Seni Instalasi

seni instalasi
Sumber: photoshop

Seni Instalasi – Pernah terlintaskah sebelumnya di benak Anda, bahwasanya di sekitar kita terdapat wujud nyata dari hasil karya seni instalasi?

Bisa jadi Anda belum menyadarinya, akibat dari kurangnya pengetahuan jenis seni rupa yang satu ini. Tapi tak mengapa, disini kami akan bahas secara rinci mengenai seni instalasi.

Tidak perlu basa-basi, langsung saja simak kutipan artikel berikut ini.

Pengertian Seni Instalasi

                                                                   Sumber Image / www.casaindonesia.com

Asal muasal kata instalasi ini yakni diambil diperoleh dari bahasa inggris, yaitu Installation dengan sebuah arti ‘pemasangan’ atau bisa juga dengan ‘menempatkan’.

Yang menjadikan seni instalasi ini berkaitan erat dengan pemasangan sesuatu tertentu, yakni berupa karya seni yang akan dipamerkan.

Adapun cara dalam pembuatan seni instalasi ini yakni dengan dibuat secara menyusun, merakit serat memasangkan berbagai campuran media seni, baik yang berupa 2 dimensi maupun 3 dimensi, sehingga akan membentuk satu kesatuan yang terlihat realitas dan memiliki makna baru.

Akan beda lagi halnya dengan dengan seni lukis maupun yang secara simplenya hanya tinggal dipajang saja.

Oleh karena seni yang satu ini terdiri atas banyak benda, baik yang berupa benda seni, maupun benda lain di luar konteks seni rupa, maka terlebih dahulu seni instalasi ini harus dipasang dan disusun.

Seperti contoh, adanya bentangan tali yang mau tidak mau harus diikat sedemikian rupa pada sebuah karyanya.

Bisa juga dengan menggunakan cara lain, yakni karya yang terlebih dahulu harus dirakit sebelum membentuk satu kesatuan.

Dikutip dari kamu Oxford, dapat diartikan sebagai wujud dari tindakan untuk menempatkan peralatan atau furniture tepat pada posisinya, sehingga bisa digunakan.

Latar belakang umum tujuan dari penempatan yang dimaksudkan ini adalah agar dapat dengan mudah dipakai.

Khususnya pada seni instalasi, penggunaan tindakan tersebut dimaksudkan agar hasil dari karya tersebut bisa dipamerkan pada khalayak umum.

Sejarah Seni Instalasi

                                                              Sumber Image / www.casaindonesia.com

Ditorehkan oleh seorang tokoh bernama Robert A sekitar tahun 1990 an, untuk pertama kalinya seni instalasi ini muncul pada periode aliran Pop Art, berkisar antara tahun 1950 sampai dengan 1970 an.

Pada saat awal kemunculannya, ditandai oleh karya Judy Pfaff yang menghasilkan sebuah karya yang bertemakan tentang taman bawah laut.

Juga semakin dibuat mempesona dengan kehadiran dari ribuan sampah yang begitu terlihat fantastis serta monumental bagi orang-orang yang menikmati hasil karyanya.

Walaupun kenyataannya jenis seni yang satu ini telah muncul sekitar tahun 1950 an, akan tetapi untuk di wilayah Amerika Serikat sendiri baru pertama kali berkembang pada saat tahun 1970 an.

Diketahui juga terdapat pendapat yang datang dari sumber lain, yang mengatakan bahwasanya awal seni instalasi ini dikembangkan oleh salah satu teknik yang bisa dikategorikan masih baru di masanya, yakni berupa teknik assemblasi atau assemblage.

Yang mana assemblasi ini merupakan bentuk dari sebuah teknik modifikasi maupun bisa juga dengan mengkolaborasikan berbagai objek agar dapat menghasilkan satu kesatuan yang bisa menyerupai dengan bentuk seperti patung.

Sejarah mencatat, bahwa awal perkembangan seni teknik assemblasi ini yakni bersamaan dengan salah satu jenis seni rupa, berupa seni kubisme.

Baru kemudian turut disusul dengan perkembangan aliran selanjutnya, diantaranya seperti teknik dadaisme, surealisme, dan seni konseptual.

Berawal dari inilah yang menjadikan cikal bakal dari sebab lahirnya seni instalasi, oleh karena masih memberikan sentuhan dari pecahan kearifan kubisme.

Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya seni instalasi ini merupakan salah satu jenis produk yang berasal dari gelombang arus seni sebelum-sebelumnya.

Yang disertai dengan perkembangan zaman, hingga pada saat ini telah sampai di pelabuhan seni Post Modern atau yang banyak dikenal orang dengan sebutan “Seni Kontemporer”.

Perkembangan Seni Instalasi

                                                           Sumber Image / www.jagatreview.com

Khususnya di Indonesia sendiri, seni instalasi ini mulai berkembang pada saat kemunculan periode Seni Rupa Baru yang lahir pada sekitar tahun 1975 an.

Sedikitnya terdapat beberapa seniman muda yang turut menghadiri pada saat acara perkembangan seni instalasi di Indonesia, diantaranya adalah seperti B.Munni Ardhi, FX Harsono, Nyoman Nuarti, Jim Supangkat dan Hardi.

Mereka ingin untuk mempersembahkan sebuah karya seni yang tidak terikat dengan batasan-batasan nilai seni rupa yang ada, termasuk seperti jenis seni lukis, seni patung, 

Tokoh-Tokoh Seni Instalasi

                                                                              Sumber Image / www.tagar.id

Berikut dibawah ini merupakan daftar dari beberapa tokoh yang turut mempelopori adanya seni instalasi ini, diantaranya adalah:

  • Joseph Beuys (Jerman)
  • Daniel Buren (Perancis)
  • Hans Haacke
  • Robert Irwin

Sedangkan untuk beberapa daftar tokoh seniman yang turut telah mempopulerkan di Indonesia sendiri adalah sebagai berikut ini:

  • Teguh Ostenrik
  • Krisna Mukti
  • Andar Malik 002E
  • Heri Dono
  • Dadang Christanto
  • Tisna Sanjaya

Kategori Seni Instalasi

                                                                   Sumber Image / 1.bp.blogspot.com

Dapat ditilik melalui sebuah buku karya seseorang yang bernama Mark Rosenthal (2003), dengan judulnya ‘Understanding Installation Art’.

Yang mana dari buku tersebutlah dapat diartikan bahwa seni instalasi dapat digolongkan ke dalam 2 jenis kategori, diantaranya adalah site-specific dan filled-space installation.

Dari kedua buku tersebut akan kami berikan sedikit ulasan di dalamnya di bawah ini.

Instalasi Site-Specific

Kategori pertama yang berupa instalasi site-specific ini merupakan sebuah karya seni instalasi akan sangat bergantung dan beradaptasi dengan ruangan secara langsung.

Kategori jenis ini pada umumnya akan sangat kontekstual terhadap kondisi ruangannya, terlebih lagi bisa saja sampai dengan mengeksplorasi ruangan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Adapun maksud terselubung dari kategori ini adalah wujud serta makna juga akan terus ikut berubah pada saat sebuah karya diletakkan di dalam berbagai tempat yang berbeda-beda.

Baik berupa sebuah gedung galeri yang berbeda ruang, maupun dengan keadaan alam terbuka yang berbeda tempat sekalipun.

Terlebih lagi pada zaman sekarang ini, yang mana sudah banyak muncul kecenderungan pada sebuah hasil karya seni instalasi.

Diantara salah satunya adalah mengenai masalah eksternal yang berasal dari luar karyanya sendiri, misal pada lingkungannya.

Instalasi Filled-Space

Kategori jenis berikutnya ini merupakan seni instalasi yang mengisi suatu ruang, entah itu yang berupa suatu ruang nyata maupun dengan ruang alam yang terbuka.

Berbeda dengan jenis instalasi site-specific yang tadi, jenis kategori ini pada saat dipindahkan ke dalam ruangan yang lain sekalipun, maka akan tetap sama dengan bentuk seperti sedia kala.

Dengan artian kasarnya, bahwa karya seni ini sama sekali tidak akan ketergantungan pada suatu ruangan.

Ciri-Ciri Seni Instalasi

                                                                         Sumber Image /4.bp.blogspot.com

Berikut dibawah ini diantara ciri-ciri dari seni instalasi yang harus Anda ketahui:

  • Secara Visual

Salah satu ciri fisik seni ini yakni dengan memiliki ciri khas tersendiri yang di dapat dari penggabungan beberapa media yang akan menjadi satu kesatuan yang tampak selaras.

Sehingga akan menghasilkan suatu bentuk kesatuan baru yang tentunya mempunyai makna tertentu di dalamnya.

  • Secara Makna

Sementara ciri seni instalasi secara makna ini berupa, sebuah makna yang terkandung di dalam seni tersebut merupakan hal-hal yang tetap kukuh dengan sifat kontemporernya serta juga terdapat kritik, suatu sindiran maupun bentuk keprihatinan dari peristiwa yang terjadi saat ini.

Contoh Seni Instalasi

                                                                      Sumber Image / thumb.viva.co.id

Berikut di bawah ini merupakan beberapa hasil dari karya seni instalasi yang dapat Anda ketahui, atau bahkan mungkin masih belum Anda sadari sebelumnya.

  • Forever Bicycle, asal Brasil, tepatnya di daerah Sao Paulo
  • Aventura Mall Slide Tower, asal Amerika, tepatnya di daerah Miami
  • Bridging Home,asal Inggris, tepatnya di daerah London
  • Getih Getah, asal Indonesia, tepatnya di daerah Jakarta
  • The Constellation, asal Ibu Kota Emirat Arab, tepatnya di daerah Abu Dhabi 

Mengembangkan suatu pengetahuan tidak akan ada hasilnya, jika Anda hanya mengandalkan teori semata. Maka dari itu, setelah Anda membaca artikel kami tadi, ada kalanya Anda harus segera mencoba untuk menerapkannya.

Semoga berhasil, dan terimakasih.