Seni Rupa Terapan

seni rupa terapan
Sumber : photoshop

Seni rupa terapan – Belajar mengenai seni tidak cukup dari satu sumber saja loh. Karena ternyata, untuk menghasilkan sebuah seni dengan nilai maksimal diperlukan beberapa macam pengetahuan yang perlu untuk Anda pahami.

Sudah pasti tentunya dengan Anda mempelajari ilmu dari seni maka akan mendapatkan sebuah hasil karya yang tidak bisa dinilai harga keindahannya, salah satunya adalah seni rupa terapan ini.

Untuk itu, akan kami bantu wawasan Anda agar semakin luas mengenai seni rupa terapan di bawah ini.

Pengertian Seni Rupa Terapan

                                                    Sumber Image / 3.bp.blogspot.com

Mengulas tentang seni rupa terapan, seni rupa terapan merupakan salah satu jenis karya seni rupa yang sengaja diciptakan dengan fokus tujuan untuk memberi nilai fungsi, guna sebagai benda yang dapat dibandingkan nilai estetisnya.

Itulah mengapa, seni rupa dengan nama lain applied art ini banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari kita. Karena bukan hanya nilai estetis saja yang dimiliki, melainkan juga nilai praktis. Maka dari itulah, seni rupa terapan ini dapat memenuhi sebagian kebutuhan dalam aktifitas keseharian kita.

Berkat keutamaan fungsi utama yang dimiliki oleh seni rupa terapan inilah, yang membedakannya dengan seni rupa murni.

Terlebih lagi banyak yang menganggap bahwa membuat terapannya sedikit lebih sulit daripada saat membuat yang murni, sebab akan lebih bebas tanpa harus mempertimbangkan fungsi dalam karya seni tersebut.

Alibi tersebut mungkin akan terkesan klise jika membahas tentang seni, sebab untuk menilai karya sebuah seni juga bisa dilihat dari berbagai macam fungsinya.

Bahkan tidak mengherankan memang, jika membuat sebuah seni lukis bisa jadi lebih sulit bila dibandingkan dengan membuat bangunan rumah.

Ditelaah dari makna bahasanya, terap dapat berarti penerapan bisa juga dengan perwujudan dalam proses praktik yang bersifat aplikatif.

Adapun yang dimaksud dengan sifat aplikatif pada karya seni adalah sebuah proses pengaplikasian bentuk-bentuk fungsional demi memenuhi kebutuhan makhluk social manusia.

Diantara contoh wujud fungsional tersebut antara lain adalah pakaian, perabotan rumah tangga, perlengkapan ibadah, perlengkapan makan, perlengkapan pertunjukan, maupun yang lainnya.

Pada umumnya, pada saat penciptaannya bisa jadi masih diawali dengan proses perancangan atau desain.

Itulah mengapa istilah desain sejatinya juga masih berkaitan erat dengan  dengan seni rupa terapan yang mencakupinya secara luas, juga termasuk yang di dalamnya seperti kriya, arsitektur, dan lain sebagainya.

Fungsi Seni Rupa Terapan

                                                     Sumber Image / 4.bp.blogspot.com

Bahkan dalam kehidupan pun, karya seni rupa terapan juga berperan penting sebagai salah satu bentuk unsur seni budaya yang memiliki fungsi dalam kehidupan manusia, baik hanya untuk kebutuhan lahir atau batin dari seseorang.

Dalam penerapan di kehidupan sehari-hari, karya seni rupa akan terus berkembang jika fungsi-fungsinya masih terus melekat dalam pemaknaan seseorang.

Lebih hebatnya lagi, satu seni rupa terapan bahkan bisa memiliki lebih dari satu fungsi dalam penciptaannya.

Nah, untuk menambah wawasan Anda agar menjadi lebih luas, maka telah kami ulas fungsi dari karya seni rupa terapan agar Anda bisa menikmati dan memaknai karya seni rupa secara maksimal:

1. Fungsi Individual

Telah kita ketahui bahwasanya setiap manusia sudah pasti memiliki unsur psikis dan fisik secara masing-masing, yang bisa merasakan fungsi baik secara individual atau pribadi.

Adapun fungsi individual yang dimaksud dalam unsur seni fisik dapat berupa pencapaian kebutuhan hidup seperti pakaian, peralatan makan, rumah, transportasi, dan lain sebagainya.

Sementara untuk fungsi individual dalam unsur psikis atau emosional bisa yang berupa kenyamanan dan kesenangan pada saat penggunaan benda seni tersebut.

2. Fungsi Sosial

Karya seni terapan juga memiliki fungsi sosial yang dapat dinikmati dan bisa saja bermanfaat bagi banyak orang ataupun sebagian lingkungan tertentu.

Dalam penerapannya fungsi sosial karya seni dapat berupa hingga beberapa wujud seperti berikut di bawah ini :

  • Sebagai Rekreasi atau Hiburan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya, karya seni dapat menghilangkan rasa jenuh dari berbagai macam masalah kehidupan, seperi contoh beban pekerjaan, masalah pribadi, juga dengan masalah yang lainnya.

Beberapa diantara contoh karya seni terapan yang memiliki fungsi sebagai hiburan adalah film, komik, photo booth, juga contoh yang lainnya.

  • Sebagai Sarana Komunikasi

Karya seni juga bisa berperan sebagai media sebagai sumber informasi maupun menampung keluhan banyak orang untuk dijadikan sebagai wujud dari ekspresi diri.

Beberapa contoh karya seni terapan yang memiliki fungsi komunikasi adalah seperti iklan, poster, spanduk, website, dan lain sebagainya.

  • Sarana Pendidikan atau Edukasi

Seni terapan juga dapat berkolaborasi sebagai sarana penunjang dari bidang pendidikan, sebab aliran seni juga mampu untuk berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

Sebagai contoh karya seni yang memiliki fungsi dalam bidang pendidikan adalah seperti ilustrasi dalam buku pelajaran, poster tata cara prosedur suatu sistem tertentu, dan lain sebagainya.

  • Bentuk Religi atau Keagamaan

Selain dari bentuk sifat-sifat tadi yang diatas, seni rupa terapan juga bisa dijadikan sebagai media seseorang yang berhubungan dengan agama anutan mereka.

Terdapat beberapa contoh seni terapan yang bisa kita temukan dalam keagamaan seperti contoh pakaian religi modern, perabotan rumah tangga dengan nuansa religi, hingga dengan kebutuhan ibadah yang bermacam-macam.

Unsur Seni Rupa Terapan

Kami sarankan, jika Anda berniat untuk membuat karya seni terapan maka sangat diperlukan untuk memperhatikan dengan seksama mengenai beberapa unsur yang terdapat di dalamnya.

Oleh karenanya, karya seni terapan memiliki nilai fungsi yang cukup tinggi maka unsur-unsurnya juga harus digunakan, adapaun tujuan dari hal tersebut adalah agar karyanya yang dapat tercapai.

Telah kami uraikan beberapa unsur-unsur yang penting untuk Anda ketahui saat membuat karya seni terapan:

  • 1. Arah
  • 2. Garis
  • 3. Ukuran
  • 4. Bangunan atau Shape
  • 5. Warna
  • 6. Gelap Terang atau Value

Macam-macam Jenis Seni Rupa Terapan dan Contohnya

                                                   Sumber Image / binus.ac.id

Berikutnya, setelah mengetahui mengenai pengertian, fungsi, dan unsur seni rupa terapan, tentunya Anda sudah pasti dapat menemukan beberapa benda yang termasuk dalam jenis seni terapan di lingkungan sekitar.

Berikut dibawah ini dapat Anda ketahui macam-macam jenis seni rupa terapan disertai dengan contohnya yang bisa Anda temui dalam kehidupan sehari-hari:

1. Desain

Seni desain merupakan salah satu jenis karya yang meliputi secara keseluruhan mulai dari perancangan gambar sampai dengan benda pakai yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi, jenis karya ini hanya akan bisa kita temui pada sang penciptanya saja, atau orang yang membuat sebuah karya terapan tersebut.

Diantara contoh jenis seni terapan adalah yang berwujud seperti desain produk, desain brosur, desain kemasan, dan lain sebagainya.

2. Arsitektur

Macam-macam jenis seni rupa yang tak kalah penting selanjutnya adalah arsitektur. Arsitektur merupakan salah satu macam jenis dari seni terapan yang berfungsi untuk merancang sebuah bangunan tertentu, baik secara estetis maupun fungsinya.

Hal lain yang tak kalah penting untuk Anda ketahui adalah bisa jadi hunian yang sekarang Anda huni adalah merupakan hasil dari seni terapan.

Bukan hanya itu, banyak bangunan atau monumen-monumen bersejarah di Indonesia yang juga dapat menunjukkan seni terapan yang luar biasa.

3. Kriya Terapan

Khusus untuk jenis kriya ini, tidak dapat sembarang orang dapat menggunakannya dengan baik. Karena seni terapan yang berupa kriya ini adalah bentuk karya seni yang dibuat dengan keterampilan disertai dengan kemampuan kerajinan tangan yang membutuhkan keahlian khusus dalam pembuatannya.

Itulah mengapa, tidak mengherankan memang jika telah banyak dari produk hasil seni kriya yang memiliki nilai guna tinggi, yang kemudian bisa digunakan untuk membantu kehidupan sehari-hari.

Salah satu contoh seni terapan jenis kriya adalah berbagai macam keramik, seperti piring keramik, gelas keramik, asbak keramik, vas keramik, teko keramik, dan lain sebagainya.

4. Pakaian dan Perlengkapan Busana

Pada umur berapakah Anda mengetahui jika pakain yang kita kenakan sehari-hari adalah merupakan hasil dari seni terapan yang mungkin saja paling populer, bahkan sampai saat ini pu, pakaikan dengan segala bentuk fashion terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Khususnya di Indonesia yang memiliki berbagai macam seni terapan, baik dalam bentuk pakaian mulai dari tradisional yang sudah disinyalir ada sejak zaman dahulu sampai dengan perkembangan busana modern seperti pada saat ini.

Sebagai contoh untuk pakaian tradisional Indonesia adalah pakaian adat dari berbagai macam daerah yang mungkin sudah jarang dipakai, akan tetapai hingga saat ini pun masih tetap dilestarikan.

5. Gambar Ilustrasi

Sedikit pengertian dari ilustrasi adalah, ilustrasi merupakan bentuk dari gambar-gambar petunjuk yang dimaksudkan untuk memberikan konteks lebih terhadap penjelasan teks.

Dalam penerapannya, ilustrasi akan banyak ditemukan dan juga digunakan dalam berbagai macam kebutuhan seperti surat kabar, poster, iklan, maupun bentuk karya seni pendukung lainnya.

Sebuah karya ilustrasi bisa dikategorikan ke dalam karya murni yang kemudian bisa dimaksimalkan agar menjadi karya terapan yang jauh lebih berguna.

6. Patung Terapan

Secara fungsional beberapa bentuk dari patung bisa menjadi seni terapan saat diciptakan agar untuk tujuan tertentu.

Seperti contoh sebuah patung yang mengilustrasikan kejadian sesuatu pada zaman dahulu agar dapat memberikan sedikit gambaran maupun pengetahuan di keadaan zaman dahulu, seperti patung manusia zaman purba di museum, monumen-monumen nasional, dan lain sebagainya.

Contoh Seni Rupa Terapan

Sedikitnya ada beberapa contoh seni rupa terapan untuk menambah wawasan Anda :

1. Seni Anyaman

                                            Sumber Image / media.istockphoto.com

2. Seni Batik

                                               Sumber Image / media.istockphoto.com

3. Kerajinan Logam

                                                  Sumber Image / media.istockphoto.com

4. Seni Ukir atau Seni Pahat

                                                    Sumber Image / media.istockphoto.com

5. Karya Seni Rupa Terapan pada Senjata Tradisional

                                                    Sumber Image / i0.wp.com

6. Kerajinan Sepatu

                                                   Sumber Image / media.istockphoto.com

7. Karya Seni Terapan Berupa Gagang Pintu

                                                       Sumber Image / media.istockphoto.com

8. Karya Seni Rupa Berupa Cobek

                                                       Sumber Image / media.istockphoto.com

9. Karya Seni Rupa Gerabah

                                                      Sumber Image / media.istockphoto.com

10. Karya Seni Rupa Tenun

                                                       Sumber Image / media.istockphoto.com

11. Seni Rupa Terapan pada Rumah Adat

                                 Sumber Image / cdn0-production-images-kly.akamaized.net

12. Karya Seni Terapan Berupa Alat Transportasi Tradisional

                                                         Sumber Image / bagi-in.com

Selesai sudah pembahasan singkat kami mengenai seni rupa terapan tadi,