Teknik Butsir

Teknik Butsir – Pernahkan kalian berfikir bagaimana patung-patung besar itu dibuat? atau apa fungsi mereka membuat patung-patung tersebut.

Tapi apapun itu, patung-patung tersebut adalah suatu mahakarya seni yang sangat indah.

Suatu mahakarya tersebut merupakan seni yang dibuat menggunakan ide, perasaan dan juga teknik.

Teknik dalam membuat patung sebenarnya ada banyak sekali salah satunya adalah teknik butsir. Apa itu teknik butsir?

Yuk, simak dan ikuti penjelasannya secara lengkap dibawah ini.

Apa Itu Teknik Butsir

pengertian teknik butsir
Sumber : detik.com

Teknik butsir merupakan teknik yang biasa digunakan untuk membuat patung atau sebuah karya seni 3 dimensi dengan menggunakan bahan-bahan lunak seperti gypsum, lilin, sabun, tanah liat dan masih banyak lagi.

Dalam teknik ini Anda cukup dimudahkan karena dapat menambah dan mengurangi bahan secara fleksibel saat proses pembuatannya. Teknik butsir merupakan satu dari banyak jenis teknik membuat patung yang mudah.

Belum ada yang tau sejarahnya bagaimana teknik ini diciptakan, namun dengan teknik ini Anda dapat lebih maksimal dalam membuat suatu karya 3 dimensi karena bahannya pun fleksibel dan banyak jenisnya

Cara Menggunakan Teknik Butsir

teknik butsir
Sumber : kompas.com

Pada dasarnya terdapat dua jenis cara yang digunakan dalam teknik butsir yaitu cara subtraktif dan adiktif, Berikut penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini

Subtraktif

Merupakan teknik dengan cara memotong, memahat dan mencungkil suatu bahan untuk membuat suatu karya seni patung atau karya seni 3 dimensi.

Adiktif

Merupakan teknik dengan cara menambahkan bahan untuk membuat suatu karya seni 3 dimensi contohnya yakni mengecor dan mencetak bahan tersebut

Dalam teknik butsir Anda harus menggunakan dua cara ini, karena Anda harus memotong bahan atau menambahkan ( jika perlu ) dalam membuat karya seni 3 dimensi tersebut

Fungsi Teknik Butsir

Sumber : kibrispdr.com

Fungsi dari pembuatan patung atau karya 3 dimensi dengan teknik butsir yakni dapat menghasilkan karya seni yang bisa dijual.

Bahkan bisa dihargai sangat mahal tergantung dengan tingkat kerumitan karya tersebut. Bisa juga untuk melatih kesabaran dan kreativitas Anda saat proses melakukan pembuatan karya seni dengan metode seni butsir.

Alat dan Bahan yang Digunakan Teknik Butsir

alat dan bahan teknik butsir
Sumber : bukalapak.com

Dalam proses pembuatannya, Anda harus menggunakan alat dan bahan yang tepat untuk membuat sebuah karya seni dengan menggunakan teknik butsir.

Berikut beberapa alat dan bahannya sebagai berikut

  • Kayu kikir
  • Pisau
  • Butsir
  • Meja putar
  • Telapak tangan
  • Tanah liat, lilin, gypsum atau sabun

Butsir merupakan suatu alat yang terbuat dari kayu serta kawat untuk membuat sebuah karya seni 3 dimensi atau patung.

Adapun meja putar yang berguna untuk membantu dan memudahkan Anda dalam membuat karya seni dari segala arah.

Hal ini dapat membantu Anda untuk membentuk, menambah dan mengurangi bahan tanah liat, lilin, gypsum atau sabun agar mudah.

Tujuan dari Pembuatan Patung

Sumber : failfaire.org

Dalam pembuatan patung tentu saja memiliki tujuan dan fungsi nya tersendiri. Nah, dibawah ini merupakan beberapa tujuan dibuatnya patung sebagai berikut.

Patung Dekorasi, dibuat dengan tujuan sebagai hiasan dirumah, bangunan gedung, taman, atau tempat-tempat lainnya yang dapat dinikmati keindahannya.

Patung Monumen, didirikan dengan tujuan sebagai tanda untuk mengenang atau memperingati suatu kejadian yang sangat bersejarah di suatu daerah atau mengenang jasa seseorang yang dianggap sebagai pahlawan masa lalu di daerah tersebut.

Patung Arsitektur, bertujuan untuk menyokong suatu konstruksi bangunan serta memiliki keindahan tersendiri dan memiliki nilai estetika.

Patung Religi, terakhir ini bertujuan sebagai sarana indah bagi umat beragama, memiliki makna religius bagi umat beragama yang mempercayainya.

Tahapan Membuat Patung Dengan Teknik Butsir

Sumber : kumparan.com

Nah, jika Anda ingin membuat sebuah patung dengan teknik butsir adapun beberapa tahapan-tahapan yang harus Anda ikuti dengan seksama.

Berikut beberapa tahapan-tahapan yang harus dilakukan seperti dibawah ini

  1. Mula-mula persiapkan bahan dasar seperti tanah liat, gypsum, lilin atau sabun di meja.
  2. Kemudian siapkan pula alat-alat yang akan digunakan seperti palu, pisau, kikir dan air secukupnya.
  3. Siapkan meja putar yang nantinya akan dijadikan alat yang memudahkan dalam pembuatan patung.
  4. Mulailah ambil sedikit demi sedikit diatas meja putar dan pijat-pijat bahan secara perlahan hingga membentuk patung yang diinginkan.
  5. Dalam proses ini putarlah meja perlahan untuk membantu dalam proses pembuatanya.
  6. Tambahkan bahan atau kurangi bahan jika perlu dalam proses pembuatannya dengan tangan.
  7. Jika bentuk patung sudah terlihat hampir sempurna, gunakan alat bantu butsir untuk menyempurnakannya.
  8. Setelah itu gunakan alat-alat lainnya seperti pisau, kikir dan palu untuk untuk membuat detail-detail patung tersebut.
  9. Diamkan hingga patung mengering dan Anda sudah berhasil membuat patung.

Jenis- Jenis Patung

jenis jenis patung
Sumber : wikipedia.org

Patung adalah sebuah mahakarya seni yang dibuat untuk dinikmati keindahanya, atau sebagai simbol suatu sejarah kota, orang atau yang lainnya. Nah,patung sendiri terbagi beberapa jenis, Adapun jenis-jenisnya sebagai berikut :

1. Patung Torso

Merupakan patung yang menunjukan bagian tubuh manusia mulai dari dada, pinggang hingga bagian panggul tanpa kepala, tangan dan kaki

2. Patung Buste

Patung buste atau patung dada merupakan karya seni patung yang hanya menonjolkan bagian dada ke atas seperti kepala, leher, pundak dan dada saja tanpa kaki , tangan ataupun kaki. Misalnya terdapat di patung Ratu Nefertiti.

3. Patung Lengkap

Nah, yang ini adalah karya seni patung yang menunjukkan seluruh tubuh manusia secara utuh baik itu patung perempuan maupun patung laki-laki.

Contoh patung dengan Teknik Butsir

jenis patung
Sumber : pixabay.com

Setelah Anda mempelajari teknik butsir dari dasar hingga jenis-jenis patung, sudah saatnya kali ini saya membagikan beberapa contoh karya seni patung yang dibuat menggunakan teknik butsir.

Yuk, simak dengan seksama contoh-contohnya dibawah ini.

#1. Patung Tokoh Nasional dari Tanah Liat

patung dari tanah liat
Sumber : pikiranmahasiswa.com

#2. Patung Hewan Terbuat dari Coklat

patung cokelat
Sumber : indonesian.outdoor.com

#3. Patung Karakter Terbuat dari Keju

Sumber : brilio.id

#4. Patung Bubur Kertas

Sumber : kibrispdr.com

#5. Patung Lilin di Madame Tussauds London

Sumber : traveldreams.com

Akhir Kata

Nah itulah tadi pembahasan secara lengkap mengenai teknik butsir, dalam sebuah karya seni patung dibutuhkan kesabaran dalam membuatnya. Apalagi jika Anda menggunakan teknik butsir saat proses pembuatannya.

Selain teknik butsir sebenarnya terdapat banyak teknik yang digunakan dalam membuat patung. Penasaran teknik apa saja yang digunakan untuk membuat patung? Yuk, simak selengkapnya tentang teknik pembuatan patung ini.

Dalam teknik pembuatan patung lainnya pun rata-rata sama harus membutuhkan kesabaran dalama proses pembuatannya.

Namun, jika karya Anda sudah selesai dan jadi sempurna Anda akan bisa merasakan kepuasan dan indahnya proses perjuangan dalam membuat patung tersebut. Jangan lupa share ke teman-teman Anda.

Sekian, semoga bermanfaat dan jangan lupa tunjukkan kreativitas Anda untuk negeri tercinta ini.