Topeng

topeng tari khas bali
Sumber: sekolahnesia.com

Topeng merupakan properti tari Kecak yang wajib ada. Karena topeng digunakan ketika sang penari akan berperan sebagai Hanoman, Rahwana serta Sugriwa. Topeng biasanya dipakai oleh penari utama dalam tari Kecak.

#5. Selendang Khas Bali

Sumber: bahanbatik.com

Salah satu properti yang wajib ada pada tiap tarian daerah yakni adalah selendang. Namun, selendang pada tari Kecak sedikit berbeda dari selendang batik pada umumnya.

Pada tari Kecak sendiri menggunakan selendang dengan motif kotak-kotak hitam putih khas Bali. Warna dan corak tersebut menggunakan konsep Rwa Bhineda yang simbolnya hitam putih.

Selendang ini biasanya digunakan penari pria dengan  telanjang dada, hanya memakai selendang tersebut pada bagian pinggang hingga lutut.

Bahan kain dari selendang tersebut adalah satin dengan ukuran kurang lebih 150 cm dan lebar sekitar 84 cm.

#6. Gelang Kerincing

Sumber: lazada.co.id

Properti tari Kecak selanjutnya adalah gelang krincing. Gelang ini akan menghasilkan suara yang cukup nyaring ketika sang penari mulai melakukan gerakan tari Kecak.

Kemudian dipadukan dengan suara cak ke cak cak ke.. dari seluruh penari Kecak  sebagai pengiring musik tari Kecak.

Gelang tersebut digunakan pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki. Pemeran Ramayana nantinya yang akan menggunakan gelang tersebut.

#7. Make Up Penari

properti tari ecak
Sumber: moondoggiesmusic.com

Properti Berikutnya adalah make up tari Kecak. Make up dalam tari Kecak merupakan bagian penting, karena make up bertujuan supaya penari lebih menghayati karakter tokoh yang diperankan penari tari Kecak.


Nah, usai sudah penjeleasan lengkap mengenai macam-macam properti tari Kecak mulai dari Bara Api hingga make up penari.

Intinya properti yang di gunakan dalam tari Kecak berhubungan untuk memanggil roh halus. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir, semoga telah menambah wawasan Anda. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman Anda.