Properti Tari Yapong

Properti Tari Yapong – Tarian Tradisional di Indonesia terdiri dari banyak jenisnya, tidak cukup semalaman untuk membahasnya.

Misalnya saja pada tarian di daerah Betawi saja sudah banyak apalagi se-Indonesia. Nah, hal itulah yang membuat saya bangga menjadi warga negara Indonesia.

Salah satu tarian yang cukup terkenal di Betawi yakni tari Yapong. Tari Yapong merupakan tarian yang terdiri dari penari wanita secara berkelompok atau sendiri.

Dahulu kala, tarian ini bertujuan untuk menyambut kedatangan pangeran Jayakarta. Properti yang digunakan dalam tari Yapong tidaklah banyak tetapi cukup penting dalam membantu gerakan tarian.

Penasaran? yuk, ikuti penjelasan selengkapnya sebagai berikut ini

Macam Macam Properti Tari Yapong

properti tari ypapong
Sumber: tribuneewslo.vp,

Tari Yapong berasal dari lirik lagunya yakni “ya..ya..ya” dan suara yang dihasilkan dari rebana “pong…pong…pong…”.

Dari situlah tercipta nama tari Yapong. Nah, Adapun beberapa  properti tari Yapong yang perlu diperhatikan diantaranya seperti dibawah ini:

#1. Selendang

Sumber: museumnusantara.com

Properti tari Yapong yang pertama adalah selendang. Selendang merupakan salah satu properti tari Yapong yang paling utama.

Selendang nantinya akan dipasangkan secara menyilang pada dada penari membentuk huruf X. Hal ini menjadi salah satu ciri khas tari Yapong.

Berbeda dengan tarian tradisional lainnya, biasanya selendang digunakan sebagai properti yang dapat menunjang gerakan tari.

Sedangkan pada tari Yapong selendang hanya digunakan untuk melengkapi keserasian kostum penari.

Selendang yang digunakan biasanya berwarna kuning lengkap dengan berbagai manik-manik diantaranya.

#2. Sabuk Emas

Properti tari Yapong yang berikutnya adalah sabuk emas. Sabuk emas yang digunakan biasanya terbuat dari bahan beludru.

Selain sebagai penghias atau menambahkan nilai estetika, adapun fungsi lain dari sabuk emas.

Yakni untuk mengikat atau mengencangkan selendang yang berbentuk X tadi agar tidak mudah lepas.

#3. Hiasan Kepala

Sumber: bukalapak.co.id

Salah satu keunikan tari Yapong adalah terdapat hiasan di kepala berupa bunga mawar merah. Properti tari Yapong yang satu ini, dapat menambahkan kecantikan pada penari tari Yapong.

Bunga mawar merah tersebut biasanya  diletakkan di atas kepala dengan rambut yang dicepol.

Gaya rambut yang dicepol ini memang menjadi ciri khas tarian khas Betawi, salah satunya tari Yapong.

Seiring dengan perkembangan zaman, properti tari Yapong berkembang. tidak hanya bunga mawar merah saja melainkan ditambah dengan mahkota agar lebih cantik dan menarik.

#4. Kalung

Sumber: selasar.com

Kalung merupakan properti tari Yapong yang digunakan sebagai fungsi aksesoris tambahan. Penggunaan kalung dapat menambah kecantikan dan keanggunan pemain.

Sementara bentuk kalung yang digunakan sama dengan kalung adat Betawi pada umumnya. Kalung memang bukan properti wajib pada tari Yapong tetapi keberadaanya cukup signifikan.

Kalung yang digunakan biasanya berwarna kuning keemasan, serta bahan yang digunakan biasanya berupa logam.

#5. Kain Jarik

Sumber: tribuneewski.com

Properti tari Yapong yang terakhir adalah kain jarik. Kain Jarik digunakan pada bagian pinggang ke bawah. Fungsi utamanya yakni untuk menutupi bagian pinggang penari kebawah.

Motif khas Betawi menjadi pilihan yang sering digunakan. Penggunaan kain jarik menjadi ciri bahwa tarian Yapong berasal dari Betawi.

Alat Musik Pengiring Properti Tari Yapong

alat musik tari yapong
Sumbeer: selasar.com

Salah satu alat musik pengiring tari Yapong yang wajib ada adalah rebana. Remana merupakan alat musik khas Betawi yang tercampur dengan budaya Arab.

Rebana dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan tangan. Suara yang dihasilkan dari rebana yakni “pong…pong…pong”.

Nah, dari sinilah awal mula dinamakan tari Yapong. Bahan yang digunakan untuk membuat rebana yakni kulit hewan seperti sapi atau kambing.

Jenis rebana yang digunakan yaitu rebana hadroh, rebana biang dan rebana ketimpring.

Perpaduan semua rebana tersebut menghasilkan irama musik gambus yang ceria dan bahagia. Tempo rebana yang dimainkan biasanya cepat.


Usai sudah penjelasan secara lengkap mengenai properti tari Yapong secara lengkap hingga ke alat musik pengiringnya.

Kesimpulannya, Rebana menjadi nyawa dari tari Yapong disini, ia bisa mengatur tempo, irama musik dan masih banyak lagi.

Terimakasih, telah membaca hingga akhir. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan jangan lupa bagikan artikel ini untuk menyebarkan manfaat kepada masyarakat lainnya.