Properti Tari Lenso

Properti Tari Lenso – Maluku merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki ragam kekayaan alam dan budayanya yang unik.

Salah satu kekayaan budayanya yang terkenal adalah Tari Lenso. Tari Lenso merupakan tarian hasil percampuran budaya Maluku dengan budaya Portugis.

Gerakannya yang simpel dan mudah membuat beberapa anak muda menyukai tarian jenis ini.

Tari Lenso ditarikan dengan rasa bahagia dan senang karena sedang menyambut kedatangan tamu baru.

Nah, sebelum melakukan pertunjukan biasanya para penari menyiapkan beberapa properti yang akan digunakan diantaranya, sebagai berikut

Macam Macam Properti Tari Lenso

macam properti tari lenso
Sumber: museumnusantara.com

Tari Lenso merupakan tarian khas Minahasa yang menggunakan sapu tangan sebagai properti utamanya. 

Nah, adapun beberapa macam properti lainnya. yang tidak kalah menarik dan unik. Penasaran? Ayo, ikuti beberapa penjelasan secara lengkap berikut ini.

#1. Sapu Tangan

Sumber: blibli.com

Sapu Tangan merupakan properti utama tari Lenso yang sangat penting perannya. Bentuk sapu tangan yang digunakan hampir sama dengan sapu tangan pada umumnya.

Tetapi, untuk warna yang digunakan warna putih dan merah saja. Cara penggunaan selipkan sapu tangan di antara sela-sela jari tangan.

Kemudian ketika penari melakukan gerakan maka sapu tangan akan terlihat seperti melambai-lambai dan mengikuti dengan gerakan penari.

#2. Pakaian Adat Maluku

pakaian adat maluku
Sumber: seringjalan.com

Properti tari Lenso berikutnya adalah pakaian adat Maluku. Dalam pementasan tari Lenso, para penari biasanya menggunakan pakaian adat khas Maluku.

Kostum ini terdiri dari baju seperti kebaya di bagian atasnya. Kemudian, pada bagian bawah menggunakan kain panjang khas Maluku.

Penggunaan pakaian khas Maluku memberikan kesan anggun dan cantik pada penampilan penari.

#3. Sanggul

Sumber: tokopedia.co.id

Properti berikutnya adalah Sanggul. Sanggul merupakan sebuah tatanan rambut dengan cara menggelungkan rambut ke belakang sehingga membentuk pentolan besar di bagian belakang.

Biasanya pada tari Lenso rambut penari akan diberi sanggul agar terlihat rapi, cantik dan anggun. Tentunya dengan bantuan ikat rambut, jepit rambut atau tusuk rambut.

Kemudian, diberi pula tambahan berupa roncean bunga di bagian sanggul penari.

#4. Selendang

Sumber: lazada.co.id

Properti selanjutnya adalah selendang. Tak hanya di Maluku, di daerah Minahasa, Sulawesi Utara juga menggunakan selendang ketika mementaskan tari Lenso.

Tentunya terdapat perbedaan pula antara keduanya. Penggunaan selendang dapat membantu penari dalam melakukan gerakan-gerakan tari Lenso.

Adapun warna selendang yang dipilih biasanya berwarna merah ataupun  berwarna putih.

#5. Ikat Pinggang

Sumber: shopee.co.id

Properti yang terakhir adalah ikat pinggang. Ikat pinggang merupakan properti yang cukup penting dalam tari Lenso.

Ikat pinggang berfungsi untuk mengencangkan pakaian adat Maluku dengan kain panjang di bagian pinggang penari.

Warna ikat pinggang yang dipilih biasanya berwarna merah. Kemudian terdapat pula ornamen yang terbuat dari logam yang berwarna kuning keemasan.

Properti Alat Musik Pengiring Tari Lenso

properti alat musik tari lenso
Sumber: indonesiakaya.com

Setelah Anda mempelajari beberapa macam properti tari Lenso. Selanjutnya akan kami beberkan beberapa macam alat musik yang biasanya dipakai untuk mengiringi tari Lenso. Alat musik yang digunakan berupa tifa dan totobuang.

Tifa yaitu sebuah alat musik khas Maluku yang berbentuk seperti gendang yang terbuat dari kayu dan baim 

Totobuang merupakan sebuah alat musik ansambel yang berasal dari Maluku. Totobuang terdiri dari satu buah drum dengan dua buah lonceng sebagai pelengkapnya.


Nah, itulah tadi merupakan beberapa macam properti tari Lenso secara lengkap hingga iringan musik yang membuat suasana makin asik. 

Keberadaan musik pengiring juga dapat memberikan nyawa bagi tarian Lenso. 

Terimakasih, dan jangan bosan-bosan dalam mengenal ragam budaya di Indonesia. Sampai bertemu di artikel berikutnya dan jangan lupa share artikel ini ke seluruh media sosialmu