Seni Ilustrasi

seni ilustrasi
Sumber: photoshop

Seni Ilustrasi – Pada saat kita membaca sebuah buku tentu akan menemukan berbagai macam gambar di dalamnya. Tahukah Anda jika gambar tersebut merupakan terapan dari seni ilustrasi?

Ya, kerap kali memang seni yang satu ini akan memiliki peran tersendiri dalam penggunaannya. Oleh karena hasil karya dari seni ini dapat menarik banyak minat orang dengan keindahan rupanya.

Mau tahu kelanjutan seni ilustrasi? Yuk segera simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Seni Ilustrasi

                                                                 Sumber Image / media.istockphoto.com

Arti makna kata ilustrasi sendiri diperoleh melalui dari kata bahasa latin yaitu “illustrate” yang artinya menyalakan, bisa juga membuat cahaya atau menerangi, yang mana maknanya dapat diartikan sebagai “sesuatu yang dapat menerangkan atau menjelaskan”.

Datang juga dari pendapat lain yang mengatakan bahwa kata ilustrasi berasal dari bahasa Belanda, yakni illustratie.

Yang tak lain arti kata dari maknanya adalah sebuah hiasan yang disertai dengan gambar atau bisa juga berupa pembuatan sesuatu yang jelas (Nurhadiat dan Dedi, 2004, hlm.54).

Jadi, secara global mengenai seni yang satu ini merupakan sebuah gambar atau foto yang akan dijadikan untuk sebagai media agar dapat menjelaskan suatu teks maupun naskah tertentu.

Dan hasil akhirnya, dapat disimpulkan bahwa seni ilustrasi merupakan sebuah hiasan berwujud gambar yang memiliki fungsi tersendiri untuk menerangkan ataupun menjelaskan suatu tertentu. 

Makna Ilustrasi Menurut KBBI

                                                                     Sumber Image / cdn.pixabay.com

Sementara ditilik dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilustrasi merupakan sebuah gambar bisa berupa foto atau lukisan, agar dapat menjadikan isi buku lebih jelas lagi, karangan, dan lain sebagainya (KBBI Daring, 2016).

Dan juga, secara spesifiknya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Sendiri telah dibahas, bahwasanya ilustrasi merupakan sebuah gambar atau foto yang berguna untuk memperjelas isi buku, karangan, serta berbagai macam lainnya.

Bahkan, kamus Oxford juga turut berperan penting untuk melengkapinya dengan sebuah pernyataan, bahwasanya ilustrasi hanya bisa digunakan sebagai bahan dekorasi saja, tidak lebih.

Pengertian Seni Ilustrasi Menurut Para Ahli

                                                                      Sumber Image / cdn.pixabay.com

Berikut dibawah ini merupakan beberapa daftar pendapat dari para ahli mengenai seni ilustrasi, yang setidaknya bisa Anda jadikan sebagai referensi, diantaranya sebagai berikut:

Soedarsono SP

Pendapat pertama datang dari seorang tokoh bernama Soedarsono SP, beliau mengatakan bahwasanya ilustrasi merupakan  sebuah seni melukis atau sebuah  seni menggambar yang kemudian akan diabadikan untuk kepentingan hal lainnya.

Selain itu, bisa juga memberikan penjelasan atau mengiringi suatu pengertian, seperti dengan contoh ilustrasi pada cerpen (Soedarsono, 1990 hlm.1).

Rohidi

Sedangkan pendapat kedua datang dari Rohidi, beliau memiliki pendapat bahwasanya ilustrasi merupakan sebuah penggambaran sesuatu melalui elemen seni rupa agar dapat lebih berfungsi untuk menerangkan, menjelaskan, maupun untuk memperindah suatu teks.

Yang mana dari hal tersebut akan dapat menjadikan para pembaca bisa ikut merasakan secara langsung melalui sifat-sifat gerak, serta dari kesan cerita yang ditimbulkan (Rohidi, 1984, hlm.87).

Garha

Pendapat lain juga diberikan oleh seorang tokoh yang bernama Garha. Yang mana menurutnya ilustrasi adalah sebuah pembentukan gambar bertema maupun gambar adegan.

Yang nantinya akan dapat menggambarkan suatu peristiwa agar dapat memberikan suatu keterangan tertentu (Graha, 1980, hlm.30).

Rasjoyo

Seorang tokoh yang bernama Rasjoyo ini pun telah ikut andil dalam mengutarakan pendapatnya dalam sebuah kutipan bukunya (Rasjoyo, hlm,63).

Adapun pendapat Rasjoyo menjelaskan bahwasanya ilustrasi merupakan sebuah wujud karya dari seni rupa, dengan tujuan utamanya agar dapat memperjelas sesuatu atau menerangkan sesuatu, diantaranya adalah seperti cerita, naskah, musik, dan gambar.

Fariz

Tokoh terakhir ini memberikan pendapatnya, bahwa ilustrasi merupakan suatu bentuk ekspektasi dari sesuatu yang tidak mungkin akan menjadi nyata, yang tidak lain layaknya seperti sebuah angan-angan, yang biasanya bersifat virtual atau maya.

Serta juga sebuah ilustrasi yang turut hadir dalam sebuah karya seni sebagai diversifikasi, yang bisa meliputi diantaranya tulisan, gambar, serta suara (Faris, 2009, hlm.14). 

Fungsi Seni Ilustrasi

                                                                        Sumber Image / cdn.pixabay.com

Perlu untuk Anda ketahui, bahwasanya fungsi yang mencakup seni ilustrasi ini masih dibedakan atas 2 kategori, diantaranya adalah fungsi seni ilustrasi secara umum dan secara khusus.

Nah, untuk memperjelas perbedaan antara keduanya, maka telah kami uraikan sebagai berikut di bawah ini.

Fungsi Seni Ilustrasi Secara Umum

  • Sarana untuk mempromosikan produk

Kebanyakan pada umumnya, seni ilustrasi ini akan digunakan sebagai media untuk mempromosikan sebuah produk tertentu.

Seperti yang bisa kita jadikan contoh adalah seperti pada kemasan suatu produk, maka untuk menarik banyak minat konsumen sudah tentu akan membutuhkan desain yang terlihat bagus serta menarik.

Tidak tidak dan tidak bukan tujuan utama dari hal ini adalah agar dapat menarik hati para konsumen untuk membeli produk yang telah dipromosikan.

  • Menarik perhatian pembaca untuk membaca judul

Selain dari fungsi yang tadi, seni ilustrasi juga berfungsi sebagai media untuk menarik perhatian pembaca dari sebuah judul yang merupakan salah satu hal yang menjadi salah satu faktor dengan pengaruh besar pada minat pembaca, agar berminat untuk membaca isinya hingga akhir.

Sudah pasti tentunya, dalam hal ini seni ilustrasi pasti akan sangat dibutuhkan.

  • Menarik perhatian pembaca untuk memahami isi

Dengan diikut sertakan sebuah hasil karya gambar dari seni ilustrasi pada sebuah teks atau informasi, maka tentu akan dapat dengan mudah dipahami oleh para pembacanya.

Maka secara tidak langsung, dengan hal ini tentu akan menjadikan seni ilustrasi dapat memberikan sebuah penjelasan atau bisa lebih dengan memperjelas sebuah informasi atau teks yang akan disampaikan. 

  • Untuk mempermudah dalam mengungkapkan suatu kejadian

Dengan pengikut sertaan peran sebuah ilustrasi dalam sebuah cerita, maka seseorang akan sangat mudah dalam mengungkapkan gambaran atas suatu kejadian yang pernah dialami, bahkan juga sebuah kejadian yang belum terjadi pun menggunakan media gambar.

Yang mana, tentunya dengan begitu maka kejadian tersebut akan mudah dimengerti oleh orang lain, sekalipun tidak ditulis secara rinci.

  • Untuk menggambarkan sesuatu

Dari sebuah gambar ilustrasi, tentu juga akan dapat memudahkan orang lain cepat paham mengenai akan sebuah maksud dari suatu cerita atau informasi.

Maka dengan begitu, dari sebuah pesan atau tulisan yang digunakan akan menjadi lebih singkat, oleh karena dengan menggunakan sebuah gambar ilustrasi saja orang sudah dapat memahami akan maksud dari informasi yang disampaikan.

  • Mengandung nilai estetika

Fungsi lain dari gambar ilustrasi adalah juga dapat mengandung sebuah nilai estetika seperti layaknya dengan gambar ilustrasi wajah seseorang.

Yang mana, tidak hanya berguna sebagai media dalam memberikan penjelasan mengenai suatu teks atau informasi saja.

Fungsi Seni Ilustrasi Secara Khusus

  • Deskriptif: Berfungsi untuk memberikan serta menjabarkan arti dari sebuah tulisan yang banyak dengan gambar. Maka, walaupun hanya dengan melihat suatu gambar akan mudah dipahami maksud dari tulisan tersebut.
  • Ekspresif: Berfungsi sebagai media untuk mengekspresikan dari sebuah ide atau gagasan yang dimiliki walau hanya dengan sebuah gambar.
  • Kualitatif: Sebuah gambar ilustrasi juga berfungsi sebagai pembuatan sebuah tabel, simbol, grafik, dan berbagai macam contoh lainnya.
  • Analisis: Fungsi lain dari gambar ilustrasi adalah untuk menjelaskan bagian-bagian pada sebuah gambar benda tertentu secara rinci.

Jenis-Jenis Seni Ilustrasi

                                                                         Sumber Image / cdn.pixabay.com

Beriringan dengan berjalannya perkembangan seni ilustrasi yang begitu pesat, maka tidak akan menghiraukan lagi jika menjadikan jenis ilustrasi tersebut menjadi semakin beragam.

Nah, mengenai berbagai macam jenis seni ilustrasi tersebut diantaranya telah kami jelaskan berikut di bawah ini:

1. Gambar Karikatur

                                                                   Sumber Image / cdn.pixabay.com

Kebanyakan umumnya, sebuah gambar karikatur akan dapat kita temukan pada sebuah majalah maupun koran.

Adapun karikatur sendiri merupakan sebuah gambar yang dibuat dengan penggambaran suatu objek yang konkret, kurang lebihnya dengan melebih-lebihkan ciri khas dari objek itu sendiri.

Perlu Anda ketahui, bahwasanya kata karikatur diperoleh melalui Bahasa Italia yaitu caricare yang dapat diartikan “memberi muatan atau melebih-lebihkan”.

Pada umumnya, sebuah gambar karikatur juga dimaksudkan agar dapat menimbulkan kesan humoris, kritikan, maupun sindiran.

Yang mana, dalam penggambarannya sudah sudah terdapat penyimpangan proporsi tubuh di dalamnya, baik yang berupa objek manusia maupun hewan.

2. Gambar Kartun

                                                                      Sumber Image / cdn.pixabay.com

Sebuah gambar kartun akan sangat mudah kita jumpai di lingkungan sekitar kita, terlebih lagi pada saat kita membaca majalah atau buku anak-anak, tidak jarang di dalamnya akan dibubuhi dengan gambar kartun tertentu.

Tidak lain dan tidak bukan, hal utama dengan dihadirkannya gambar kartun pada buku bacaan ini adalah agar dapat memalingkan perhatian anak-anak untuk lebih sering serta berlama-lama dalam membaca.

3. Cerita Bergambar atau Komik

                                                                        Sumber Image / media.istockphoto.com

Dari dalam sebuah gambar cerita maupun komik, gambar ilustrasi juga bisa digunakan agar dapat dengan mudah pada saat digunakan dalam menyatukan suatu tempat, serta juga dapat mendeskripsikan sebuah cerita dari sudut pandang.

Yang secara tidak langsung akan dapat menjadikan para pembacanya terhipnotis serta tertarik untuk terus mengikuti hingga akhir dari alur cerita tersebut,\

4. Gambar Ilustrasi Dekoratif

                                                              Sumber Image / media.istockphoto.com

Fungsi lain yang dapat diperoleh dari sebuah gambar ilustrasi ini adalah sebagai ilustrasi dekoratif,

Yang mana ilustrasi dekoratif sendiri merupakan sebuah gambar yang berfungsi menghiasi sesuatu dengan sebuah bentuk yang disengajakan dibuat dengan sesederhana mungkin, maupun bias juga dilebih-lebihkan dengan menggunakan tipe gaya atau model tertentu.

5. Gambar Ilustrasi Naturalis atau Realis

                                                                  Sumber Image / media.istockphoto.com

Adapun yang dimaksud dengan gambar ilustrasi naturalis ini merupakan sebuah gambar ilustrasi yang di dalamnya memiliki warna serta bentuk yang sama dengan bentuk aslinya di alam, tanpa mengikut sertakan suatu penambahan atau pengurangan tertentu.

6. Karya Sastra

                                          Sumber Image / cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Kebanyakan umumnya, gambar ilustrasi dari sebuah karya sastra dapat kita temukan di dalam buku pelajaran.

Yang mana, gambar ilustrasi ini akan berfungsi agar dapat memberikan sebuah pengetahuan, serta juga dapat memperjelas dan mempertegas suatu peristiwa tertentu.

Contoh lain yang bisa kita temukan dalam bentuk gambar ilustrasi ini adalah pada sebuah cerita pendek, puisi, maupun sajak.

Yang tentunya akan dapat lebih menarik dan dapat menjadi gambaran dalam sebuah tulisan.

7. Ilustrasi Khayalan

                                                                 Sumber Image / media.istockphoto.com

Adapun bentuk dari gambar ilustrasi khayalan adalah merupakan sebuah gambar ilustrasi yang dapat dihasilkan dari imajinasi sang pembuatnya.

Contoh umum jenis ilustrasi yang satu ini akan banyak digunakan pada sebuah komik, novel, roma, serta berbagai macam jenis lainnya.

Manfaat Seni Ilustrasi

                                                               Sumber Image / media.istockphoto.com

Perlu untuk Anda ketahui, bahwasanya dari sebuah gambar ilustrasi akan mengandung arti dan makna tersirat di dalamnya.

Nah, dari gambar tersebutlah yang dapat membantu kita dalam memahami sebuah arti kata tersirat pada suatu tulisan tertentu dengan bentuk gambar.

Dibawah ini merupakan beberapa daftar dari manfaat seni ilustrasi yang dapat Anda ketahui:

  • Sebagai sarana untuk berkomunikasi

Dapat diartikan secara umum, bahwa sebuah gambar dapat mendeskripsikan dari tulisan yang disampaikan.

  • Menjelaskan secara singkat mengenai sebuah tulisan atau cerita

Dengan keikutsertaan sebuah gambar ilustrasi, maka secara tidak langsung akan menjadikan suatu tulisan atau alur cerita akan lebih mudah untuk dipahami, pun dimengerti.

  • Memberikan hiburan bagi pembaca

Rasa bosan kerap kali akan datang pada saat kita membaca tulisan banyak-banyak, maka tak ayal jika seorang penulis akan menggunakan gambar ilustrasi, yang mana akan menjadikan suasana menjadi lebih hidup.

  • Meningkatkan nilai estetika pada sebuah gambar atau tulisan

Sebuah gambar ilustrasi juga akan menjadikan pembacanya dapat memahami serta memaknai dari sebuah isi pesan  yang disampaikan oleh sang penulis secara mudah.

  • Memudahkan dalam memahami sebuah tulisan

Fungsi lain yang dapat diperoleh dari seni yang satu ini adalah juga dapat membantu kita untuk menemukan arti makna dari sebuah tulisan yang kita baca secara keseluruhan.

Contoh Seni Ilustrasi

                                                            Sumber Image / media.istockphoto.com

Alangkah baiknya setelah Anda mempelajari seni ilustrasi tadi, juga seharusnya mengetahui beberapa contoh dari seni ilustrasi berikut dibawah ini:

1. Majalah

                                                                 Sumber Image / media.istockphoto.com

Jika Anda suka untuk membaca sebuah majalah, tentu Anda sudah tahu bahwa pada umumnya adalah memuat majalah fashion, yang mana sebuah gambar ilustrasi tentu akan memiliki pengaruh dan nilai yang sangat penting di dalamnya.

Mengapa bisa dikatakan yang demikian? Oleh karena gambar ilustrasi dapat membantu konsumen untuk mengenal sebuah produk yang akan ditawarkan, sehingga akan dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut.

2. Komik

                                                             Sumber Image / media.istockphoto.com

Komik merupakan sebuah karya seni yang mengkolaborasikan diantara beberapa rangkaian gambar, yang mana kemudian akan disusun sehingga dapat menjadi sebuah karya seni yang baik serta menarik.

3. Cover

                                                                 Sumber Image / media.istockphoto.com

Seiring dengan perkembangan yang begitu pesat seperti pada saat ini, tentu akan mustahil jika dari setiap buku yang kita baca tidak memiliki cover atau sampul.

Karena daya tarik utama pada sebuah buku untuk dapat menarik minat pembaca adalah terdapat pada keindahan gambar ilustrasi di dalamnya.

Pun juga, dengan sebuah buku pelajaran yang dapat menimbulkan rasa kebosanan yang amat sangat jika telah diisi dengan gambar ilustrasi tentu akan dapat menghilangkan sedikit rasa bosan tersebut.

Karena dari sebuah gambar ilustrasi juga akan dapat memudahkan bagi siswa dalam memahami isi materi dari suatu pelajaran.

Prinsip Prinsip dalam Seni Ilustrasi

                                                                       Sumber Image / media.istockphoto.com

Seni ilustrasi juga mengandung beberapa prinsip yang setidaknya harus Anda perhatikan, diantaranya adalah:

  1. Sebuah gambar ilustrasi harus sesuai atau cocok dengan sasaran/target yang akan membaca (anak-anak, remaja, maupun dewasa).
  2. Dari objek yang dibuat juga harus sesuai dengan isi tulisan atau maksud dari sebuah cerita
  3. Terkesan menariik serta mudah untuk dimengerti

Tahapan dan Cara Membuat Ilustrasi

                                                            Sumber Image / media.istockphoto.com

Jika Anda akan melakukan pembuatan seni ilustrasi, maka sudah sepatutnya untuk Anda mengikuti beberapa proses atau tahapan yang harus Anda lakukan.

Berikut dibawah ini adalah merupakan cara membuat gambar pemandangan seni ilustrasi beserta dengan tahapan-tahapannya:

  1. Memastikan dari sebuah ide dan konsep yang berdasarkan kepada isi cerita atau narasi
  2. Menentukan jenis seni ilustrasi yang akan dibuat
  3. Terlebih dahulu harus menggambar sketsa global yang disesuaikan dengan isi cerita atau narasi
  4. Menambahkan warna pada objeknya yang harus sesuai dengan karakter cerita

Usai sudah penjelasan kami mengenai seni ilustrasi tadi, tidak ada pengharapan lebih dari kami selain mengharap agar Anda dapat memperoleh manfaat setelah membaca artikel kami tadi.

Salam sejahtera, dan terimakasih dari kami.