Teknik Arsir

teknik arsir
Sumber : photoshop

Teknik Arsir – Disimpulkan bahwa teknik arsir merupakan suatu teknik menggambar dengan memanfaatkan fungsi pensil sebagai alat satu-satunya.

Penerapannya yakni dengan mengulang-ulang atau memposisikan goresan pensil di atas kertas kosong maupun media lainnya.

Hal ini bertujuan untuk memperoleh perbedaan antara gelap dan terang pada suatu objek. Arsir juga dapat diartikan sebagai penggambaran untuk memberikan dimensi, juga tiga dimensi pada suatu objek.

Tidak  hanya teknik arsir saja, dalam dunia teknik menggambar sebenarnya masih banyak macam-macamnya. Untuk artikel selengkapnya, Anda bisa membaca tentang macam-macam teknik menggambar ini.

Akan kami bahas materi mengenai teknik arsir di bawah ini secara tuntas, langsung saja diperhatikan dari setiap katanya…

Pengertian Teknik Arsir

                                                 Sumber Image / i1.wp.com

Arsir merupakan sebuah teknik dasar yang digunakan dalam menggambar atau melukis dengan menggunakan pensil.

Teknik arsir juga merupakan salah satu teknik yang paling banyak diterapkan sebagai pembuat bayangan maupun tekstur pada suatu objek gambar.

Dengan menggunakan teknik arsir ini maka akan menambah kesan menarik dan terlihat hidup pada Gambar yang sudah Anda buat.

Menggambar dengan menggunakan teknik arsir ini akan mengandalkan fungsi pada garis yang sudah diciptakan oleh pensil sebelumnya.

Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa arsiran adalah suatu teknik menggambar yang dilakukan dengan cara berulang kali atau mereposisikan goresan pensil pada suatu bidang kosong sebagai bentuk penyempurnaan gambar yang sudah dibuat.

Fungsi Teknik Arsir

                                          Sumber Image / i.ytimg.com

Adapun teknik arsir memiliki beberapa fungsi, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Finishing touch gambar

2. Memberi kesan beda dan kedalam pada gambar

3. Sebagai teknik untuk menambah pada bidang yang kosong

4. Memberikan kesan bentuk, juga volume pada benda

5. Menambah karakter pada suatu objek gambar

Jenis-Jenis Teknik Arsir

1. Arsiran Satu Arah (Hatching)

                                                   Sumber Image / 1.bp.blogspot.com

Pada teknik ini, sebuah pensil akan digerakkan ke dalam arah yang sama, sehingga terlihatlah suatu barisan yang sejajar dan terarah.

Arsiran  satu arah ini merupakan teknik paling mudah untuk dibuat, pembuatan goresan yang teratur menjadi faktor utama atas teknik ini.

Dengan kita yang membiasakan diri untuk menggores, maka gambar yang akan dihasilkan akan semakin terlihat sisi gelapnya, karena semakin padat hasilnya.

Hasil dari menumpuknya suatu garis juga akan menambah massa garis menjadi lebih tebal, dan membentuk efek ilusi volume terang bayangan.

Arsiran satu arah dapat Anda gunakan untuk menggambar berbagai macam gambar yang memiliki permukaan karakter dengan tekstur halus dan datar.

2. Arsiran Searah Kontur (Contour Hatching)

                                          Sumber Image / 1.bp.blogspot.com

Dalam arsiran ini, goresan pada pena tentu mengikuti bentuk kontur bidang yang akan diarsir, baru kemudian akan terlihat volume pada benda yang dibuat.

Kebanyakan teknik ini digunakan untuk membentuk figure seperti :

  • Manusia
  • Tumbuhan
  • Dan Hewan

3. Arsiran Silang (Cross Hatching)

                                            Sumber Image / assets.paintbasket.com

Bisa dikatakan bahwa, teknik yang satu ini hampir sama dengan teknik arsiran satu arah, akan tetapi bedanya pada jenis teknik arsiran ini goresannya akan terlihat saling berpotongan.

Khususnya pada bagian yang akan diarsir lebih gelap, goresan dapat ditumpuk dengan garis yang berbeda. Lazimnya, perbedaan arah garis awal dan garis berikutnya 45 derajat.

Teknik arsir satu arah ini bisa digunakan untuk menggambar suatu benda dengan permukaannya yang berkarakter halus dan kasar.

4. Arsiran Titik (Stipping)

                                              Sumber Image / previews.123rf.com

Penggunaan teknik ini yakni dengan membuat titik-titik berdiameter kecil, sama halnya dengan teknik pointilis, yang sudah kami bahas pada artikel sebelumnya.

Semakin rapat kerangka titik-titik yang dibuat, maka semakin gelap efek yang akan dihasilkan.

5. Arsiran Coret Bebas (Scumbling)

                                           Sumber Image / st3.depositphotos.com

Teknik yang satu ini menerapkan gaya goresan pensilnya yang tidak beraturan serta berbentuk corat-coret bebas.

Goresan yang menggunakan arsiran ini tidak berupa sebuah garis, melainkan dengan mengedepankan pada gaya goresan bebas.

Khususnya pada arsiran coret bebas ini, akan lebih menarik jadinya jika arah pada goresan dapat diubah secara acak dengan membentuk ilisu volum yang Anda harapkan.

Teknik coret bebas ini dapat dipraktikkan pada media yang memiliki karakter permukaan kasar sampai dengan yang sangat kasar. Seperti contohnya kayu, kulit kayu, bebatuan, handuk dan lain sebagainya.

6. Arsiran Circusilm

                                                             Sumber Image / failfaire.org

Teknik arsiran circusilm ini merupakan sebuah teknik dalam menggambar yang menggunakan arsiran dengan bentuk lingkaran kecil secara beruntun, pensil warna untuk melukis wajah merupakan alat yang biasa digunakan.

7. Arsiran Pointilisme

                                                              Sumber Image / teks.co.id

Teknik pointilisme merupakan cara mengarsir menggunakan pensil gambar dengan menambahkan titik-titik untuk menentukan tiap sisi gelap terangnya.

Akan tetapi teknik ini memiliki kelemahan yang cukup sulit untuk dikombinasikan dengan teknik arsir lainnya.

Alat yang Dibutuhkan pada Teknik Arsir

Perlu Anda ketahui bahwa, ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang Anda butuhkan sebelum menggambar menggunakan teknik arsir, berikut diantaranya adalah :

a. Pensil

                                      Sumber Image / cdn-image.hipwee.com

Alat pertama yang dibutuhkan untuk teknik arsir yakni sebuah pensil, dan alangkah baiknya Anda mempersiapkan pensil dengan jenis dan kualitas yang berbeda, misal 2B, 7B, HB, H dan F.

Keseluruhan dari beberapa jenis pensil tersebut tadi tentu akan sangat berguna, juga akan memberikan hasil yang berbeda-beda dalam setiap goresannya.

b. Kertas Gambar

                                                    Sumber Image / blog.tjetak.com

Alat selanjutnya berupa kertas gambar. Kertas gambar ini yang nantinya akan digunakan sebagai media untuk menggambar. Selain kertas gambar, Anda juga bisa menggunakan sketchbook dengan permukaan yang halus.

c. Kuas dan Cotton Bud

                                                       Sumber Image / i2.wp.com

Kedua alat ini akan sangat bermanfaat juga penting dalam proses pembuatan teknik arsir, karena kuas atau cotton bud dapat digunakan untuk menghaluskan arsiran permukaan pensil, agar tampak merata.

d. Penghapus

                                            Sumber Image / i1.wp.com

Alat yang satu ini juga termasuk dalam alat yang sangat penting, karena pada saat Anda melakukan kesalahan atau membuat gradasi warna terang atau gelap maka satu-satunya alat yang dibutuhkan adalah penghapus ini.

Belajar Dasar Menggambar Teknik Arsir

                                                Sumber Image / indonesiamendesain.com

Berikut di bawah ini merupakan model-model teknik arsir, dilengkapi dengan langkah belajar dasar mengarsir yang baik bagi pemula.

1. Langkah pertama dalam berlatih teknik arsir, terlebih dahulu Anda harus memulainya dengan membuat satu baris kotak.

2. Tidak ada batasan untuk jumlah kotak yang Anda buat, lalu lakukanlah pengarsiran pada setiap kotaknya dengan menggunakan satu jenis ukuran pensil

3. Misal, Anda menggunakan pensil 6H untuk mengarsir pada kotak pensil pertama, kotak kedua menggunakan pensil 2H, dan seterusnya.

4. Pada saat mengarsir lakukanlah dengan jumlah tekanan yang sama.

5. Perhatikanlah, lalu bandingkan perbedaan intensitas gelap terang yang diperoleh dari setiap pensil yang digunakan.

Ada cara lain untuk menghasilkan arsiran gradasi, yakni dengan membuat beberapa baris kotak.

  • Gunakanlah beberapa jenis pensil yang berbeda misal, 6B, 3B dan 2H
  • Lakukanlah teknik pengarsiran seperti contoh di atas, pada baris kotak pertama arsir dengan 2H, dan arsirlah setiap kotaknya
  • Kemudian lakukan teknik yang sama pada kotak berikutnya dengan menggunakan pensil 3B, arsir juga pada setiap kotaknya
  • Arsir lagi pada bagian kotak ketiga, dengan menggunakan pensil 6B, dan arsirlah setiap kotak dengan         ukuran tekanan yang berbeda, hal ini perlu Anda lakukan ke-semua cara di atas tadi.
  • Dan yang terakhir, perhatikan dan bandingkan dengan  intensitas gelap terang yang didapatkan dari hasil masing-masing pensil yang digunakan

Latihan dasar berikutnya adalah membuat komposisi bentuk dasar, diperlukan untuk memberikan arsiran dengan intensitas yang berbeda pada masing-masing bentuk dasar.

Adapun cara membuatnya adalah Anda harus membuat kotak dengan berbagai bentuk dan ukuran yang sudah mengalami distorsi.  Langkah selanjutnya, komposisikan pada setiap kotak tersebut.

Langkah-Langkah Menggambar Teknik Arsir

                                                 Sumber Image / failfaire.org

Jika Anda telah mempelajari tentang teknik dasar mengarsir, maka selanjutnya mari kita pelajari langkah-langkah mengarsir dan menggambar sebuah objek menggunakan pensil secara detail dan realistis.

Beberapa hal utama yang harus diperhatikan :

1. Tempat

2. Kebersihan

3. Cahaya

4. Alat

5. Suasana tenang

6. Bahan yang akan digunakan

Kemudian, Anda juga perlu menentukan objek yang akan digambar, untuk hal ini Anda bisa mencari sumber objeknya dimana saja baik secara langsung, dari buku atau internet, maupun dari imajinasi Anda sendiri.

Buatlah Sketsa

  1. Pertama, buatlah sketsa yang akan Anda gambar, dengan sketsa yang kasar namun jangan terlalu tebal, dan menggunakan pensil HB.
  2. Apabila terjadi kesalahan pada saat Anda menggambar atau membuat sketsa, hapuslah dengan menggunakan penghapus yang tumpul, dan jangan terlalu ditekan saat menghapus.
  3. Langkah terakhir, jangan terlalu memaksa dengan menekan pensil saat pembuatan sketsa, agar jika dihapus tidak meninggalkan bekas.

4. Kerjakan dengan tenang dan rilek, agar Anda tidak kaku saat membuat sketsa. Agar menghasilkan lukisan yang sempurna dan terlihat menarik

Mempertegas Outlet (Garis Luar) di Sketsa Awal

a.Tidak semua garis harus dipertegas dalam pemberian garis luar, yang sekiranya hanya perlu diarsir dengan gelap atau tebal, tipis juga sedang. Jadi sangat perlu untuk diperhatikan

b.Jika keseluruhan dari semua komponen telah siap, maka tahap berikutnya adalah memulai untuk mengarsir

Tahap Mulai Mengarsir

                                            Sumber Image / assets.promediateknologi.com

1. Hasilnya akan jauh lebih bagus jika dalam tahap mengarsir berlawanan dengan tangan Anda. Apabila menggunakan tangan kanan Anda, maka arsir bagian kiri kekanan, bisa juga dari sebelah atas ke kiri dan baru kekanan, begitu pula dengan sebaliknya.

2. Hal di atas tadi ditujukan agar tangan tidak menutupi arsiran yang telah Anda buat sebelumnya, agar tidak menyebabkan hilangnya kepekatan warna arsiran.

3. Tingkatan pada hasil arsiran harus lebih diperhatikan, mulai dari ketebalan, halus, maupun sedang.

4. Khusus untuk daerah terang gunakanlah pensil 2B.

Tambahkan Arsiran dan Finishing

Pada tahap ini Anda mulai mengarsir bagian daerah yang gelap dengan tekstur apel, tentunya menggunakan pensil 4B.

Nah, hasil yang diperoleh dari arsiran inilah akan terlihat gambar apel dan tampak seperti hidup.

Kemudian untuk tahap finishing teknik dengan bentuk buah apel, Anda bisa menambahkan bayangan pada buah apel sesuai dengan arah datangnya cahaya.

Contoh Contoh Gambar Teknik Arsir

Contoh Gambar Arsir Mudah

gambar arsir mudah
                                                   Sumber Image / failfaire.org

Contoh Gambar Arsir Wajah

gambar arsir wajah
                                                  Sumber Image / 1.bp.blogspot.com

Contoh Gambar Arsir Buah

gambar arsir buah
                                                  Sumber Image / sekedargoresantangan.files.wordpress.com

Contoh Gambar Arsir Benda

gambar arsir benda
                                                      Sumber Image / helferphoto.com

Contoh Gambar Arsir Hewan

gambar arsir hewan
                                                     Sumber Image / cakbagus.net

Contoh Gambar Arsir Pemandangan

gambar arsir pemandangan
                                                         Sumber Image / i0.wp.com

Demikianlah ulasan singkat kami mengenai Teknik Arsir tadi, tidak ada harapan yang lain melainkan agar artikel yang telah kami buat menjadi sumber bermanfaat bagi Anda.

Sekian dari kami, terimakasih.