Teknik Mewarnai

Teknik Mewarnai – Teknik Mewarnai adalah proses pemberian warna pada suatu media halaman. Mewarnai gambar diartikan sebagai proses pemberian warna pada media yang sudah diilustrasikan.

Mewarnai gambar merupakan terapi permainan kreatif untuk mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan komunikasi pada anak.

Mewarnai juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Karena dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengisi waktu luang kita, ketika kita sedang merasa bosan. Lantas, seperti apa teknik pewarnaan dan peralatan apa saja yang dibutuhkan? Berikut penjelasannya, yuk simak.

Pengertian Mewarnai

pengertian teknik mewarnai

Sumber: cdnt.orami.co.id

Mewarnai secara harfiah berarti mewarnai atau melukis gambar. Mewarnai adalah keterampilan yang disukai anak-anak dan telah menjadi cara bagi mereka untuk membayangkan dan menginspirasi apapun yang mereka sentuh atau alami.

Berdasarkan pernyataan tersebut, mewarnai merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi seseorang. Kegembiraan yang dimaksud di sini adalah proses pemilihan warna yang digunakan untuk mewarnai area kosong pada gambar.

Mewarnai bertujuan untuk melatih keterampilan, kerapian dan kesabaran. Keterampilan diperoleh dari kemampuan seseorang mengolah tangan yang dilakukan secara berulang-ulang.

Sehingga semakin lama akan dapat mengontrol dan mengarahkan sesuai keinginan. Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan yang sangat cocok diterapkan pada anak usia taman kanak-kanak, karena mewarnai merupakan kegiatan yang menyenangkan.

Teknik Dalam Pewarnaan

Ada 2 teknik yang digunakan saat mewarnai yaitu teknik pewarnaan kering dan teknik pewarnaan basah. Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

1. Pewarnaan Teknik Kering

Teknik Mewarnai

Sumber: static.republika.co.id

Teknik pewarnaan kering adalah teknik pewarnaan dengan menggunakan alat yang tidak mengandung air atau basah. Teknik ini sering digunakan karena tidak rumit.

Berbeda dengan saat menggunakan alat mewarnai yang mengandung air atau basah yang terkesan lebih sulit karena banyak tahapan yang harus dilakukan saat mewarnai.

Teknik kering ini sangat mudah untuk diterapkan, karena dari alat dan langkah-langkahnya kita dapat menyimpulkan bahwa teknik ini adalah yang paling mudah di antara teknik lainnya.

Contoh alatnya adalah pensil, penghapus, kertas, pensil warna, dan krayon.

2. Pewarnaan Teknik Basah

Teknik Mewarnai

Sumber: www.kelaspintar.id

Teknik pewarnaan basah adalah teknik yang menggunakan alat basah atau yang ada unsur airnya untuk digunakan sebagai alat pewarnaan. Saat ini teknik yang satu ini banyak digunakan oleh para seniman.

Memang untuk teknik yang satu ini peminatnya tidak terlalu banyak. Namun, keunggulan teknik pewarnaan basah yang juga tidak mudah dilampaui oleh teknik pewarnaan kering adalah harganya. Kita pasti sudah tahu bahwa lukisan di dunia ini kebanyakan dibuat dengan teknik pewarnaan basah.

Kebanyakan dari hasil karya tersebut dijual dengan harga yang sangat fantastis. Contoh lukisannya adalah Salvator Mundi dengan harga yang dilepas sebesar 6,5 triliun.

Untuk alat yang digunakan untuk pewarnaan teknik basah adalah cat air, cat minyak, tinta, atau media lain yang memerlukan air atau minyak sebagai pengencer.

Teknik Mewarnai Gambar

1. Blocking

Sumber: www.dictio.id

Salah satu teknik pewarnaan gambar yang paling umum digunakan saat mewarnai. Teknik ini juga termasuk dalam teknik pewarnaan dasar.

Teknik ini dapat dilakukan dengan cara memblok dan memberi warna pada area gambar dengan menggunakan warna tertentu, umumnya satu warna. Kita bisa menyebut teknik blocking sebagai teknik menutupi permukaan gambar dengan cat warna.

2. Gradasi

Sumber: i.ytimg.com

Teknik ini digunakan untuk menciptakan kesan nyata pada gambar kita. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan warna yang tetap berirama, satu shade, dan bergradasi dalam sebuah gambar.

Misalnya, jika Anda ingin menggambar biru tua, Anda bisa mulai dengan biru muda, biru langit, dan biru tua. Gradasi biasanya dimulai dengan memberikan warna dasar primer ke seluruh permukaan gambar.

3. Mixing

Sumber: www.dictio.id

Mixing dilakukan untuk menghasilkan warna lain. Mixing artinya mencampur warna. Teknik pencampuran dapat dilakukan dengan menggunakan guratan linier (garis lurus) atau guratan melingkar (melingkar).

Pemilihan jenis goresan dapat disesuaikan dengan objek yang kita gambar. Untuk mewarnai langit guratan yang lebih cocok adalah guratan linier, sedangkan mewarnai pohon dengan banyak daun biasanya guratan melingkar.

4. Finishing

Finishing merupakan tahapan terakhir dari kegiatan mewarnai. Pada teknik ini kita melengkapi hasil gambar yang sudah kita beri warna dengan menyempurnakan bagian-bagian yang masih bisa diperbaiki. Jika masih ada pewarnaan yang kasar, kita bisa menghaluskannya kembali.

Manfaat Kegiatan Mewarnai

Banyak manfaat yang di dapat ketika mewarnai. Simak pembahasan dibawah ini:

1. Melatih Tulisan Tangan

Teknik Mewarnai

Sumber: asset-a.grid.id

Mewarnai dapat melatih tulisan tangan Anda. Lakukan aktivitas seperti mewarnai kertas secara terus menerus atau berulang-ulang.

Karena ketika Anda sering melakukan sesuatu secara berulang-ulang, tentunya Anda akan mengerti apa yang Anda lakukan dan akan bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan kemungkinan kesalahan saat mewarnai.

Ini juga akan berguna untuk membantu Anda memegang alat tulis dengan cara yang benar dan meningkatkan serta melatih tulisan tangan Anda.

2. Kesabaran Dan Ketelitian

Kesabaran kita dapat terasah sebab mewarnai menuntut kita untuk membubuhkan cat pada garis atau bentuk yang telah kita gambar. Untuk itu, mewarnai keluar garis merupakan salah satu hal yang kita coba hindari.

Mewarnai memang membutuhkan rasa sabar yang tinggi. Karena jika Anda tidak sabaran, maka hasil yang didapat tidak akan sebagus seperti yang Anda bayangkan, Dan sebaliknya juga, ketika Anda tidak teliti dalam mewarnai dan akhirnya salah memberi warna.

Maka itu dapat merubah konsep halaman yang Anda gambar, Memang ini terkesan tidak terlalu penting. Tapi ketika Anda sedang bekerja dan sering tidak teliti dan akhirnya melakukan banyak kesalahan.

Perusahaan yang mempekerjakanmu pastinya tidak akan segan untuk memberi surat pemberhentian, bahkan dikeluarkan.

3. Fokus

Teknik Mewarnai

Sumber: cdn.idntimes.com

Fokus dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk berkonsentrasi pada tingkat kepekaan suatu objek tanpa menambahkan hal lain yang dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan kualitas konsentrasi Anda.

Saat mewarnai tentunya harus fokus. Karena fokus merupakan hal yang penting saat mewarnai, yang juga menjadi salah satu tolak ukur sukses tidaknya karya yang Anda buat.

Sehingga ketika mewarnai banyak orang yang fokus dan berkonsentrasi, maka tidak heran jika seseorang yang menghabiskan banyak waktu untuk mewarnai memiliki kemampuan fokus dan konsentrasi yang lebih baik.

Alat Yang Dibutuhkan Untuk Mewarnai Gambar

Sebelum mulai belajar menggambar dan berbicara tentang teknik mewarnai gambar, persiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan membantumu ketika mewarnai gambar nanti, alat tersebut antara lain:

  • Kertas HVS
  • Penghapus
  • Pensil
  • Kertas gambar
  • Pensil warna/krayon
  • Gambar untuk Mewarnai
  • Printer

Nah, setelah Anda  telah menguasai teknik mewarnai, rasanya akan kurang jika Anda belum mengetahui beberapa teknik menggambar lainnya. Untuk itu Anda juga perlu untuk membaca artikel mengenai teknik menggambar berikut ini.

Demikian artikel tentang teknik mewarnai, jika ada saran dan masukan silahkan tambahkan di kolom komentar