Properti Tari Perang

Properti Tari Perang – Keragaman budaya Indonesia yang beraneka macam membuat negeri ini terkenal hingga ke mancanegara.

Banyak sekali budaya khas Indonesia yang sudah terkenal bahkan dipelajari oleh turis asing.

Salah satu yang paling terkenal adalah kesenian tarinya. Nah, kali ini kita akan menuju ke bagian timur Indonesia dimana terdapat tarian unik khas Papua, yakni Tari Perang.

Tari Perang ini sering dibawakan dengan memakai pakaian adat Papua.

Kemudian sang penari biasanya menggunakan panah sebagai senjatanya. Tarian ini merupakan tari tradisional yang cukup terkenal di Papua Barat.

Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini

Fungsi Tari Perang

fungsi tari perang
Sumber: twitter.com

Nah, Sebelum membahas mengenai macam-macam properti tari Perang, alangkah baiknya kita mengulas mengenai fungsi atau tujuan tari Perang.

Sejak zaman dahulu, tari Perang berfungsi untuk membangkitkan semangat perang.

Nah, seiring berjalannya waktu tari Perang juga berfungsi sebagai bentuk penghormatan kepada nenek moyang yang telah berjuang mempertahankan tanah air Papua.

Kemudian, hampir semua tarian tradisional Papua bertujuan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan.

Fungsi lainnya yakni sebagai bentuk melestarikan kebudayaan daerah agar tidak punah.

Macam Macam Properti Tari Perang

macam properti tari perang
Sumber: pinterest.com

Tari Perang menggunakan panah atau senjata tradisional Papua sebagai salah satu propertinya. Nah, adapun beberapa macam properti lainnya yang tak kalah penting, diantaranya seperti dibawah ini:

1. Panah

Sumber: lemteramata.com

Properti yang pertama dan yang utama adalah Panah. Panah merupakan salah satu senjata tradisional yang sering digunakan masyarakat Papua untuk berburu dan masih banyak lagi.

Penggunaan panah mempresentasikan gerakan tari yang seolah-olah sedang berada di medan peperangan dan sedang melawan musuh. Selain panah bisa juga menggunakan tombak sebagai properti utamanya.

2. Rok Rumbai

rok rumbai
Sumber: mamikos.com

Properti tari Perang yang berikutnya adalah rok rumbai yang merupakan bagian dari pakaian adat khas Papua. Nah, ini cukup unik, karena hanya menggunakan rok yang terbuat dari akar daun.

Mereka juga tidak menggunakan baju, jadi telanjang dada saja. Penggunaan rok ini memberikan ciri khas adat Papua yang sering menggunakan alam sebagai properti mereka.

3. Motif cat Badan

Sumber: beritapapua.id

Properti tari Perang yang berikutnya adalah berupa motif cat berwarna putih.

Sebelum memulai pertunjukan para penari akan dicat dengan warna putih di badan mereka. Pemilihan warna putih memiliki arti yakni kesucian dan mereprenstasikan bentuk tulang.

4. Penutup Kepala

pakaian adat papua
Sumber: rkb.id

Properti yang berikutnya adalah penutup kepala. Nah, penutup kepala ini terbuat dari akar daun yang disusun sedemikian rupa.

Penggunaan penutup kepala ini menggambarkan kesan estetik. Kemudian dilengkapi pula dengan aksesoris lainnya seperti gelang kaki dan tangan dari bulu-bulu serta kalung dari manik-manik.

5. Taring Babi

Sumber: pulsk.com

Properti yang terakhir yakni adalah taring babi. Properti yang satu ini biasanya hanya digunakan oleh kepala sukunya saja.

Nah, taring babi ini digunakan pada bagian hidung mereka. Penggunaan taring babi ini menggambarkan kesan kewibawaan.

Properti Alat Musik Pengiring Tari Perang

alat musik pengiring tari perang
Sumber: pinhome.id

Nah, setelah Anda mempelajari macam-macam properti tari Perang, berikut ini akan kami ulas tentang alat musik pengiringnya.

Karena akan terasa hampa jika suatu tarian daerah tanpa ada musik pengiringnya. Nah, alat musiknya tentunya tidak jauh dari budaya khas Papua.

Ya, benar, Tifa menjadi alat musik pengiring utama dari tari Perang. Kemudian, dilengkapi dengan Triton, alat musik berbentuk kerang yang di tiup.

Perpaduan nada yang terbentuk antara tabuhan Tifa dan tiupan Triton melengkapi pementasan tari Perang. Tempo musik yang dimainkan relatif cepat serta ditambah dengan sorak sorakan penonton.

Membuat suasana pementasan tari Perang menjadi lebih semangat dan seperti merasakan berada di medan peperangan.


Nah, itulah tadi pembahasan secara lengkap mengenai macam macam properti tari Perang secara lengkap hingga properti alat musik pengiringnya.

Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan Anda.  Ayo, ikut melestarikan budaya tari Indonesia dengan cara membaca artikel-artikel kami tentang macam-macam properti tari disini.

Serta jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu. Terimakasih, semoga bermanfaat.