Teknik Menggambar

Teknik Menggambar – Sebelum menggambar, pastikan Anda memahami teknik menggambar yang benar agar hasilnya bisa sesuai dengan yang Anda inginkan.

Karena perlu Anda ketahui bahwa ada banyak teknik menggambar. Menggambar tidak semudah yang Anda pikirkan. Karena butuh proses yang panjang dan tidak semua orang menguasai dan mengerti teknik menggambar.

Nah, simak pembahasan berikut ini untuk mengetahui teknik apa saja yang bisa digunakan saat menggambar.

Pengertian Teknik Menggambar

Teknik menggambar merupakan suatu cara untuk mempermudah dalam proses pembuatan sebuah gambar, sehingga dengan teknik menggambar tersebut dapat membuat pekerjaan menggambar seseorang sangat terbantu dan akan lebih cepat selesai.

Sedangkan gambar adalah karya yang dituangkan pada bidang datar seperti kertas, kanvas, dan sebagainya. Di dalamnya terdapat elemen visual seperti titik, garis, bentuk, tekstur, bidang, serta terang dan gelap.

Sebuah gambar memiliki berbagai fungsi, antara lain sebagai bahasa teknik, karya seni, media penyimpan informasi dan tentunya masih banyak lagi

Pada mata pelajaran Seni Budaya dan Kerajinan (SBdP) Anda mempelajari materi tentang menggambar bentuk.

Menggambar bentuk berarti menggambar dengan meniru objek dan berusaha menyerupai objek aslinya. objek asli dapat berupa manusia, benda mati, flora, fauna, atau alam sekitar.

Macam-Macam Teknik Menggambar

Sumber: cdn.idntimes.com

Saat akan menggambar, pastikan Anda sudah mengetahui teknik apa yang akan digunakan. Karena teknik menggambar ini berbeda-beda.

Ada baiknya sebelum Anda menggambar, pahami dulu teknik dasarnya agar Anda memiliki bekal untuk memudahkan dalam memahami langkah selanjutnya dalam menggambar.

Ini jauh lebih baik daripada orang yang tidak memiliki basic sama sekali meskipun memiliki semangat dan antusias yang tinggi.

1. Teknik Menggambar Sketsa

Sumber: www.wikihow.com

Apa Anda tau, sketsa itu apa? Sketsa adalah desain kasar dari komposisi atau bagian dari komposisi yang dibuat untuk kepuasan pribadi. Kepribadian seorang seniman terdiri dari banyak hal, seperti skala, perbandingan, komposisi, pencahayaan, dll.

Teknik menggambar sketsa adalah metode atau cara yang digunakan untuk membuat gambar atau rencana dasar dalam membuat sebuah gambar.

Sketsa juga merupakan bagian paling awal dari hampir semua karya seni menggambar. Tahapan ini sangat berpengaruh untuk tahapan selanjutnya dalam proses menggambar dan melukis.

Media yang banyak digunakan adalah media kering seperti pensil hitam. Tujuannya untuk meminimalkan kesalahan dalam menggambar dan membuat bentuk gambar lebih proporsional.

2. Teknik Menggambar Arsir

Sumber: i.ytimg.com

Teknik arsir merupakan teknik menggambar yang menekankan pada kekuatan garis. Garis yang dimaksud dalam teknik arsir ini adalah garis sejajar atau bersilangan yang tersusun secara berulang-ulang.

Untuk menghasilkan kesan gelap dan terang serta dimensi objek, teknik yang digunakan adalah kerapatan jarak garis dan jumlah garis yang diarsir.

Sedangkan untuk menonjolkan efek gradasinya, Anda bisa memainkan gasir berbayang tebal dan tipis. Pada arsir yang cenderung rapat biasanya akan mampu menghasilkan kesan yang lebih gelap.

Sedangkan untuk arsir yang tidak terlalu rapat biasanya akan mampu menciptakan kesan cerah. Kekuatan tangan saat Anda menekan dan menggores pensil juga bisa berpengaruh.

Selain teknik arsir yang dapat memberikan efek gradasi, Ternyata teknik ini juga bisa membuat gambar terlihat seperti objek tiga dimensi atau objek gambar berukuran besar yang bervolume. Teknik arsir dibagi menjadi beberapa teknik:

  • Teknik arsir searah kontur (contour hatching)
  • Teknik arsir satu arah (hatching)
  • Teknik arsir coretan bebas (scumbling)
  • Teknik arsir silang (cross hatching)
  • Teknik arsir titik (stippling)

Anda penasaran dengan pembahasan secara lengkap? Yuk, simak artikel teknik arsir berikut ini

3. Teknik Menggambar Blok (Siluet)

Sumber: i1.wp.com

Untuk jenis teknik menggambar yang satu ini cukup populer yah.

Apa itu teknik siluet? Teknik blok atau siluet adalah teknik menggambar dengan cara menutupi (mengeblok) beberapa objek gambar dengan satu warna dapat menghasilkan ketajaman dan efek tiga dimensi.

Teknik siluet ini terbagi menjadi dua, yaitu teknik siluet positif dan negatif. Teknik siluet positif adalah dengan mewarnai/menghalangi objek utama di dalam lukisan. Sedangkan teknik siluet negatif adalah mewarnai gambar di luar objek utama.

Teknik menggambar siluet ini banyak digunakan untuk membuat kado untuk teman, saudara atau bahkan pacar berupa siluet wajah seseorang dari samping.

Teknik siluet atau blok ini juga memiliki bentuk khas berupa gambar yang diisi hanya dengan blok hitam atau putih. Ketentuannya, jika objeknya berwarna hitam, maka backgroundnya harus putih dan sebaliknya.

Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai teknik blok. Ayo, simak artikel teknik blok berikut ini

4. Teknik Menggambar Dusel (Gosok)

Sumber: i0.wp.com

Teknik dusel adalah cara atau metode menggambar bentuk suatu benda dengan menggunakan pensil yang lembut untuk menggambar dengan cara menggoresnya dalam posisi miring untuk mengetahui gelap terangnya objek gambar.

Teknik ini umumnya akan menggunakan bantuan kapas atau alat khusus lainnya, berupa gulungan kertas yang berbentuk seperti pensil, bahkan untuk jari Anda juga bisa digunakan untuk menggosok gambar yang sudah dibuat.

Teknik menggambar Dusel bisa dikatakan teknik yang cukup sulit untuk diterapkan karena untuk teknik Dusel ini Anda perlu berlatih berulang kali untuk menghasilkan gambar yang menarik.

Adapun alat yang biasa digunakan, seperti pensil, krayon, dan konte.

Kurang lengkap rasanya jika Anda belum membaca artikel mengenai teknik dusel ini.

5. Teknik Menggambar Linier (Garis)

Sumber: i.ytimg.com

Tahukah Anda apa itu teknik linier? Teknik menggambar bentuk linier adalah semacam metode atau cara menggambar objek gambar dengan menggunakan media garis sebagai elemen terpenting yang sangat menentukan, meskipun itu adalah garis lurus atau lengkung.

Untuk teknik menggambar jenis ini cenderung mirip dengan teknik arsir. Teknik menggambar linier adalah teknik menggambar yang mirip dengan teknik arsir.

Jika pada teknik arsir dibuat dengan mengarsir pada bagian-bagian tertentu, seperti pada bagian kiri, kanan, bawah, dan atas, maka untuk teknik linier bagian tersebut sebagai pembuat garis pada keseluruhan bentuk objek.

Teknik linier seperti yang Anda ketahui yaitu menggunakan garis lurus dan garis lengkung dengan ketebalan dan kerapatan tertentu.

Khusus untuk pemula yang mungkin ingin menggambar dengan teknik linier ini, bisa menggunakan penggaris agar lebih mudah dalam pengerjaannya.

6. Teknik Menggambar Perspektif

Apa yang dimaksud dengan gambar perspektif? Teknik gambar perspektif adalah suatu cara Apa itu gambar perspektif? Teknik menggambar perspektif adalah suatu cara atau metode yang digunakan dengan tujuan agar objek yang digambar terlihat wajar menurut pandangan mata Anda.

Gagasan utama dalam menggambar perspektif adalah adanya batas mata untuk melihat atau yang disebut dengan titik hilang (infinity point), yaitu suatu titik di mana suatu benda tidak lagi dapat dikenali bentuknya, alias hanya sebuah titik.

Sudut pandang adalah jarak cara mata melihat atau sering disebut dengan titik hilang. Teknik perspektif ini biasanya dimulai dengan membuat sketsa garis yang berpusat pada titik hilang. Titik hilang bisa satu, dua, atau tiga sesuai kebutuhan lukisan.

Dengan menggunakan teknik ini akan menghasilkan gambar tiga dimensi yang nyata. Nah, dari sudut pandang inilah yang disebutnya perspektif. Dari titik hilang atau gambar perspektif dapat dibagi menjadi tiga berdasarkan jumlah titik hilang

a. Gambar perspektif 1 titik

Sumber: i.ytimg.com

Perspektif satu titik mengacu pada gambar perspektif yang terjadi ketika suatu objek dilihat dengan garis pandang tengah yang tegak lurus terhadap salah satu permukaannya. Sistem perspektif ini digunakan untuk menggambar objek (benda) yang relatif dekat dengan mata.

Karena letak objek yang begitu dekat, sudut pandang mata yang dihasilkan menyempit. Sehingga garis batas benda hanya menuju satu titik hilang, kecuali jika garis itu sejajar dan tegak lurus terhadapnya.

Gambar seperti ini sering disebut perspektif paralel karena menggunakan sejumlah garis bantu yang sejajar dan tegak lurus. Pengaplikasian teknik  gambar ini banyak digunakan dalam menggambar desain interior.

b. Gambar perspektif 2 titik

Sumber: 3.bp.blogspot.com

Perspektif dua titik hilang menggambarkan suatu objek menggunakan dua titik hilang yang terletak di sebelah kanan dan kiri garis horizon.

Perspektif dengan dua titik hilang digunakan untuk menggambar perspektif objek yang memiliki kumpulan garis horizontal secara tidak benar. Bidang gambar, atau dengan kata lain himpunan garis horizontal, selalu membentuk sudut dengan bidang gambar.

Dalam gambar arsitektur, perspektif dengan dua titik hilang biasanya digunakan untuk menggambarkan ruang luar (eksterior) suatu bangunan.

Gambar perspektif dua titik menghilang adalah gambar perspektif yang paling mudah dan paling banyak digunakan, alasannya karena hasilnya tidak statis dan tidak simetris, sehingga lebih adil untuk dilihat.

c. Gambar perspektif 3 titik

Sumber: 4.bp.blogspot.com

Pada dasarnya perspektif menghilang tiga titik menggunakan Low Level Eye. Teknik ini merupakan bentuk gambar perspektif yang paling kompleks. Perspektif tiga titik menggunakan tiga set garis ortogonal dan tiga titik hilang untuk menggambar setiap objek.

Teknik ini sering digunakan saat menggambar bangunan dari ketinggian tingkat mata rendah atau tinggi. Tingkat mata yang lebih rendah dalam ilustrasi kita di atas menciptakan ilusi bahwa sebuah bentuk kotak berada di atas kita.

Ini secara alami memberikan skala bangunan tinggi. Dalam perspektif satu dan dua titik, bidang bayangan terletak tegak lurus terhadap bidang dasar.

7. Teknik Menggambar Pointilis (Titik)

Sumber: i.ytimg.com

Teknik pointilis adalah metode atau teknik menggambar atau melukis dengan menggunakan titik-titik mulai dari warna yang diaplikasikan dalam pola hingga penggunaan titik-titik yang berbeda untuk menghasilkan gambar yang menarik. Hingga menciptakan objek Gambar yang diinginkan.

Selain itu, teknik pointilis pertama kali dikembangkan pada tahun 1886 oleh seorang pria bernama Georges Seurat.

Teknik ini sebenarnya cukup menarik, karena dalam teknik menggambar suatu objek, Anda tidak menggambar garis yang sempurna seperti pada teknik lainnya. Tetapi Anda akan melakukan pengaturan yang berbeda dengan ukuran dan ketebalan hanya dari satu titik.

Tetapi menerapkannya membutuhkan penguasaan yang mendalam. Teknik ini biasanya menggunakan tekanan ujung kuas atau alat lain untuk membuat titik pola yang diinginkan untuk menciptakan tekstur lukisan.

8. Teknik Menggambar Aquarel (Sapuan Basah)

Sumber: i0.wp.com

Teknik Aquarel adalah teknik melukis dengan media basah. Berbeda dengan teknik plakat yang sedikit kering dan kental, teknik aquaral ini menggunakan cat yang sangat cair.

Biasanya dipraktekkan pada media seperti pakaian atau area kedap air lainnya. Namun, media kertas juga bisa menggunakan teknik ini jika kertasnya tebal.

Pada teknik ini tujuan pembasahan media adalah untuk menghasilkan warna yang transparan dan detail. Selain itu, warna yang dihasilkan juga tampil lebih difus dan lebih terang.

Teknik Menggambar Aquarel benar-benar termasuk dalam kategori melukis. Ya pasti karena media yang digunakan adalah cat air, tinta dan cat akrilik.

Alat menggambar yang digunakan:

  • Cat minyak
  • Cat air
  • pensil warna (cat air)
  • Tinta
  • kuas cat
  • dan lain-lain.

Untuk menguasai teknik aquaral, tidak cukup hanya dengan bisa menggambar dengan baik, tapi disini kepekaan Anda dalam menyikat dan mencampur warna sangat dibutuhkan.

Walaupun memiliki tingkat kesulitan teknis yang cukup sulit, namun ketika Anda bisa menguasainya Anda bisa menciptakan gambar yang luar biasa dengan menggunakan teknik Aquarel ini.

Biasanya teknik aquarel ini digunakkan untuk menggambar tanaman atau mewarnai gambar karakter lain, ini akan memberikan hasil yang bagus yah.

9. Teknik Menggambar Plakat

Sumber: 3.bp.blogspot.com

Dalam teknik plakat ini, Anda bisa menggunakan cat poster sebagai alat menggambar. (Cat air juga bisa digunakan.) Dengan teknik plakat, biasanya karena menggunakan sapuan warna yang lebih tebal, gambar yang dihasilkan menjadi lebih padat.

Tapi tidak semudah itu menggambar dengan teknik plakat ya bos.. Karena teknik plakat juga sangat membutuhkan keterampilan dari setiap seniman yang cukup mumpuni karena teknik plakat ini juga memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi.

Tentunya keterampilan menggambar dan pemahaman Anda tentang penggunaan warna juga akan diuji saat menggunakan teknik fillet ini.

Tahukah Anda apa itu teknik plakat? Teknik menggambar plakat merupakan kebalikan dari teknik menggambar aquarel, yaitu cara atau metode menggambar dengan guratan warna yang tebal. Gunakan cat poster atau bisa juga menggunakan cat air untuk mendapatkan hasil yang tebal dan pekat.

10. Teknik Menggambar Spray (Cat Semprot)

Sumber: i.ytimg.com

Teknik selanjutnya adalah teknik menggambar dengan cara menyemprotkan cat pada media lukis atau biasa disebut dengan teknik semprot.

Teknik ini dapat menghasilkan lukisan yang lebih terlihat dengan ketajaman warna yang lebih tampak nyata. Teknik ini banyak digunakan pada media permanen seperti kayu dan dinding.

Di sini seperti yang Anda ketahui, teknik ini banyak digunakan untuk membuat seni grafiti atau seni jalanan yang banyak menggunakan teknik ini untuk membuat karya objek gambar. Cara teknik semprot ini juga bisa digunakan untuk membuat cat custom pada motor atau mobil.

11. Teknik Menggambar Stensil

Sumber: upload.wikimedia.org

Teknik stensil atau yang biasa Anda kenal dengan stensil masih merupakan teknik yang juga menggunakan cat semprot sebagai sarana pengerjaannya.

Nah, dalam teknik stensil ini, Anda biasanya menggunakan “mal-malan” atau potongan pola kertas (print), kemudian Anda semprotkan cat milik Anda.

Ini lebih mudah daripada menggunakan kuas atau pensil. Tapi kemudian, kemampuan Anda mengolah warna juga harus bagus. karena ini juga menentukan bagus tidaknya hasil karya yang Anda buat.

12. Teknik Mewarnai

Dapat diartikan secara harfiah bahwasanya, teknik mewarnai berarti mewarnai atau menggambar suatu objek tertentu. Kolaborasi antar warna dalam mewarnai menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun.

Mewarnai bukan hanya sekedar proses pencampuran berbagai warna, melainkan dapat juga digunakan sebagai media untuk melatih kesabaran, keterampilan, juga kerapian.

Akan semakin luas pengetahuan Anda dengan membaca artikel mengenai teknik mewarnai berikut ini.

Langkah-Langkah Menggambar Bentuk

Setelah mengetahui tentang teknik menggambar bentuk, sekarang kita akan membahas langkah-langkah menggambar yang harus Anda ketahui juga dalam dunia menggambar.

Tentunya Anda pasti penasaran apa saja yang dilakukan ketika menciptakan bentuk? Daripada penasaran, simak penjelasan langkah-langkah membuat gambar seperti di berikut ini.

a. Pengamatan

Pengamatan merupakan langkah awal yang harus dilakukan dalam proses pembuatan bentuk untuk mengenalkan objek yang akan digambar.

Metode pengamatan ini harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati agar gambar yang diperoleh tertangkap secara utuh.

b. Pembuatan Sketsa

Sketsa merupakan salah satu langkah dalam teknik menggambar bentuk dengan menggunakan sapuan tipis, tujuannya untuk mengantisipasi kesalahan yang mungkin terjadi pada bentuk gambar, sehingga tidak sampai merusak kertas.

Kemudian perhatikan sketsa objek yang dibuat dengan cermat. Tujuannya agar sketsa pada objek bisa lebih presisi dengan objeknya.

c. Pencahayaan atau Gelap Terang

Pencahayaan adalah teknik arsir yang digunakan untuk menunjukkan cahaya yang datang dari kanan, kiri, atau keduanya. Untuk menampilkan arsiran pada objek dengan memberikan bayangan yang lebih terang, lebih gelap atau setengah gelap sehingga terlihat seperti aslinya.

d. Pewarnaan

Mewarnai adalah salah satu fase menggambar yang menyesuaikan dengan media seperti pensil warna, cat air atau pastel, kemudian memberikan sentuhan material sesuai dengan posisi objek gambar.

Cara menggambar objek harus disesuaikan dengan bahan yang digunakan. Jika menggunakan pensil warna, gunakan teknik arsir atau dusel. Kemudian jika menggunakan cat air, maka gunakan teknik aquarel atau plakat.

e. (Finishing) Penyelesaian akhir

Finishing adalah langkah terakhir dalam menggambar, setelah menyelesaikan semua langkah lihat dan perhatikan gambar yang sudah jadi, kemudian jika menemukan bagian yang tidak sempurna.

Jadi inilah titik finishing akhir untuk menyempurnakan gambar, sehingga gambar yang dihasilkan akan terlihat sangat indah.

Prinsip Menggambar Bentuk

1. Model

Model adalah representasi dari suatu objek, objek, atau ide dalam bentuk yang disederhanakan dari kondisi atau fenomena alam.

Model berisi informasi tentang suatu fenomena yang dibuat untuk tujuan mempelajari fenomena sistem yang sebenarnya.

2. Proporsi

Proporsi adalah perbandingan yang sempurna dan serasi antara bagian-bagian objek yang ingin dimodelkan oleh citra yang teramati.

Hal ini sangat mencerminkan keindahan sebuah gambar yang jika semuanya bisa disamakan. Kesebandingan, keseimbangan, atau kesesuaian bentuk dan ukuran suatu benda antara satu bagian dengan bagian lainnya disebut proporsi.

3. Komposisi

Komposisi dikenal sebagai array atau susun. Komposisi bahkan memiliki arti tersendiri dalam seni. Komposisi dapat dianggap sebagai pengorganisasian unsur-unsur seni, terutama dalam seni rupa

Sebuah citra bentuk yang baik harus memperhatikan komposisi agar gambar yang diciptakan dapat menghasilkan kesan yang seimbang, padu, berirama, dan serasi.

4. Perspektif

Secara umum, perspektif ialah bentuk gambar yang digunakan untuk menggambarkan suatu objek sebagai benda, lingkungan, dan ruang yang dilihat oleh mata manusia dalam bidang datar.

Gambar perspektif adalah gambar yang menggunakan titik hilang sebagai titik fokus penglihatan manusia. Gambar perspektif ini memiliki bentuk 3 dimensi.

Manfaat Menggambar

Manfaat yang didapat saat menggambar banyak sekali. Menggambar tidak memandang usia anak-anak atau orang dewasa. Karena menggambar sebenarnya merupakan kegiatan yang juga positif dan memiliki banyak manfaat, berikut manfaat yang bisa didapat:

Manfaat Menggambar Untuk Anak-anak

Bagi anak-anak, kegiatan menggambar atau mencoret-coret sangat bermanfaat.

Berikut adalah manfaat menggambar untuk anak-anak:

  • Untuk membantu anak-anak mengenali pola, garis dan warna.
  • Membantu meningkatkan kreativitas anak.
  • Membantu melatih konsentrasi anak
  • Menggambar sebagai media mengekspresikan imajinasi anak.
  • Menggambar membantu merangsang kecerdasan dan keterampilan motorik anak.
  • Membantu meningkatkan interaksi anak dengan teman sebayanya.

Manfaat Menggambar Untuk Orang Dewasa

Menggambar, seperti yang Anda ketahui, merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh anak-anak, yang ternyata memiliki manfaat untuk orang dewasa juga yah.

Berikut manfaat menggambar untuk orang dewasa:

  • Jika dilakukan oleh orang tua dengan anak dapat mempererat ikatan emosional anak dengan orang tuanya.
  • Misalnya, menggambar membantu menghilangkan stres dan dapat memperbaiki suasana hati yang buruk di tempat kerja atau setelahnya.
  • Bantuan sebagai sarana untuk menghasilkan ide atau untuk bertukar pikiran atau merancang sebuah konsep.

Demikian pembahasan tentang teknik-teknik yang bisa digunakan saat menggambar, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentangnya.