Seni Desain

seni-desain
Sumber: photoshop

Seni Desain – Seni desain merupakan salah satu wujud dari karya seni terapan yang dapat Anda temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, seni desain ini sendiri masih terdapat beberapa unsur yang mungkin belum pernah Anda pahami sebelumnya.

Nah, maka dari itu telah kami ulas di bawah ini dengan jelas mengenai seni desain ini agar dapat membantu Anda untuk mengenalnya lebih dalam lagi.

Pengertian Seni Desain

                                                 Sumber Image / media.istockphoto.com

Desain merupakan sebuah titik proses demi proses untuk dapat membuat maupun menciptakan suatu objek yang baru.

Bukan hanya itu, desain ini juga dapat diartikan sebagai salah satu dari hasil karya seni terapan, seni industri, seni guna, seni arsitektur serta berbagai macam jenis pencapaian kreatif yang lainnya.

Seni desain juga merupakan sebuah dasar aktivitas yang di dalamnya menggunakan unsur objektif untuk dapat mengekspresikan gagasan visualnya.

Unsur objektif karya seni desain itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut di bawah ini.

  • Prinsip sains (fisika)
  • Produksi (industry)
  • Estetik (gaya visual)
  • Lingkungan (sosial)
  • Rekayasa (teknologi)
  • Pasar (kebutuhan masyarakat)
  • Budaya (gaya hidup, aturan, sikap, mentalitas)
  •  Bahan (sumber daya alam)

Beberapa unsur-unsur objektif dari suatu karya seni desain tersebut masih akan bisa berubah seiring berjalannya waktu tergantung dengan pendekatan serta jenis desainnya.

Fungsi Seni Desain

                                                          Sumber Image / media.istockphoto.com

Terdapat beberapa fungsi yang ada di dalam seni desain, penjelasan selengkapnya akan kami ulas berikut di bawah ini:

  • Berfungsi untuk dapat membuat maupun menciptakan suatu objek yang baru
  • Berfungsi sebagai alat yang bisa mengomunikasikan sebuah karya cipta baru desainer pada khalayak umum di luar sana
  • Berfungsi sebagai titik tumpu wadah untuk menampilkan objek pada masyarakat, baik yang berupa suatu gambaran maupun yang nyata
  • Berfungsi sebagai bentuk dari pemberian ilmu pengetahuan serta wawasan kepada manusia agar dapat mengerti akan bentuk penggambaran suatu bidang tertentu, ruang, dan berbagai macam lainnya

Prinsip Seni Desain

                                                              Sumber Image / cdn.pixabay.com

Prinsip seni desain sendiri mencakup seperti:

  • Kesatuan
  • Urutan
  • Skala
  • Perbandingan
  • Keseimbangan
  • Fokus
  • Irama

Metode Seni Desain

                                                        Sumber Image / media.istockphoto.com

Begitupun dengan metode seni desain yang masih akan dibagi kedalam beberapa golongan, diantaranya adalah sebagai berikut di bawah ini:

Exploding

Metode seni desain yang pertama adalah eksploding. Yang mana eksploding ini merupakan metode dalam mencari sebuah inspirasi dengan pola pikir  yang kritis agar dapat menghasilkan suatu desain yang belum pernah diciptakan sama sekali sebelumnya.

Redefining

Sementara redefining merupakan sebuah metode dalam mengolah kembali suatu desain tertentu agar menjadi ke dalam bentuk yang berbeda dan jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Managing

Managing merupakan sebuah metode untuk menciptakan desain secara berkelanjutan dan tentunya secara terus menerus

Prototyping

Berbeda lagi dengan metode prototyping ini yang berfungsi sebagai metode untuk dapat memperbaiki atau memodifikasi ulang hasill desain karya nenek moyang.

Trendspotting

Metode terakhir yang berupa trendspotting ini merupakan sebuah metode untuk membuat suatu desain yang beratas dasarkan pada tren yang sedang berkembang.

Jenis-Jenis Cabang Seni Desain

                                                            Sumber Image / cdn.pixabay.com

Berikut di bawah ini akan kami beri sedikit penjelasan mengenai beberapa macam contoh seni desain yang wajib Anda ketahui, diantaranya adalah seperti:

Desain Grafis

                                                              Sumber Image / cdn.pixabay.com

Jenis cabang seni desain yang pertama berupa desain grafis ini merupakan suatu wujud bentuk dari komunikasi visual yang akan digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan maupun informasi seefektif mungkin dengan menggunakan bantuan media gambar.

Terlebih lagi dalam seni grafis teks atau tulisannya juga dianggap sebagai gambar, karena memang pada dasarnya merupakan sebuah hasil dari abstraksi simbol yang bisa dibunyikan.

Dapat dikatakan juga bahwasanya seni desain grafis merupakan salah satu bagian dari seni rupa yang di dalamnya berusaha agar dapat memenuhi kebutuhan praktis atau fungsional manusia yang diperoleh dari hasil komunikasi visual dalam bentuk seni cetak.

Diantara contoh yang bisa kita ambil dalam kehidupan sehari-hari adalah seperti poster, majalah, undangan, surat kabar, logo, perusahaan, kemasan, buku, cerita bergambar, karikatur, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Semenatara itu, seni desain grafis ini bisa merujuk kepada beberapa metode, diantaranya seperti metode merancang, proses pembuatan, dan sebuah produk yang dihasilkan atau berhasil dirancang, maupun yang berupa disiplin ilmu yang digunakan atau desain.

Adapun yang termasuk ke dalam keterampilan visual maupun kognitif seni desain grafis yakni yang termasuk didalamnya berupa pengolahan gambar, tata letak, tipografi, ilustrasi, juga fotografi.

Desain Interior

                                                                 Sumber Image / cdn.pixabay.com

Desain interior merupakan bagian dari salah satu bidang keilmuan yang mana akan didasarkan pada ilmu desain.

Dengan misi tujuan utama yakni agar dapat memecahkan permasalahan akan kebutuhan suatu ruangan yang terasa begitu nyaman dan indah dalam sebuah tempat tinggal.

Diantaranya seperti ruangan rumah tinggal, hotel, rumah sakit, restoran, kantor, pusat hiburan, sekolah, bahkan yang berupa ruang dapur, juga toilet.

Desain Arsitektur

                                                            Sumber Image / cdn.pixabay.com

Berbeda lagi dengan desain arsitektur yang mana merupakan suatu kegiatan yang sangat keras berupaya dalam memecahkan akan kebutuhan manusia, seperti tempat tinggal yang nyaman dan indah.

Diantaranya seperti rumah untuk tempat tinggal, perkantoran, tempat ibadah, rumah sakit, bangunan umum, bangunan industri, dan masih banyak lagi berbagai macam contoh lain sebagainya.

Membahas lebih jauh mengenai seni arsitektur ini maka masih akan dibagi dengan dua macam pandangan yang berbeda.

Dan diantara keduanya yaitu suatu pandangan yang menempatkan desain arsitektur sebagai bagian dari bidang keahlian teknik (keinsinyuran), beserta sudut pandang yang menempatkan desain arsitektur menjadi salah satu bagian dari seni.

Desain Produk

                                                                Sumber Image / cdn.pixabay.com

Tujuan Seni Desain

                                                       Sumber Image / media.istockphoto.com

Desain produk ini merupakan bentuk dari salah satu cabang seni terapan yang berupaya agar dapat memecahkan suatu permasalahan dalam berbagai macam kebutuhan masyarakat akan benda pakai beserta dengan peralatan sehari-hari untuk dapat menunjang kehidupannya.

Adapun sebagai contohnya yakni seperti desainer produk yang mendesain sepatu bukan hanya agar dapat menjadikan sepatu tersebut tampak bagus, akan tetapi juga mementingkan poin bagaimana sepatu tersebut bisa nyaman saat dipakai, dan mudah diproduksi.

Sementara tujuan dari sebuah desain yang ingin dicapai oleh para desainer adalah sebagai berikut.

  • Agar dapat menyesuaikan antara hasil dan manusia dimana sebagai penggunanya, serta tidak lupa untuk tetap menyadari akan kelebihan dan keterbatasan kemampuan yang telah dimiliki
  • Agar bisa untuk mendapatkan jaminan keamanan, kenyamanan, dan bentuk keindahan dengan memadukan berbagai macam unsur seni dan teknologi
  • Agar dapat meningkatkan nilai efisiensi, hasil produktivitas, serta kualitas hidup manusia itu sendiri

Manfaat Seni Desain

                                                     Sumber Image / media.istockphoto.com

Adapun beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari seni desain ini adalah seperti:

  • Dapat membantu untuk mempercepat proses pekerjaan
  • Dapat menjadi sebagai sarana untuk menyampaikan pesan tertentu dalam bentuk grafis
  • Dapat menjadi sebagai tempat untuk bisa mengungkapkan perasaan
  • Dapat memberikan hasil dari sebuah gambar yang jauh lebih terkesan menarik dan indah
  • Dapat ikut membantu untuk mencukupi kebutuhan finansial

Cukup sampai disini saja penjelasan seni desain yang meliputi pengertian, fungsi, tujuan, manfaat, prinsip, metode, dan jenis-jenisnya tadi.

Salam hangat dari kami, sekian dan terimakasih.