Seni Budaya

Seni Budaya – Negara kita Indonesia ini dikenal akan berbagai macam budayanya, kekayaan alam yang melimpah, pulau-pulau yang indah, dan masih banyak lagi lainnya.

Tak terkecuali dengan macam-macam seni rupa yang tidak akan menemui titik batas dalam pembahasannya. Begitu pula dengan seni budaya yang akan kami bahas ini.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan seni budaya? Dan apa sajakah yang termasuk di dalamnya? Maka dari itu, untuk penjelasan selengkapnya bisa Anda simak berikut di bawah ini.

Pengertian Seni Budaya

                                                                 Sumber Image / cdn.pixabay.com

Secara garis besar, seni budaya ini diambil dari sumber dua kata yang berbeda, yakni berupa seni dan budaya. Kata seni sendiri diambil dari Bahasa Sansekerta ‘Sani’ yang di dalamnya memiliki makna (persembahan, pemujaan, dan pelayanan).

Istilah ini dapat diartikan sebagai hal yang bisa dibuat secara manual oleh manusia, yang mana dari hal tersebut akan mengandung unsur-unsur keindahan yang secara tidak langsung akan dapat membangkitkan perasaan orang lain.

Sementara itu sama halnya dengan seni, kata budaya juga diambil dari Bahasa Sansekerta berupa ‘buddayah’ yang di dalamnya memiliki arti suatu hal yang masih berkaitan erat dengan akal dan budaya dari manusia.

Kata budaya ini juga dapat diartikan sebagai sebuah cara hidup yang banyak berkembang di dalam suatu masyarakat, serta akan terus diwariskan secara turun-temurun.

Budaya ini juga merupakan suatu cara pola hidup yang memiliki sifat kompleks, serta yang dimiliki oleh kelompok masyarakat.

Nah, jika dari kedua istilah tersebut tadi digabung maka secara umum pengertian mengenai seni budaya adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia, yang masih berkaitan erat dengan tata cara berkembang dan cara hidup bersama dalam kehidupan masyarakat.

Dari hal yang berhasil diciptakan ini akan memiliki nilai keindahan dan diciptakan secara sengaja oleh manusia berdasarkan atas akal atau budi pekerti yang dimilikinya, lalu kemudian akan diwariskan secara turun-temurun.

Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli

                                                                 Sumber Image / cdn.pixabay.com

Sementara itu, terdapat beberapa ahli yang telah mendefinisikan seni budaya dengan pengertian yang berbeda dan berbagai macam.Akan tetapi, dari berbagai macam definisi tersebut tidak jauh berbeda dengan definisi seni budaya kebanyakan umumnya.

Nah, berikut di bawah ini merupakan beberapa pengertian seni budaya berdasarkan atas pendapat para ahli yang perlu untuk Anda ketahui, diantaranya adalah:

1. Ida Bagus Putu Perwita

Sosok Ida Bagus Putu Perwita ini merupakan salah satu dari tokoh seni yang berasal dari Bali.

Yang mana Ida Bagus Putu Perwita ini memberikan definisi atau pengertian seni budaya yang menurutnya adalah merupakan sebagai sarana untuk pelaksanaan aktivitas serta upacara adat.

2. Sartono Kartodirdjo

Sosok Sartono Kartodirdjo ini telah mendefinisikan bahwasanya seni budaya merupakan sebagai sistem yang koheren.

Yang mana dari sistem tersebut dapat digunakan untuk melakukan suatu komunikasi yang efektif melalui salah satu dari berbagai macam bagian seni tertentu.

Nah, dari salah satu bagian tersebutlah yang nantinya akan dapat menunjukkan atau menjelaskan maksud yang terkandung di dalamnya secara keseluruhan.

3. Harry Sulistiono

Harry Sulistiono merupakan seorang tokoh seni yang juga merangkap sebagai dosen seni rupa di salah satu universitas di Indonesia, lebih tepatnya yakni Universitas Pendidikan Indonesia.

Dapat disimpulkan dari penjelasan beliau bahwasanya seni budaya adalah merupakan sebagai sebuah keahlian untuk dapat mengekspresikan pemikiran maupun ide-ide yang mengandung nilai estetika.

Yang mana diantara ide atau pemikiran yang bernilai estetika tersebut adalah dapat mewujudkan kemampuan serta imajinasi pandangan atas beberapa macam karya.

Bukan hanya karya, akan tetapi juga benda maupun suasana sehingga dapat menghadirkan rasa indah serta dapat juga akan menciptakan sebuah peradaban yang lebih maju, lebih khususnya bagi manusia.

4. M. Thoyibi

Adapun pengertian mengenai seni budaya berikutnya telah dikemukakan oleh tokoh yang bernama M. Thoyibi, dimana beliau merupakan seorang salah satu filsuf yang cukup berpengaruh di Indonesia.

Dimana seni budaya yang telah dikemukakan oleh M. Thoyibi ini adalah merupakan bentuk penjelmaan dari rasa seni yang telah membudaya.

Yang mana juga telah termasuk ke dalam aspek kebudayaan, sehingga akan dapat diresapi serta dirasakan oleh banyak orang dengan seiring berjalannya sejarah peradaban manusia.

5. C. Kluckhohn

Akan berbeda lagi dengan pendapat C. Kluckhohn, yang mana ia mendefinisikan bahwasanya seni budaya merupakan telah merangkap sebagai sebuah sistem dan teknologi.

Dari sistem dan teknologi tersebutlah yang akan digunakan untuk menjadi sumber pengetahuan, mata pencaharian, organisasi kemasyarakatan, religi, upacara keagamaan dan juga bahasa.

6. Hillary Bell

Beda orang maka akan beda pula pendapatnya. Begitu pula dengan Hillary Bell ini yang telah mendefinisikan pengertian seni budaya sebagai sebuah istilah yang biasanya akan digunakan pada semua hasil karya yang dapat menggerakkan hati manusia maupun orang yang telah melihatnya.

Bukan hanya itu saja, dari seni budaya tersebut juga akan dapat dicari tahu siapa sang pencipta atau pembuat karyanya.

7. Andreas Eppink

Cukup berbeda dengan beberapa tokoh di atas tadi, karena Andreas ini tidak terlalu menjabarkan seni budaya ini secara jelas, akan tetapi dibalik itu ia telah mengemukakan pendapat mengenai apa itu budaya.

Adapun pendapatnya adalah, budaya merupakan suatu pernyataan bernilai artistic sekaligus intelektual yang dituntut untuk menjadi salah satu ciri khas yang dapat ditonjolkan dari suatu masyarakat tertentu.

8. Edward Burnett Tylor

Tidak jauh berbeda dengan Andreas Eppink tadi, begitu pula dengan Edward Burnett Tylor yang hanya mendefinisikan budaya saja.

Yang mana budaya menurut Edward Burnett Tylor adalah merupakan keseluruhan yang kompleks, dimana di dalamnya mengandung berbagai macam aspek tentang kelompok masyarakat.

Fungsi Seni Budaya

                                                           Sumber Image / cdn.pixabay.com

Dalam sebuah tatanan kehidupan masyarakat, tidak lain dari tujuan utamanya adalah untuk memenuhi fungsi tertentu. Maka dari itu, sedikitnya ada 2 fungsi seni budaya yang patut untuk Anda ketahui.

Berikut penjelasan selengkapnya.

Fungsi Praktis

Seni budaya juga mengandung fungsi praktis di dalamnya bagi kehidupan manusia, yang mana dapat diartikan bahwa dari karya seni yang dihasilkan memiliki fungsi yang ada kaitannya dengan pemenuhan akan kebutuhan dari manusia secara fungsional.

Maka dari itu, tidak hanya akan indah pada saat dilihat, akan tetapi juga akan tetap ikut memberikan nilai fungsi lebih pada saat digunakan.

Sebagai contoh sederhananya, missal pada sebuah kursi dan meja yang dibuat dengan menggunakan ukiran yang mana di dalamnya mengandung nilai estetik yang cukup tinggi.

Walaupun hanya dibuat dengan nilai seni belaka, akan tetapi dari berbagai macam benda tersebut akan tetapi memiliki nilai guna di kalangan masyarakat.

Fungsi Estetika

Fungsi berikutnya yang juga tidak kalah penting untuk Anda ketahui dari seni budaya adalah sebagai penguat akan fungsi estetika.

Secara garis besar dapat diartikan bahwa sebuah karya seni budaya ini dibuat dengan tetap mempertimbangkan fungsi yang masih berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan manusia akan keindahan yang dapat dinikmati oleh mata.

Misalnya saja pada sebuah lukisan atau patung, yang mana diantara keduanya adalah merupakan sama-sama dari hasil karya seni budaya yang tidak mengandung nilai fungsi di dalamnya.

Akan tetapi pada umumnya, dari berbagai macam benda hasil karya seni ini akan banyak dimanfaatkan sebagai untuk ritual keagamaan tertentu.

Selain dari kedua fungsi seni budaya tersebut di atas tadi, seni budaya juga mengandung beberapa fungsi yang jauh lebih berguna dalam kehidupan manusia sehari-hari secara spesifik.

Berikut merupakan beberapa fungsi tersebut, diantaranya adalah seperti:

  • Fungsi Religi

Di negara kita sendiri seni budaya ini memang seringkali dimanfaatkan dalam berbagai macam aktivitas kegiatan keagamaan, yang berfungsi sebagai media untuk dapat menyampaikan pesan religi kepada umat.

Pun dalam kegiatan sehari-hari, fungsi religi dari seni budaya ini akan dapat mudah kita temui. Misalnya saja pada saat penyelenggaraan upacara pernikahan, upacara kematian, serta upacara kelahiran.

  • Fungsi Komunikasi

Peran seni budaya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia juga berfungsi sebagai sarana atau media komunikasi antar sesame.

Yang mana seni budaya ini akan banyak dimanfaatkan untuk dapat menyampaikan suatu gagasan, pendapat, hingga dengan berbagai macam kritik kepada penikmatnya.

Dalam penyampaian informasi serta komunikasi yang menggunakan seni budaya pun terbilang jauh lebih efektif dibanding dengan yang lainnya.

  • Fungsi Pendidikan

Kehidupan sehari-hari manusia pun tak luput dari seni budaya ini, dimana seni budaya ini akan menjadi salah satu peran penting dalam sebuah pendidikan.

Dari dalam seni budaya yang terkesan indah maka akan turut ditampilkan dengan disertakan pembelajaran yang mengandung akan makna tentang kehidupan, tata krama, sopan santun dan lain sebagainya.

  • Fungsi Hiburan

Tidak jauh berbeda dengan berbagai macam fungsi yang telah dijelaskan sebelumnya, seni budaya juga memiliki fungsi sebagai hiburan.

Aspek bernilai keindahan serta perasaan terhibur akan muncul pada saat menyaksikan pertunjukan seni budaya, yang mana akan menjadi wujud nyata yang bisa diperoleh dari fungsi ini.

Macam-Macam Seni Budaya

                                                               Sumber Image / cdn.pixabay.com

Nah, setelah Anda mengetahui akan bagaimana tentang pengertian seni budaya baik yang secara umum maupun beratas dasarkan penjelasan para ahli.

Dalam artian luasnya, seni budaya sendiri merupakan sebuah karya seni yang akan dapat menciptakan peradaban atau bersumber dari kebudayaan masyarakat.

Seni budaya juga masih akan dibedakan dengan menjadi berbagai macam seni. Berikut dibawah ini merupakan beberapa macam seni budaya yang didasarkan atas bentuknya.

Seni Rupa

                                                          Sumber Image / cdn.pixabay.com

Adapun macam seni budaya yang pertama adalah berupa seni rupa. Seni rupa sendiri merupakan cabang dari seni yang dibuat dengan menggunakan media yang ditangkap secara visual, beserta juga akan bisa dirasakan dengan sentuhan.

Kesan ini akan dapat terbentuk dengan mengolah beberapa elemen, diantaranya seperti titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, volume serta acuan estetika.

Jika dilihat secara keseluruhan mengenai fungsinya, seni rupa ini masih akan dibagi menjadi dua jenis. Kedua jenis diantaranya adalah yakni seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni rupa yang berfungsi sebagai seni rupa murni pada proses penciptaannya akan jauh lebih menitikberatkan hanya berfokus pada ekspresi jiwa saja.

Seperti contohnya yakni sebuah lukisan, fotografi, dan berbagai macam lainnya.

Seni Tari

                                                             Sumber Image / cdn.pixabay.com

Jenis seni tari yang kedua adalah berupa seni tari. Dimana seni tari ini merupakan sebuah gerakan berirama yang akan dilakukan untuk dapat mengekspresikan perasaan maupun agar dapat menyampaikan pesan, yang juga akan dilakukan pada tempat dan waktu tertentu.

Gerakan tari yang akan ditampilkan merupakan wujud ekspresi dari jenis seni yang satu ini juga akan memiliki tujuan tertentu.

Tarian ini akan terdiri dari berbagai macam variasi. Baik yang berupa tari tradisional hingga dengan tarian yang modern.

Sebuah tarian belum dapat dikatakan seni jika di dalamnya belum memenuhi unsur-unsur, baik yang berupa unsur utama maupun unsur pendukung.

Dilihat secara keseluruhan mengenai unsur utama dari tari ini terdiri dari tiga unsur yaitu wiraga, wirama, dan wirasa atau raga, irama dan juga rasa.

Sementara itu, yang termasuk ke dalam unsur pendukung seni tari adalah berupa ragam gerak dan iringan, kostum, rias, beserta pola lantai.

Musik

                                                            Sumber Image / cdn.pixabay.com

Musik juga merupakan salah satu dari contoh macam seni budaya. Yang mana seni musik ini merupakan hasil dari perpaduan antara nada irama, dan suara serta harmonisasi agar dapat menghasilkan suara yang terdengar harmonis.

Seni musik sendiri juga merupakan salah satu cabang dari seni budaya yang berfokus pada penggunaan irama, melodi dan tempo, beserta dengan berbagai macam instrumen lainnya.

Kebanyakan umumnya, seni musik ini akan banyak digunakan sebagai sarana untuk dapat menuangkan serta mengekspresikan suatu perasaan tertentu dari penciptanya.

Seiring dengan berkembangnya waktu ke waktu, maka seni musik ini juga akan mengalami berbagai macam perubahan.

Seni Kriya

                                                            Sumber Image / media.istockphoto.com

Menilik kembali dari pengertian yang mengenai seni budaya yang telah dijelaskan sebelumnya tadi, yakni segala hal menyangkut apa yang telah diciptakan oleh kekreatifitasan manusia sebagai cara untuk dapat berkembang dan bertahan dalam kehidupan masyarakat.

Bentuk dari jenis seni rupa yang selanjutnya ini dibuat guna untuk memenuhi serta agar dapat berkembang dan juga bertahan dalam kehidupan kelompok di tengah masyarakat.

Mengapa bisa dikatakan dengan yang demikian? Tidak lain adalah karena seni kriya ini merupakan suatu jenis atau macam seni budaya yang dibuat dengan kekreatifan tangan, beserta juga tak luput dari mempertimbangkan berbagai macam aspek seni serta fungsionalnya.

Sementara itu, istilah kriya ini sendiri diperoleh dari sebuah kata dalam Bahasa Sansekerta ‘kriya’ yang dapat diartikan sebagai membuat.

Seni kriya ini merupakan salah satu dari seni kerajinan tangan, dimana dalam proses pembuatannya akan menjadikan tangan sebagai peran utama.

Tahapan demi tahapan dalam pembuatannya juga akan menggunakan tangan secara langsung (handmade), serta akan sangat dibutuhkan keterampilan khusus untuk membuatnya.

Seni Teater

                                                    Sumber Image / media.istockphoto.com

Seni teater merupakan jenis atau macam seni budaya yang terakhir. Dimana seni yang satu ini adalah merupakan sebuah seni pertunjukan yang dalam penampilannya akan dibutuhkan panggung sebagai media utama.

Bukan hanya itu, seni ini juga dapat diartikan sebagai seni drama, yang mana di dalamnya akan secara langsung menampilkan perilaku manusia, juga disertai dengan gerakan tubuh, nyanyian, dan sekaligus tarian yang berdasarkan atas dialog yang akan diperankan oleh para pemainnya.

Pengertian luas mengenai seni teater ini maka akan dapat didefinisikan sebagai seni budaya yang ditampilkan dengan berperan atau berakting agar dapat ditampilkan diatas panggung nantinya.

Sementara untuk pengertian secara sempit mengenai seni teater ini dapat diartikan sebagai adegan-adegan yang berhubungan erat dengan kisah perjalanan hidup seseorang.


Itu tadi sedikit penjelasan mengenai seni budaya yang dapat kami uraikan kepada Anda. Tidak ada harapan lain kecuali agar Anda dapat memperoleh manfaat setelah membaca artikel kami ini.

Sekian dari kami, dan terimakasih.