Teknik Plakat

Teknik Plakat – Dalam menggambar, kita mengenal beberapa jenis teknik yang dapat digunakan, salah satunya adalah teknik plakat.

“Mengutip buku yang berjudul Modul Seni Budaya Kelas 12 karya Kemendikbud”, teknik plakat adalah cara melukis atau menggambar dengan menggunakan cat air atau cat poster dengan guratan warna yang tebal.

Masih penasaran? apa saja sih teknik plakat itu? mending langsung saja simak pembahasan berikut ini:

Pengertian Teknik Plakat

teknik Plakat

Teknik Plakat adalah teknik melukis atau menggambar yang menggunakan cat akrilik, cat air atau cat minyak sebagai alasnya agar warna cat yang bisa terlihat kental dan tebal.

Teknik menggambar jenis ini jauh berbeda dengan teknik aquarel yang menggunakan cat tipis dengan guratan tipis, sehingga teknik ini menghasilkan lukisan yang lebih pekat dan mencakup semua media.

Teknik ini mampu menghasilkan lukisan dengan nilai komersial tinggi dan biasanya dilakukan oleh pelukis profesional di bidangnya.

Teknik plakat ini akan menghasilkan gambar yang lebih padat dan tebal. Teknik ini juga memiliki tingkat kesulitan sedang.

Karena jika cat air atau cat akrilik terlalu tebal juga tidak akan terlihat bagus. Begitu pula sebaliknya, jika terlalu tipis akan lebih banyak menggunakan teknik aquarel.

Umumnya teknik plakat dilukis atau digambar di atas kertas. Namun tidak jarang teknik plakat digunakan untuk melukis di media kanvas, kertas lukis dan beberapa jenis media lainnya.

Teknik plakat merupakan salah satu dari sekian banyak teknik melukis. Nah, untuk kalian yang penasaran dengan penjelasan lebih lengkapnya. Ayo, simak dan baca artikel teknik melukis secara lengkap ini.

Karakteristik Teknik Plakat

Sumber: img.freepik.com

Teknik plakat memiliki ciri khas yang membedakannya dengan teknik lain. Nah, berikut ini ciri-cirinya yang bisa Anda kenali dalam sekali lihat.

Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki berbagai warna dan kombinasi.
  • Hasil lukisannya terlihat padat dan pekat.
  • Hasil lukisannya meliputi seluruh bagian media seperti kanvas dan kertas.
  • Gambar atau lukisan identik dengan guratan warna cat tebal.
  • Tingkat pencampuran cat cair yang digunakan cukup kental dan pekat.

Ciri-ciri inilah yang membedakan setiap karya seni rupa. Hal ini dapat dilihat dari ciri-ciri visual untuk mengidentifikasi suatu teknik atau aliran seni.

Unsur-Unsur dalam Teknik Plakat

1. Garis

Sumber: 3.bp.blogspot.com

Garis adalah tahap paling dasar dalam melukis. Garis adalah gambar yang dibuat dengan menggores atau menyeret dari satu titik ke titik lainnya. Garis yang berbeda juga sangat beragam bentuknya.

Mulai dari garis lurus, garis putus-putus, garis lengkung, garis tidak beraturan dan lainnya. Setiap garis yang kita gambar juga memiliki arti tersendiri menurut garis tersebut, misalnya jika kita menggambar sebuah garis lurus maka garis lurus tersebut akan memiliki arti yang tegas, kaku dan kaku.

Anda dapat mulai melukis sketsa dengan memulai dengan garis yang kemudian berkembang menjadi berbagai bentuk. Untuk menggambar garis, prinsip yang mudah adalah menggambar garis dari satu titik ke titik lainnya.

2. Bidang

Sumber: i0.wp.com

Menurut definisi, bidang adalah permukaan datar. Bidang ini terbentuk dari setiap ujung garis pangkal yang saling terhubung. Pada unsur bidang terbagi menjadi tiga jenis yang berbeda-beda.

Berikut ulasan dan contoh jenis-jenis bidang yang biasa digunakan saat melukis atau menggambar:

  • Bidang organik adalah garis lengkung bebas.
  • Sedangkan bidang geometri berupa segitiga, bujur sangkar dan persegi panjang.
  • Bidang juga memiliki sifat tertentu dan bervariasi sesuai dengan bentuk bidang.

3. Bentuk

Sumber: broexcel.com

Bentuk adalah sebuah hasil dari penggabungan unsur bidang. Contohnya dalam bentuk kubus, disana terdapat empat sisi bidang kotak yang digabungkan menjadi sebuah bentuk.

4. Warna

Sumber: i0.wp.com

Warna merupakan elemen terpenting. Ada tiga warna dasar yang bisa digunakan dalam melukis, yaitu merah, kuning dan biru.

Dari ketiga warna tersebut, kita dapat mencampur warna untuk menghasilkan warna lain, misalnya jika merah dipadukan dengan kuning akan menghasilkan warna oranye.

Warna dapat memiliki arti tertentu sesuai dengan warna yang digunakan dalam lukisan. Misalnya saat Anda melukis dengan perpaduan warna tua dan muda, warna terang dan warna gelap, serta warna redup dan warna cerah.

Misalnya, jika Anda melukis dengan warna yang lebih terang, lukisan itu akan menciptakan efek yang lebih terang, dan sebaliknya dengan lukisan yang lebih gelap, itu akan menciptakan kesan warna yang lebih berat.

5. Tekstur

Sumber: c.pxhere.com

Tekstur dapat didefinisikan sebagai permukaan pada suatu benda. Teksturnya bisa kasar atau halus.

Tekstur kasar adalah tekstur yang permukaannya tidak rata sehingga permukaannya terasa kasar saat disentuh. Tekstur kasar dapat ditemukan pada cabang pohon, daun dan bebatuan.

Sedangkan tekstur halus adalah tekstur yang permukaannya halus dan lembut atau rata saat disentuh. Misalnya ditemukan pada barang-barang seperti kertas, keramik, kaca dll.

6. Nada Gelap Terang

Sumber: 1.bp.blogspot.com

Ketika suatu benda terkena cahaya secara langsung maupun tidak langsung, maka akan muncul dua efek warna yang mempengaruhi benda tersebut, yaitu:

  • Satu sisi bagian benda yang terkena cahaya
  • Di sisi lain bayangan yang tidak terkena cahaya.

Atau bisa dikatakan benda-benda tersebut memiliki sisi gelap dan sisi terang.

Oleh karena itu, dalam menciptakan suatu bentuk gambar yang baik sangat penting untuk pandai-pandai dalam menentukan sisi gelap dan terang suatu objek sehingga dapat menciptakan gambar yang artistik dan indah.

7. Ruang

Sumber: 3.bp.blogspot.com

Dalam seni membangun, sebuah ruangan dapat terdiri dari dua atau lebih dinding yang diberi jarak satu sama lain. Demikian pula seni pahat seperti halnya seni pahat patung yang terdiri dari sebuah ruangan yang berbentuk rongga.

Ruangan yang ada di dunia nyata bisa disebut ruangan nyata. Kemudian tempat yang dibuat dalam gambar atau lukisan bisa juga disebut tempat imajiner atau ruang khayalan.

Alat dan Bahan Teknik Plakat

Sumber: ngertiaja.com

Untuk menghasilkan gambar yang indah dengan menggunakan teknik plakat, ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan seperti alat dan bahan yang baik dan berkualitas.

Teknik plakat adalah menggambar dengan menggunakan bahan yang cukup beragam. Setidaknya untuk membuat satu karya, Anda memerlukan beberapa alat dan bahan. Tentu tidak sembarangan, alat dan bahan yang disiapkan juga perlu diperhatikan kualitasnya.

Dengan alat dan bahan yang berkualitas, Anda dapat menghasilkan gambar yang juga berkualitas baik. Apalagi ditambah jam terbang yang tinggi, tentunya hasil lukisan atau lukisan Anda bisa memiliki nilai jual yang tinggi. Berikut alat dan bahan yang perlu disiapkan.

Daftar Bahan yang harus disiapkan

  • Cat Poster
  • Cat Minyak
  • Cat Air
  • Cat Akrilik

Daftar Alat Teknik Plakat

  • Media gambar lainnya
  • Kuas lukis
  • Kanvas
  • Tisu

Langkah-Langkah Dan Cara Melukis Teknik Plakat

Sumber: cakbagus.net

Pada dasarnya teknik pengecatan plakat tidak jauh berbeda dengan teknik pengecatan lainnya, hanya saja pada teknik ini warna catnya kental dan tebal pada mediumnya. Sehingga sapuan akan menghasilkan lukisan yang padat dan menutupi seluruh media.

Pastikan kita sudah menentukan tema lukisan semenarik mungkin dan sekreatif mungkin sebelum mengecatnya. Kemudian Anda bisa langsung mencampur dengan warna favorit Anda.

Biasanya teknik plakat menggunakan tiga kombinasi warna dasar, yaitu biru, kuning, dan merah. Kemudian warna-warna tersebut digabungkan sehingga menjadi warna baru sesuai keinginan Anda.

Setelah mengenal teknik plakat dan memadukan warna-warna tersebut, kini saatnya beralih ke fase selanjutnya, yaitu melukis. Berikut adalah teknik melukis dengan menggunakan teknik Plakat, perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

Dalam melukis dengan teknik plakat, pelukis perlu menunggu dengan sabar hingga cat mengering terlebih dahulu. Ini dibuat antisipasi agar warna yang ada tetap pekat dan tidak bercampur dengan warna lainnya.

Melukis atau menggambar dengan teknik plakat patut dicoba. Kombinasi warna yang berani dan tekstur yang menonjol memberikan efek magis dan menarik bagi penggemar.

Penjelasan lebih lengkap mengenai langkah dan cara melukis dengan teknik plakat adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Tema yang Akan Digambar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tema gambar atau lukisan terlebih dahulu. Setelah tema dipilih, buatlah outline atau sketsa gambar sesuai selera Anda. Karena ini akan menjadi acuan dalam proses menggambar nantinya.

Tips tambahan, Anda bisa memilih contoh teknik plakat lainnya untuk dijadikan referensi, bukan? Ciptakan pemikiran Anda untuk bisa membuat hasil semenarik mungkin.

2. Siapkan Alat dan Bahan

Setidaknya persiapkan alat dan bahannya terlebih dulu, karena akan sangat memudahkan Anda saat menjangkau apa yang dibutuhkan. Selain itu siapkan diri Anda sebelum mulai melukis sebuah karya seni.

Karena Anda telah menyiapkan berbagai alat dan bahan di area terdekat Anda. Untuk bisa membantu Anda tetap fokus menyelesaikan lukisan hingga akhir.

3. Sketsa Gambar atau Lukisan

Alih-alih menerapkan warna secara langsung, Anda harus membuat sketsa dasar terlebih dahulu. Hal ini memudahkan Anda untuk melukis dengan lebih akurat dan konseptual. Untuk membuat sketsa, Anda harus melakukannya dengan cermat, agar hasil akhirnya bisa sesuai yang Anda inginkan.

4. Mulai Proses Menggambar atau Mewarnai Lukisan

Untuk melukis,  Anda membutuhkan setidaknya tiga warna dasar. Paduan tiga warna ini biasanya terdiri dari merah, kuning dan biru. Oleskan kuas dengan hati-hati mengikuti sketsa yang dibuat sebelumnya. Dalam proses pewarnaan, Anda juga bisa berkreasi dengan mencampurkan berbagai warna agar lebih menarik.

Sekarang proses ini juga dapat menjadi penentu seberapa baik pekerjaan yang dihasilkan. Trik yang perlu diperhatikan adalah menggunakan sapuan cat yang tebal. Anda dapat menghasilkan sapuan tebal dari campuran cat dengan ketebalan tertentu. Kemudian warnai seluruh gambar hingga media atau kanvas tertutup secara merata. Jika sudah selesai, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah proses pengeringan lukisan.

Kelebihan dan Kekurangan Teknik Plakat

Teknik pengecatan juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Faktanya, tidak ada teknik melukis yang sepenuhnya sempurna.

Ini berlaku untuk semua seniman pelukis, semua pelukis  pemula dan bahkan seniman profesional. Setiap teknik menggambar atau melukis memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jadi, Anda tinggal memilih teknik melukis mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda atau paling tidak paling menarik atau nanti cocok dengan karakter karya yang anda buat. Berikut penjelasannya:

1. Kelebihan Teknik Plakat

  • Penggabungan antara warna yang benar dapat menghasilkan sebuah hasil karya yang berkualitas dan unik
  • Hasil akhir gambar atau lukisan lebih colorful dan lebih memuaskan
  • Lukisan yang unik dan berkualitas dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi
  • Di dalam teknik melukis atau menggambar dengan teknik ini, bisa mengaplikasikan banyaknya warna, dan akan dikombinasikan warna yang banyak

2. Kekurangan Teknik Plakat

  • Kombinasi warna yang kontras akan membuat gambar atau lukisan terlihat terlalu ramai
  • Lebih mahal untuk membeli peralatan melukis ketika Anda menggunakan teknik ini
  • Harus memiliki cat dan kuas yang sesuai
  • Bagi sebagian orang terutama pemula, teknik menggambar yang satu ini akan terasa sulit pada awalnya
  • Teknik menggambar ini cukup sulit, meskipun ada beberapa yang mudah
  • Anda harus membuat berbagai jenis cat dan kuas yang sama persis
  • Dari segi harga, lukisan ini relatif mahal, namun hasilnya akan memuaskan

Contoh Lukisan Gambar Menggunakan Teknik Plakat

Gambar Lukisan Teknik Plakat Buah

Sumber: failfaire.org

Gambar Lukisan Teknik Plakat Pemandangan

Sumber: 4.bp.blogspot.com

Gambar Lukisan Teknik Plakat Hewan

Sumber: ae01.alicdn.com

Gambar Lukisan Teknik Plakat Estetik

Sumber: 3.bp.blogspot.com

Perkembangan Menggambar dengan Teknik Plakat di Indonesia

perkembangan teknik plakat

Sumber: mmc.tirto.id

Seni lukis dengan teknik plakat juga berkembang di Indonesia dan memiliki minat tersendiri di kalangan sebagian masyarakat Indonesia.

Bagi pemula yang ingin memajukan seni lukis menggunakan teknik plakat ini, Anda bisa menemukan banyak studio lukis di sekitar Anda.

Kurva belajarnya juga sederhana dalam melukis, dimulai dengan penggunaan warna dasar dan kombinasi warna, sehingga kita bisa melukis sesuai kreativitas masing-masing.

Ada banyak studio lukis yang mampu menciptakan lukisan yang indah dengan menggunakan berbagai teknik, salah satunya adalah teknik plakat.

Salah satu wujud perkembangan seni lukis dengan teknik plakat ini dapat dijumpai di banyak daerah di Indonesia, seperti sanggar Ruang Seni “Merdeka” di Garut.

Penelitian yang dilakukan oleh Inne Moulani dengan judul sanggar seni “Merdeka” di Garut mengemukakan bahwa tempat tersebut adalah sanggar lukis, mewadahi masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa yang ingin belajar dan memiliki bakat dalam dunia seni lukis.

Saat ini sudah belasan orang yang belajar melukis di sanggar seni. Melalui penelitian ini, banyak lukisan yang bisa diciptakan yaitu ada 13 anak yang melakukan kegiatan melukis dengan mata pelajaran gratis, diantaranya yang memilih mata pelajaran dengan konsep alam, kehidupan sehari-hari dan fotografi.

Selain itu, mereka juga dibekali dengan kemampuan melukis. Dalam menggunakan teknik plakat, media yang mereka gunakan dalam melukis adalah menggunakan spons atau kain lukis.

Melalui kegiatan tersebut, anak-anak juga dapat menyalurkan minat dan bakatnya khususnya dalam seni menggambar atau melukis.

Itulah, beberapa penjelasan lengkap mengenai teknik plakat. Sebenarnya, dalam teknik menggambar tidak hanya menggunakan teknik plakat saja dalam proses pembuatannya.

Masih banyak teknik lain dalam menggambar. Untuk artikel selengkapnya Anda bisa membaca artikel tentang macam-macam teknik menggambar secara lengkap berikut ini.


Jika menurut Anda informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman Anda. Sekian, salam budaya dan seni!