Teknik Linear

Teknik Linear –  Menggambar merupakan suatu kegiatan yang bisa mengasah kreativitas dan ajang untuk menuangkan hasil ide yang kita miliki. Selain itu bisa jadi ajang untuk menghela nafas atas kesibukan pekerjaan selama seminggu.

Dalam teknik menggambar terdapat beragam teknik yang bisa dipraktekkan contohnya seperti teknik dusel, aquarel, arsir, plakat, linear dan masih banyak lagi. 

Nah, dari sekian banyak teknik menggambar yang ada, teknik linear adalah teknik yang paling mudah untuk dipraktekkan. Teknik ini merupakan salah satu dari sekian banyak teknik menggambar. 

Teknik ini menggunakan garis untuk membentuk suatu objek atau gambar. Dengan teknik ini Anda bisa membentuk objek gambar dua dimensi dan tiga dimensi. 

Lalu bagaimana cara mempraktekkan teknik ini? Yuk, simak ulasan lebih lengkapnya dibawah sini

Apa Itu Teknik Linear

apa itu teknik linear
Sumber : helferphoto.com

Teknik linear merupakan suatu teknik menggambar dengan menggunakan garis sejajar hingga membentuk sebuah objek atau gambar, bisa berupa dua dimensi atau tiga dimensi. 

Teknik ini hampir mirip dengan teknik arsir. Garis linear yang di gambar bisa berupa garis lurus atau melengkung dengan tingkat ketebalan yang menyesuaikan. 

Ketika Anda ingin memberikan kesan gelap Anda bisa menebalkan garis tersebut. Tetapi sebaliknya, jika Anda ingin memberi kesan terang Anda bisa menipiskan garisnya.

Dengan teknik ini cocok sekali digunakan oleh pemula yang ingin belajar menggambar. Alat utama dari teknik ini adalah pensil. 

Jadi, lebih mudah untuk diaplikasikan dibandingkan menggunakan kuas. Contohnya jika kita menggambar objek peralatan dapur, akan lebih rumit jika Anda menggunakan kuas.

Perbedaan Teknik Linear dan Arsir

Sumber : helferphoto.com

Mungkin bagi orang awam yang melihat hasil gambar dari teknik linear masih bingung. Apakah ini hasil dari teknik arsir atau teknik linear? 

Karena keduanya memiliki perbedaan yang tipis alias hampir sama. Alat yang digunakan pun sama-sama menggunakan pensil sebagai alat utama. 

Nah, tetapi jika Anda mengamati lebih teliti, sebenarnya gambar keduanya memiliki perbedaan yang mencolok. Pada gambar teknik linear lebih banyak menggunakan garis untuk membuat objek gambar tertentu.

Berbeda dengan teknik arsir yang menggabungkan banyak unsur untuk membuat suatu gambar objek. Terlebih lagi hasil goresan teknik arsir biasanya lebih tipis dan tidak terlalu jelas dibanding teknik linear.

Bagaimana, sekarang Anda sudah bisa membedakan keduanya bukan?

Jika Anda masih bingung, Anda bisa baca artikel tentang teknik arsir ini, agar Anda bisa memahami perbedaannya.

Unsur Unsur Dalam Teknik Linear

unsur-unsur seni linear
Sumber : pelajarindo.com

Ketika kita belajar menggambar dengan teknik linear, ada beberapa unsur yang bisa Anda pelajari. 

Unsur ini dibagi menjadi dua jenis yakni unsur visual dan unsur non visual. Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya Anda bisa simak dibawah ini,

1. Unsur Visual

Unsur visual yaitu unsur yang wujudnya merupakan hasil dari bagian teknik menggambar atau melukis itu sendiri. 

Unsur visual dalam teknik menggambar linear terbagi menjadi tiga yaitu titik, garis dan ruang. Berikut dibawah ini adalah penjelasan selengkapnya,

a. Titik (Point) 

Titik merupakan suatu unsur visual yang paling mendasar dalam menggambar. Sebelum Anda memulai goresan apapun Anda membutuhkan titik sebagai elemen. Nah, karena ini lah titik menjadi teknik mendasar dalam menciptakan suatu karya seni atau gambar.

b. Garis (Line)

Garis merupakan komponen utama dalam teknik menggambar linear. Karena objek atau gambar yang dihasilkan di teknik ini berasal dari kumpulan beberapa garis yang disusun sedemikian rupa. 

Tidak hanya itu fungsi garis juga sebagai pembuatan dari masing-masing objek atau gambar. Garis terbagi menjadi dua, yakni garis alamiah dan garis buatan.

Garis alamiah, merupakan garis yang berfungsi untuk membuat objek atau gambar dengan realita yang terbatas. Contohnya adalah gambar garis lengkung pada objek pantai ataupun gunung.

Garis buatan, merupakan suatu garis yang umumnya digunakan pada teknik menggambar. Garis ini merupakan pelengkap dari objek utama gambar. Misalnya garis untuk membuat kontur wajah dan lainnya.

c. Ruang (Space)

Walaupun disusun dari kumpulan beberapa garis dalam satu objek, teknik linear juga memiliki unsur ruang. Unsur ini berfungsi membentuk gambar dengan efek nyata dan berbentuk tiga dimensi.

Unsur ini mengakibatkan permukaan kertas seolah menjadi nyata melayang.

2. Unsur Non Visual

Sama dengan namanya, unsur non visual merupakan suatu unsur yang tidak terlihat secara nyata atau visual namun ada pada pikiran dan kreativitas masing-masing. Unsur visual terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

Imajinasi

Merupakan khayalan dari seseorang yang melihat objek gambar dengan khayalan tertentu. Setiap orang didunia ini memiliki khayalan yang tidak sama bisa juga disebut dengan Theater of Mind.

Imajinasi yang sangat inovatif dan kreatif Akan bisa menambahkan profit yang mahal apabila karya tersebut bersifat asli atau orisinil

Konsep Gambar

Sebelum menggambar Anda harus memiliki konsep sebagai suatu acuan dalam menggambar. Apalagi bagi Anda yang masih pemula, konsep gambar sangatlah penting. 

Karena jika Anda memiliki konsep gambar, maka akan lebih jelas tahapan apa yang harus dilakukan dalam menggambar nantinya. Mulai dari bentuk pola awal gambar hingga pada tahapan finishing gambar.

Memiliki Cita Rasa Seni

Karya seni yang memiliki nilai estetika tinggi biasanya memiliki harga yang cukup mahal. Meskipun tidak semua orang yang membuat karya seni memiliki cita rasa  seni. 

Pandangan dan Pengalaman

Suatu pengalaman tertentu dari seorang penulis akan menjadi suatu unsur yang bisa melahirkan karya seni yang indah. Hal ini membuat sudut pandang setiap seniman berbeda-beda.

Contohnya ketika seniman X sedang membuat gambar meja besar di suatu media kertas, sedangkan seniman Y membuat gambar meja kecil di sebuah ruang. Tentu ini adalah dua hal yang berbeda dari tiap-tiap yang membuatnya

Kelebihan dan Kekurangan Teknik Linear

Sumber : soundcloud.com

Teknik dalam menggambar tidak ada satupun yang sempurna atau tidak memiliki kekurangan, rasanya tidak mungkin. Begitu pula dengan teknik linear, juga memiliki kelebihan maupun kekurangan. 

Nah, berikut di bawah ini akan diulas tentang kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

1. Kelebihan Teknik Linear

  • Termasuk kedalam teknik menggambar yang paling mudah bagi pemula
  • Dapat dipadukan dengan warna tertentu
  • Gambar yang dihasilkan cukup indah dan estetik
  • Bisa memberikan efek gradasi dengan metode tebal tipis pada objek gambar tertentu
  • Hemat biaya karena alat dan bahan yang diperlukan sederhana
  • Objek mudah dibentuk karena menggunakan teknik kering

2. Kekurangan Teknik Linear

  • Memerlukan konsep yang matang agar pas ketika menggambar objek 
  • Tidak bisa instan, perlu banyak latihan untuk mengatur tingkat tebal tipisnya garis
  • Membutuhkan kesabaran ekstra untuk mengatur tingkat tebal tipisnya garis agar menghasilkan detail objek tertentu

Ciri – Ciri Teknik Linear

Sumber : adahobi.com

Sebelum Anda melangkah lebih jauh, Sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa ciri-ciri gambar dengan teknik linear

Langsung saja tanpa basa-basi, ayo ikuti penjelasannya dibawah ini

#1. Didominasi Unsur Garis

Sama seperti dengan pengertiannya bahwa teknik ini adalah teknik yang menggabungkan susunan beberapa garis untuk menghasilkan gambar atau objek tertentu. 

Dimana garis lurus dan garis lengkung dikombinasikan hingga membentuk suatu objek gambar.

#2. Cuma Ada Garis Lengkung dan Sejajar

Jika Anda mencermati gambar dengan teknik linear, hanya terdapat dua garis sebagai penyusunnya. Garis sejajar dan garis lengkung saja yang digunakan untuk menggambar objek. 

#3. Menghasilkan Gambar yang Seolah Nyata

Tidak mau kalah dengan teknik lainnya, teknik linear juga bisa membuat objek menjadi lebih nyata. Cara dengan mengatur efek tebal tipis dari suatu garis di beberapa bagian tertentu. Dimana garis tebal tipis dapat menciptakan efek gradasi pada objek gambar.

Alat dan Bahan Teknik Linear

Sumber : pastiguna.com

Sebelum memulai untuk menggambar sebaiknya Anda mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu. 

Lalu apa saja alat yang diperlukan untuk membuat gambar dengan teknik linear? Penasaran? 

Berikut  ini merupakan beberapa alat dan bahan yang diperlukan, diantaranya :

  • Bolpoin
  • Pensil
  • Penghapus Pensil
  • Crayon
  • Spidol

Media Menggambar Teknik Linear

Sumber : gudanggambarkeren.blogspot.com

Nah, untuk media yang digunakan sebenarnya banyak pilihannya. Berikut ini adalah media yang bisa Anda gunakan sebagai berikut:

  • Kertas Khusus Gambar
  • Kertas HVS
  • Kertas Kalkir
  • Kertas Duplex

Itulah tadi merupakan beberapa alat dan media yang bisa Anda gunakan untuk menggambar dengan teknik linear. 

Tetapi jika Anda tidak ingin repot mempersiapkan alat dan media sebanyak itu Anda bisa gunakan gadget untuk mempraktekannya. Hanya dengan menginstall aplikasi tertentu Anda bisa langsung menggambar.

Cara Menggambar dengan Teknik Linear

Sumber : kibrispdr.org

Selanjutnya, pada bagian ini Anda harus mengikuti beberapa tahapan-tahapan berikut ini untuk menggambar dengan teknik linear. Sudah mulai penasaran? Yuk, simak penjelasanya di bawah ini

#1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai menggambar, pastikan Anda sudah menyiapkan beberapa peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk menggambar. Misalnya seperti pensil, penghapus, spidol, kertas gambar dan lain-lain

#2. Membuat Konsep Gambar

Setelah semua peralatan siap, mulailah memikirkan ide atau konsep gambar apa yang akan diaplikasikan nantinya. Dalam proses ini Anda bisa mencoret-coret kan ide Anda pada kertas terlebih dahulu.

#3. Mulai Menggambar Pola dan Konsep Gambar

Ketika Anda sudah menemukan ide dan konsep gambar, mulailah mengaplikasikan ide tersebut di kertas. Gambarlah pola atau konsep gambar dengan goresan yang tipis saja. 

#4. Waktunya Mulai Menggambar dengan Teknik Linear

Alat dan bahan sudah dipersiapkan, konsep sudah ada, pola dan ide konsep sudah tergambar di kertas yang terakhir mulailah membuat gambar dengan garis lurus atau lengkung mengikuti objek.

Gambarlah dengan hati- hati supaya hasil gambarnya rapi. Tambahkan tebal tipis untuk memberikan efek gelap terang dan hasil gambar yang lebih nyata.

Tips Menggambar dengan Teknik Linear

Sumber : youtube.com

Setelah Anda mempelajari teknik linear secara lengkap, kali ini saya akan bagikan tips dalam menggambar dengan teknik linear. Berikut dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda, diantaranya:

  1. Pertama, bagi Anda yang pemula pelajari dengan betul-betul penggunaan konsep tebal tipis. 
  2. Kedua, gunakan pengaturan tingkat kerapatan garis pada beberapa bagian objek agar menghasilkan gambar yang lebih nyata.
  3. Ketiga, gunakan media penggaris jika Anda seorang pemula yang masih kaku supaya menghasilkan garis yang lurus dan rapi
  4. Keempat, gambarlah objek yang sederhana dulu jangan terlalu rumit, sembari berjalan asah terus kemampuan Anda supaya hasilnya akan semakin baik.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa dipraktekan dirumah supaya menghasilkan gambar yang indah, estetik dan memiliki harga jual yang tinggi.

Contoh Gambar Teknik Linear

Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh hasil gambarnya. Bisa juga Anda jadikan referensi untuk belajar teknik ini atau hanya sekedar menikmati keindahan gambar saja.

Yuk, perhatikan dengan seksama beberapa contohnya dibawah ini

1. Gambar Berbentuk Abstrak atau Geometris

gambar linear abstrak
Sumber : pastiguna.com

2. Gambar Berbentuk Wajah Perempuan

Sumber : pastiguna.com

3. Gambar Benda Berbentuk Teko Air

Sumber : helferphoto.com

4. Gambar Dengan Detail Khusus

Sumber : pelajarindo.com

Itulah tadi beberapa penjelasan lengkap mengenai teknik linear mulai dari pengertian sampai tips cara menggambarnya.

Teknik ini terbilang salah satu teknik menggambar yang paling mudah di gunakan bagi para pemula yang ingin memulai belajar menggambar. Namun jika Anda masih penasaran dengan teknik-teknik menggambar lainya Anda bisa baca di artikel teknik menggambar ini.

Jangan lupa share ke teman-teman, saudara atau keluaruga apabila artikel ini bermanfaat. Terimakasih, sampai bertemu di artikel selanjutnya.