Properti Tari Manuk Dadali

  • Properti Tari Manuk Dadali – Manuk Dadali merupakan lagu daerah yang cukup populer di Indonesia. Ternyata tak hanya itu saja.

Tarian Manuk Dadali juga menjadi salah satu tari adat yang sudah banyak dikenal oleh warga mancanegara. Gerakannya yang lemah lembut dan indah menjadi alasan tarian ini perlu jadi tontonan buat Anda.

Adapun makna dari tari Manuk Dadali yakni sebagai wujud penggambaran burung garuda dan meningkatkan rasa nasionalisme.

Nah, dalam pementasannya adapun beberapa properti yang harus dipersiapkan diantaranya seperti dibawah ini.

Macam Macam Properti Tari Manuk Dadali

properti tari manuk dadali
Sumber: youtube.com

Adapun beberapa macam properti tari Manuk Dadali secara lengkap, seperti berikut ini:

#1. Mahkota Kepala Burung Merak

Sumber: bukalapak.com

Properti tari Manuk Dadali yang pertama dan utama yakni mahkota kepala burung merak. Sesuai dengan namanya bentuk dari mahkota tari Manuk Dadali memiliki bentuk seperti kepala burung merak.

Warna pada mahkota ini umumnuya berwarna kuning keemasan, walaupun ada juga yang berwarma merah dan lain-lain.

Penggunaan mahkota ini menggambarkan seekor manuk atau burung merak yang sedang menari. Mahkota ini merupakan properti utama dari tari Manuk Dadali yang menjadi ciri khas tari tersebut.

Jadi, jangan sampai ketinggalan ya.. hehe 

#2. Gelang

Sumber: oleholehbali.com

Properti tari Manuk Dadali yang berikutnya yakni gelang. Gelang merupakan salah satu jenis aksesoris yang biasa dipakai oleh penari tradisional di Indonesia.

Pada bagian tangan kanan dan kiri penari Manuk Dadali di pasangkan gelang. Gelang yang digunakan umumnya berbahan dasar logam.

Warna dari gelang bervariasi bisa berwarna perak atau pun berwarna emas. Apabila terkena sorotan cahaya gelang akan menghasilkan efek berkilau dan menambahkan nilai estetika.

#3. Baju Bersayap

kostum tari manuk dadali
Sumber: duniamasa.com

Properti tari Manuk Dadali berikut ini adalah kostum penari berupa baju bersayap. Penggunaan baju bersayap dapat memudahkan penari dalam melakukan gerakan-gerakan tari.

Model baju ini terdapat kain yang membentuk sayap dan berlengan panjang. Kemudian, memiliki panjang sebatas pinggang penari tari Manuk Dadali.

Lalu, pada bagian pinggang akan dikenakan kain jarik kebawah sebagai rok untuk menutupi pinggang penari hingga ke bawah mata kaki,

#4. Kain Jarik

Sumber: shopee.co.id

Properti tari Manuk Dadali berikutnya adalah kain jarik. Kain jarik merupakan kain panjang dengan motif batik didalamnya.

Kain ini merupakan kain khas Jawa yang selalu ada di tiap-tiap penduduk Jawa. Fungsi dari kain ini yaitu untuk banyak hal seperti untuk menggendong anak, dan salah satunya adalah sebagai properti tari.

Nah, pada tari Manuk Dadali peran kain jarik yaitu untuk mentupi bagian pinggang hingga ke bawah mata kaki penari. Penggunaan kain jarik menandakan ciri budaya masyarakat Jawa atapun Sunda.

#5. Selendang

Sumber: tokopedia.com

Properti berikutnya adalah selendang. Menggunakan selendang pada sebuah tarian adalah sesuatu yang sering terjadi di beberapa macam tarian tradisional di Indonesia, terutama pada tarian tradisional Jawa.

Memang menggunakan selendang sangat membantu penari dalam menyampaikan isi-isi tarian lewat gerakan tari.

Umumnya selendang yang digunakan mengikuti warna kostum tari Manuk Dadali.

Penggunaan selendang dapat menampakkan kesan lemah lembut perempuan Sunda.

#6. Ikat Pinggang

Sumber: bp-guide.com

Properti berikutnya adalah ikat pinggang. Ikat pinggang berfungsi untuk mengencangkan kain jarik dan baju bersayap agar tidak kendor ataupun melorot.

Umumnya ikat pinggang yang digunakan berbahan dasar kain beludru dengan ditambah bordiran-bordiran bercorak emas.

#7. Kalung

Sumber: shopee.co.id

Properti tari Manuk Dadali yang terakhir yaitu Kalung. Kalung berfungsi untuk mempercantik tampilan penari dan menambahkan nilai estika.

Bahan dasar dari kalung terbuat dari logam, ada yang berwarna perak dan ada juga yang berwarna emas. Cara pemakaian kalung yakni tinggal di pasangkan pada bagian leher penari.

=============================================================================

Nah. itulah tadi beberapa macam rekomendasi properti tari Manik Dadali secara menyeluruh dan lengkap. Teman-teman semua terimakasih atas supportnya. Jupa lupa untuk bagikan artikel ini ke seluruh teman-teman walaiup