Teknik Pilin

Teknik Pilin – Tahukah Anda jika teknik pilin termasuk dalam salah satu teknik untuk pembuatan gerabah atau keramik?

Teknik pilin ternyata juga termasuk komponen penting dalam pembuatan gerabah. Yang mana dengan penggunaan teknik ini maka akan menghasilkan sebuah gerabah yang menarik.

Adapun cara pengerjaannya adalah dengan membentuk tanah liat dengan bentuk tanah liat yang dipilin atau dibentuk menyerupai tali, cara ini dilakukan dengan cara manual agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

Nah, dibawah ini telah kami ulas untuk penjelasan lengkap mengenai teknik pembuatan gerabah atau keramik ini.

Pengertian Teknik Pilin dalam Pembuatan Gerabah

                                                 Sumber Image / i.ytimg.com

Ada beberapa teknik yang dapat digunakan dalam proses pembuatan kerajinan tangan berbahan dasar tanah liat atau yang biasa dikenal orang dengan sebutan gerabah, salah satunya adalah teknik pilin.

Mengutip dari buku Terampil Berkreasi  karya Nandang Subarnas (2005: 74), pengertian dari teknik pilin adalah sebuah teknik yang membentuk bahan baku dari tanah liat dengan cara memilin, hingga berwujud seperti tali.

Sebutan lain dari teknik pilin ini adalah “coiling”, dalam sebuah proses pembuatan kerajinan tangan yang berupa gerabah, adapun cara pembuatannya adalah bersifat manual atau masih menggunakan kemampuan tangan secara langsung.

Untuk cara penggunaan teknik pilin ini adalah dengan mengambil segumpal tanah liat terlebih dahulu, lalu kemudian satukan kedua telapak tangan Anda untuk memilin tanah liat tadi hingga berbentuk panjang seperti tali.

Tidak ada batasan bagi seorang pengrajin dalam penggunaan teknik pilin ini. Karena bisa dengan bebas mengatur sendiri dalam menentukan diameter tanah liat yang akan dipilin sesuai dengan keinginan atau tergantung pada kebutuhannya masing-masing.

Kemudian, setelah menghasilkan pilinan tali tanah liat dengan jumlah dan diameter yang diinginkan, baru setelahnya pengrajin bisa memulai untuk membentuk kerajinan gerabah dengan menempelkan tali pilinan satu dengan yang lainnya.

Dengan menuangkan sedikit demi sedikit air, untuk hal ini diperlukan dengan menekan tanah liat agar dapat menyatu menjadi kuat.

Beberapa Langkah Menggunakan Teknik Pilin dalam Pembuatan Gerabah

                                                        Sumber Image / i.ytimg.com

Berikut ini merupakan beberapa teknik pilin untuk gerabah yang bisa Anda gunakan :

1). Teknik pilin merupakan salah satu bentuk teknik dalam pembuatan gerabah / keramik, adapun cara membuatnya adalah dengan membentuk seonggok tanah liat dengan bentuk dasar tanah liat yang dipilin atau dibentuk menyerupai sebuah tali, pengerjaannya dilakukan secara manual.

2). Yang kedua ada teknik pijit. Teknik pijit ini adalah teknik untuk pembentukan kerangka badan keramik secara manual.

Cara pengerjaan teknik ini adalah dengan sebuah tanah liat dipijit dengan ditekan, yang awalnya dari bentuk bola menjadi bentuk yang diinginkan dengan memanfaatkan fungsi jari-jari tangan.

3). Teknik yang selanjutnya adalah teknik lempengan. Teknik lempengan merupakan wujud dari teknik pembuatan badan keramik yang dilakukan secara manual dengan membentuk sebuah lempengan menggunakan rol.

Lempengan inilah yang digunakan untuk membuat karya keramik yang berbentuk persegi maupun silinder, baru setelah itu bisa ditambah dengan beberapa hiasan dengan cara digoreskan pada saat tanah sudah dalam keadaan kering.

4). Yang keempat adalah teknik putar. Teknik putar ini merupakan sebuah teknik pembentukan badan keramik yang dibantu dengan menggunakan sebuah alat bantu berupa subang pelarik, bisa juga dengan menggunakan alat putar elektrik

5). Teknik kelima adalah teknik cetak. Yang mana teknik cetak ini merupakan teknik pembuatan badan keramik dengan menggunakan alat cetak yang bertujuan untuk mendapatkan hasil yang sama, juga dalam jumlah besar yang dapat dikerjakan dalam waktu sekaligus secara cepat.

6). Yang terakhir merupakan teknik cor. Teknik ini merupakan teknik pembuatan keramik, pengerjaannya juga dengan menggunakan sebuah alat.

Tujuan utama dengan menggunakan sebuah alat adalah agar mendapatkan hasil yang sama dengan jumlah yang besar pula.

Untuk tanah liat yang digunakan pun adalah tanah liat cair, berbeda dengan teknik cetak yang menggunakan jenis tanah liat dengan tekstur kental.


Nah, itulah tadi pembahasan lengkap mengenai teknik pilin.  Selain dapat digunakan untuk teknik membuat gerabah, teknik pilin bisa juga digunakan dalam pembuatan patung. Nah, teknik pembuatan patung banyak macamnya. Untuk artikel lebih lengkapnya Anda bisa simak dan baca artikel tentang teknik pembuatan patung ini.

Mungkin sekian yang dapat kami uraikan, kurang dan lebihnya mohon dimaklumi. Semoga menjadi ladang manfaat bagi kita semua, aamiin.

Sekian dari kami, terimakasih.