Properti Tari Tor Tor

Properti Tari Tor Tor – Ragam kesenian di Indonesia memang sangat beragam dan unik-unik. Bahkan, sampai orang-orang luar negeri justru ingin mempelajarinya karena keunikannya.

Nah, salah satu tarian yang unik yaitu tari Tor Tor. Tarian yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu ini masih eksis hingga sekarang.

Tarian khas Batak ini awalnya merupakan tarian sakral yang dibawakan pada upacara kesembuhan, kematian dan masih banyak lagi.

Tetapi pada zaman sekarang tari Tor Tor banyak dipentaskan untuk menjadi hiburan dan tontonan yang seru.

Adapun beberapa properti tari Tor Tor yang menunjang keseruan tersebut. Penasaran? Yuk, simak dan baca dengan rasa gembira ulasannya di bawah ini.

Macam Macam Properti Tari Tor Tor

Tarian Tor Tor merupakan tarian yang memiliki tingkat kesulitan dalam mempraktekkannya. Nah, Adapun beberapa properti tari Tor Tor yang dapat membantumu, diantaranya:

#1. Ikat Kepala atau Penutup Kepala

properti tari tor tor
Sumber: bantennews.com

Jenis properti tari Tor Tor yang pertama adalah tutup kepala atau ikat kepala. Ikat kepala pada tari Tor Tor terbuat dari kain ulos.

Cara penggunaannya pun mudah, cukup dilingkarkan pada abadia kepala penari tari Tor Tor lengkap beserta pernak-pernik bunga kuningannya.

Pada penari wanita, tidak hanya menggunakan ikat kepala saja melainkan ditambah aksesoris tusuk konde berwarna emas.

Tujuannya tidak lain dan tak bukan untuk menambah keanggunan serta kecantikan penari tari Tor Tor.

#2. Selendang

Sumber: merdekacom

Seperti dengan tari tradisional pada umumnya, tari Tor Tor juga menggunakan kain selendang sebagai propertinya.

Selendang tari Tor Tor terbuat pula dari kain ulos. Cara pemakaiannya hanya dikalungkan di pundak penari dan memanjang hingga ke betis kaki penari.

Nah, untuk mengantisipasi supaya tidak mudah jatuh, selendang diikat oleh ikat pinggang pada bagian pinggang.

#3. Kain Berupa Kemben

pakaian tari tor tor
Sumber: kompas.com

Properti tari Tor Tor selanjutnya yakni adalah kostumnya yang berupa kemben. Kemben yakni kain yang menutupi bagian dada hingga ke kaki.

Cara pemakaiannya dililitkan pada bagian dada sampai ke pinggang penari.

Setelah itu, pada bagian luarnya ditambahkan rompi dengan bordiran benang yang berwarna emas menambahkan kesan yang elegan.

#4. Ikat Pinggang

Sumber: simarmata.co.id

Ikat pinggang merupakan salah satu properti penting pada tari Tor Tor. Ikat pinggang yang digunakan biasanya berupa kain ulos panjang dan halus atau sejenisnya.

Ikat pinggang nantinya akan dililitkan pada pinggang penari tari Tor Tor. Fungsi dari penggunaan ikat pinggang ini adalah untuk mengencangkan agar baju tidak melorot dan kendur.

Adapun fungsi lainnya yaitu untuk mengencangkan selendang agar tidak mudah jatuh ketika melakukan gerakan tarian.

#5. Tas Anyaman

Sumber: sekolahnesia.com

Tas dari bahan anyaman merupakan salah satu properti tari Tor Tor. Pada tari Tor Tor terbagi menjadi dua jenis yakni Tor Tor Sipitu Cawan serta Tor Tor Tandok.

Pada tarian Tor Tor Tandok tas ini memiliki peran yang penting. Tas tersebut akan digunakan pada penampilan dan bagian akhir penampilan tari Tor Tor.

#6. Cawan atau Mangkok

Sumber: seringjalan.com

Mangkok atau Cawan adalah properti tari Tor Tor yang terakhir. Pada Tor Tor Sipitu Cawan, mangkok atau cawan kecil wajib digunakan untuk melakukan gerakan tarian Tor Tor.

Nantinya cawan akan diletakkan pada bagian tubuh penari mulai dari atas kepala, lengan hingga ke telapak tangan. Bagi orang awam yang melakukannya mungkin akan terlihat sangat sulit untuk menyeimbangkannya.

Tetapi bagi masyarakat Batak hal ini sangat mudah mereka lakukan. Wah keren sekali ya kesenian tari di Indonesia yang satu ini, salut!

Properti Alat Musik Pengiring Tari Tor Tor

alat musik tari tor tor
Sumber: portalmurah.co

Nah setelah Anda mengetahui beberapa properti tarian Tor Tor diatas, selanjutnya adalah alat musik pengiring tari Tor Tor.

Alat musik yang digunakan pada tarian Tor Tor merupakan alat musik khas Batak, Gordang Sambilan namanya.

Disebut Gordang Sambilan karena terdiri dari gendang yang berjumlah sembilan buah. Menurut data dari Togarma, Jumlah gendang pada tari Tor Tor terkait dengan pengaruh budaya Islam di Mandailing.

Sedangkan ukuran masing-masing gendang besarnya hampir sama dengan bentuk ukuran bedug di masjid. Hal ini merupakan bentuk pengaruh dari budaya Islam.

Salah satu ciri khas dari Gendang ini sebagai pelantun. Alunan gendang ini dapat bersenandung dengan gerakan tari Tor Tor. Namun sayang sekali diera sekarang sudah mulai langka yang menggunakan gordang sambilan ini.

Hanya beberapa pejuang seniman budaya Batak saja. Ada pula alat musik pendukung lainnya seperti seruling dan terompet khas Batak


Nah, usai sudah penjelasan lengkap mengenai macam-macam properti tari Tor Tor secara lengkap mulai dari ikat kepala sampai ke alat musik pengiringnya.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga kalimat terakhir ini dengan seksama. Semoga dapat menambah wawasan Anda tentang seni tari Tor Tor.

Jangan lupa ya share artikel ini ke teman-teman, sahabat atau siapapun. Horas!