Teknik Dribble Bola Basket

Teknik Dribbling Bola Basket

Teknik Dribble Bola Basket – Dalam permainan bola basket, salah satu teknik dasar yang harus dikuasai adalah menggiring bola atau dribble. Teknik sangat dibutuhkan selama permainan berlangsung.

Sama halnya pada permainan sepak bola, dalam basket yang dimaksud dengan dribble adalah teknik menggiring bola dari satu titik ke titik lainnya.

Tujuan Melakukan Dribble Bola Basket

Seorang pemain bola basket melakukan dribbling tidak hanya untuk sekedar menggiring bola saja, melainkan ada hal yang ingin dicapai tergantung dengan situasi permainan pada saat itu.

Berikut ini tujuan dribbling dalam permainan bola basket.

  • Memindahkan bola dari satu titik ke titik yang lain di dalam lapangan.
  • Melakukan serangan ke area permainan lawan.
  • Untuk mencari celah agar bisa melakukan shooting ke ring pada saat terkepung pemain lawan.
  • Melindungi bola agar tidak mudah direbut oleh pemain lawan.
  • Untuk membuka permainan menjadi lebih terbuka dan mencari posisi dari teman agar dapat dilakukan passing (mengoper bola).

Aturan Melakukan Dribble Bola Basket

Ketika bermain bola basket, seorang pemain yang akan melakukan dribble terkena beberapa peraturan bola basket menurut FIBA (International Basketball Federation), adalah sebagai berikut:

  • Pemain dapat melemparkan ke segala arah menggunakan satu atau dua tangan.
  • Pemain dilarang melakukan gerakan lari sambil membawa bola lebih dari tiga langkah.
  • Pemain dilarang mendorong, menghalangi, dan menyuruduk lawan.

Cara Melakukan Dribble Bola Basket yang Benar

Agar bisa melakukan dribble bola basket dengan benar ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu.

Berikut ini teknik yang bisa Anda ikuti untuk dapat melakukan dribble bola basket dengan benar.

1. Buka lebar jari tangan yang lebar dan rileks

Dalam melakukan dribble, pastikan untuk membuka jari tangan dengan lebar, hal ini bertujuan untuk menjangkau bagian dari bola basket lebih luas sehingga dapat memegangnya dengan stabil.

Selain itu, buat jari-jari tangan serileks mungkin agar dapat menempel di permukaan bola dan lebih mudah untuk mengontrolnya.

2. Gunakan ujung jari untuk mengarahkan bola

Pada saat melakukan dribble jika kamu ingin melakukan tempo dribble yang cepat atau jika kamu ingin menggiring bola ke kanan dan ke kiri, gunakan ujung jari untuk mengontrol dan mengarahkan bola.

3. Posisikan tubuh sedikit turun ke depan

Saat melakukan dribble, pemain basket juga harus memperhatikan posisi tubuhnya. Posisi tubuh saat dribble yang bagus adalah condong ke depan.

Hal ini dilakukan agar tubuh lebih siap ketika menerima serangan dari lawan yang akan merebut bola.

4. Melindungi bola

Salah satu teknik penting dribble dalam permainan bola basket adalah teknik melindungi bola agar tidak dengan mudah diambil oleh lawan.

Untuk melindungi bola ada dua hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • pertama, saat mengontrol bola gunakan tangan yang sedang tidak dipakai untuk menghalangi lawan menjangkau bola.
  • Kedua, agar lawan tidak mudah untuk mengambil bola, maka saat mengontrol bola posisikan di sisi yang berseberangan dengan lawan.

5. Mata melihat ke depan

Seorang pemain basket yang baru berlatih dribble bola basket mungkin akan fokus melihat bola saat melakukan dribble, itu normal bagi pemula.

Akan tetapi, sikap yang tepat sebenarnya adalah dengan mengarahkan pandangan ke depan. Hal ini bertujuan agar lebih waspada dengan pergerakan lawan dan juga teman satu tim.

6. Biasakan dribble bola bergantian tangan

Ini yang paling penting, memang tidak ada salahnya jika hanya melakukan dribble bola hanya menggunakan salah satu tangan yang terkuat.

Namun, seorang pemain basket juga dituntut untuk bisa menggiring bola menggunakan tangan kanan maupun kiri.

Teknik ini bertujuan agar pemain dapat mengontrol bola dengan leluasa menggunakan tangan mana saja.

Macam-Macam Teknik Dribble Bola Basket

Macam-Macam Dribbling Bola Basket

Teknik dribble dalam permainan bola basket sangat berguna baik untuk melakukan serangan atau melindungi bola dari musuh.

Jika kita melihat pertandingan bola basket, kita akan melihat berbagai macam variasi gerakan yang dilakukan para pemain saat melakukan dribble.

Lalu apa saja macam-macam variasi gerakan dribble dalam permainan bola basket? simak ulasanya berikut ini.

1. High bounce

Variasi teknik dribble dalam permainan bola basket yang pertama ada high bounce atau dapat juga diartikan teknik dribble tinggi.

Sesuai namanya, teknik dribble ini dilakukan dengan cara memantulkan bola dengan ketinggian antara paha hingga sedikit di atas pinggang.

Pada saat melakukan dribble ini posisi tubuh pemain juga perlu menjaga posisi tubuhnya untuk tetap tegak, lalu bola didorong agak kedepan.

Dalam pertandingan, seorang pemain melakukan dribble high bounce biasanya untuk dengan cepat melakukan serangan balik.

2. Crossover

Crossover adalah teknik dribble bola yang dilakukan dengan cara memindahkan bola dari tangan satu ke tangan yang lain.

Jika high bounce digunakan pada saat melakukan serangan balik ke lawan, teknik crossover lebih cocok digunakan dalam posisi bertahan.

Namun, pada saat melakukan teknik crossover bola akan menjadi rentan direbut oleh lawan, karena itu pemain perlu menjaga bola tetap rendah dan memperhatikan kecepatan pindah bola pada saat melakukan dribble.

3. Behind the back

Teknik dribble selanjutnya ada behind the back, yaitu teknik menggiring bola di belakang punggung.

Saat melakukan dribble seorang pemain akan memindahkan bola dari tangan yang satu ke tangan yang lain dengan posisi tangan berada di belakang punggung.

Teknik behind the back biasa digunakan pada saat pemain ingin mengubah arah bola sambil waspada pada keadaan di depannya.

4. Change of pace

Change of pace merupakan teknik gerakan dribble yang dilakukan dengan memperlambat tempo gerakan hingga membuat lawan terkecoh.

Setelah itu, di saat pemain lawan akan memberikan reaksi maka seorang pemain yang telah melakukan dribble change of pace, harus segera menambah kecepatan dan bergerak menghindari lawan.

5. In and Out

In and out adalah suatu gerakan dribble dalam permainan bola basket yang dilakukan untuk mengecoh lawan dimana seorang pemain menggiring bola ke suatu arah namun secara mendadak berganti arah.

Cara melakukan dribble ini, seorang pemain harus bergerak membawa bola dari sisi luar ke sisi dalam kemudian dengan cepat mengeluarkannya lagi.

Saat mengganti arah gerakan pastikan untuk bola tidak lepas dari cengkraman.

6. Between the legs

Teknik dribble between the legs sekilas mirip dengan crossover yang dilakukan dengan memindahkan bola dari satu tangan ke tangan yang lain. Hanya saja pada between the legs bola berpindah melalui sela-sela kaki.

Teknik behind the legs sangat cocok digunakan ketika ingin mengubah arah gerakan namun saat itu berada pada penjagaan lawan.

7. Reverse

Reverse atau yang biasa juga dikenal dengan spin dribble, adalah suatu gerakan menggiring bola sambil berputar arah untuk menghindari lawan.

Teknik reverse adalah termasuk teknik yang sulit dilakukan karena diperlukan kontrol bola yang tinggi.

Nah, itulah ulasan mengenai teknik dribbling bola basket mulai dari tujuan hingga macam-macamnya.

Teknik dribble menjadi hal dasar yang harus dikuasai untuk bermain basket, selain teknik shooting dan passing. Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat.