Teknik Spray

teknik spray
Sumber : photoshop

Teknik Spray – Bagi Anda yang ingin belajar seni lukis, ada beberapa teknik yang bisa Anda pelajari salah satunya adalah teknik spray.

Teknik ini merupakan salah satu teknik seni lukis yang sederhana simpel dan tidak memerlukan biaya yang tinggi. Bahan utama yang digunakan hanya cat spray dan kreativitas.

Media seninya berupa tembok, atau banyak orang menyebut dengan seni grafitti dan seni mural. Penasaran dengan pembahasannya, ayo simak beberapa penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Teknik Spray

Sumber : youtube.com

Teknik spray merupakan satu dari sekian banyak teknik melukis dengan menggunakan media yang disemprotkan ke media lukis.

Hasil lukisan dari teknik spray akan terlihat halus dan tampak lebih hidup secara visual. Teknik ini sering dijumpai di tembok-tembok jalanan, banyak orang menyebutnya seni mural.

Bisa juga berupa graffiti, tujuan mereka membuat seni tersebut biasanya sebagai bentuk pengungkapan ekspresi dari kreativitas. Seperti yang dijelaskan tadi bahwa teknik ini medianya berupa tembok dan masih banyak lagi.

Sangat berbeda dengan teknik plakat maupun teknik aquarel, teknik ini penerapannya bebas sesuai kreativitas pembuat seni.

Sejarah Singkat Awal Mula Teknik Spray Ditemukan

Sumber : pinhome.com

Teknik Spray awalnya digunakan dalam seni protes pada awal 1960-an. Seniman asal Perancis Ernest Pignon-Ernest, membuka jendela baru dikreditkan sebagai salah satu seniman pertama yang menggunakan teknik ini.

Kemudian ia menyesuaikannya dengan seni jalanan selama tahun 1970-an. Pignon-Ernest menggunakan stensil cat semprot monokromatik sederhana,untuk menggambarkan realitas perang yang suram.

Meskipun Pignon-Ernest tidak pernah mendapatkan pengakuan dunia, dia pasti meninggalkan jejaknya di seluruh Eropa.

Seiring berjalannya waktu kemudian  10 tahun berikutnya, ada seniman asal Perancis lainnya bernama Blek le Rat.

Ia mampu membuka pandangan baru untuk menempatkan seni jalanan stensil di peta (dan dengan “peta”, maksud saya di dinding di seluruh jalan-jalan Paris).

Seperti pendahulunya dari Perancis, Blek le Rat yang berfokus pada komentar politik dan sosial, sering kali menyertakan motif khas tikus, membuka jendela baru bersama dengan citra lainnya.

Selama ini (awal/pertengahan 1980-an), seni grafiti dan seni jalanan mulai menyebar luas di seluruh dunia – dari Paris, ke New York, ke Los Angeles, bahkan jalan-jalan di Bristol, Inggris.

Kemudian era selanjutnya seorang seniman  jalanan Banksy terkenal karena visualnya yang didorong oleh politik, membuka jendela baru dan konten sosial, membuka jendela baru.

Dia telah melakukan semuanya mulai dari mengadakan residensi selama sebulan tanpa izin di jalan-jalan New York City,

Hingga akhirnya Banksy telah menjadi nama suatu rumah tangga dan sangat mungkin seniman jalanan paling produktif dari generasi ini.

Kemudian seiring berjalannya waktu seni teknik spray mulai menyebar luas hingga saat ini banyak seniman mural jalanan yang telah membuahkan karya seni yang indah dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Teknik Spray

Sumber : pxhere.com

Dalam proses pembuatan seni dengan teknik spray tentunya terdapat beberapa kelebihan dan kekurangannya. Nah, berikut ini akan kami beberkan beberapa kelebihan dan kekurangannya diantaranya:

Kelebihan

Banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari teknik spray diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Biayanya murah, karena tidak memerlukan banyak anggaran dalam proses membuatnya
  2. Media lukisnya mudah ditemukan di banyak tempat. Karena kebanyakan pelukis teknik ini mengaplikasikan teknik spray pada media tembok yang kosong, atau bisa disebut seni mural.
  3. Kualitas lukisan yang dihasilkan lebih hidup dan tekstur dari hasilnya cukup halus
  4. Peralatan yang digunakan tidak banyak dan relatif simpel, Hanya menggunakan cat spray Anda bisa mengkreasikan seni Anda pada tembok kosong

Kekurangan

Selain beberapa kelebihan tentunya dalam setiap suatu teknik seni lukis memiliki kekurangan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Terdapat partikel-partikel debu akibat dari pengkabutan yang bercampur dengan udara, hal ini mengakibatkan permukaan cat menjadi kasar
  2. Adanya turbulensi yang terjadi akibat tekanan udara mengakibatkan pada posisi sudut tidak sempurna tidak dapat melakukan pengecatan.
  3. Pada isi cat terdapat air sebagai udara yang memiliki tekanan, hal ini mengakibatkan timbulnya bubbling yang bisa membuat cat pecah. Ini akan berpengaruh pada hasil cat spray yang keluar jadi kasar

Alat dan Bahan Dalam Penerapan Teknik Spray

Sumber : dekoruma.com

Dalam membuat suatu seni dengan teknik spray tentunya membutuhkan beberapa alat dan bahan berikut ini agar bisa menghasilkan kualitas gambar yang bagus, diantaranya :

  1. Cat spray atau pilox, merupakan bahan utama untuk membuat karya seni dengan teknik spray.
  2. Cat dinding putih, berfungsi untuk membuat warna dasar untuk membuat sketsa gambar nantinya.
  3. Mal atau penggaris dinding, untuk membuat garis tepian agar hasil gambar atau lukisan terlihat rapi.
  4. Karton tebal dan gunting, berfungsi untuk membuat pola bagian gambar tertentu dan memudahkan dalam proses spray nantinya
  5. Masker, agar tidak terkena semprotan cat, debu dan tentunya sebagai bentuk patuh terhadap protokol kesehatan.
  6. Pensil 2B, tak lain dan tak bukan tentu saja untuk membuat sketsa gambar pada tembok.
  7. Tangga, jika tembok yang Anda gunakan terlalu besar gunakan tangga untuk menjangkau bagian-bagian yang tinggi.

Cara Menggunakan Teknik Spray

Sumber : betanews.com

Setelah Anda mengetahui beberapa alat dan bahan di atas, selanjutnya akan kami beberkan bagaimana cara membuat seni dengan teknik spray. ayo, baca dan ikuti cara membuatnya dibawah ini

  1. Survey lokasi yang akan dibuat sebagai media, kemudian lakukan izin kepada pihak yang memiliki tembok tersebut. Atau jika Anda memiliki tembok kosong sendiri boleh-boleh saja.
  2. Kemudian siapkan peralatan dan bahan-bahannya. Fungsinya adalah untuk memudahkan Anda dalam proses pembuatan.
  3. Gunakan masker, karena untuk menghindari polusi, debu, semprotan cat ataupun semprotan satpol pp karena tidak menaati protokol kesehatan
  4. Langkah selanjutnya yakni bersihkan tembok dan cat tembok dengan dasaran warna putih polos, tunggu hingga kering terlebih dahulu.
  5. Jika cat sudah kering, buat sketsa gambar dengan pensil pada kertas terlebih dahulu. Namun jika Anda sudah mahir langsung gambar sketsa pada tembok.
  6. Gambarlah desain semenarik mungkin, fungsi dari tahapan ini adalah meminimalisir hasil cat spray belepotan.
  7. Setelah itu, mulailah menyemprotkan cat spray dengan warna yang Anda inginkan
  8. Gunakan mal atau penggaris dinding agar terlihat rapi. Anda juga bisa menggunakan alat tersebut untuk membuat detail gambar.
  9. Setelah warna dasar selesai, Anda menambahkan detail-detail seperti bayangan atau ornamen lain yang membuat hasil gambar semakin hidup
  10. Terakhir, adalah proses outlining artinya Anda bisa memberikan garis tepi pada bagian desain yang tidak rapi
  11. Tunggu hasil cat hingga kering, dan tara..!! hasil gambar Anda sudah selesai
  12. Ambil foto selfie dengan gambar Anda tersebut agar dapat mengabadikan momen tersebut, dan jangan lupa tetap pakai masker supaya tidak diciduk satpol pp.

Contoh Karya Seni Dengan Teknik Spray

Setelah Anda mengetahui penjelasan lengkap tentang teknik spray kali ini saya akan membagikan contoh hasil gambarnya. Semoga bisa dijadikan referensi Anda dalam membuat karya seni mural.

Yuk, lihat dengan seksama beberapa contoh gambarnya di bawah ini

Sumber : cakbagus.com
Sumber : pxhere.com
Sumber : pxhere.com
Sumber : estycon.com

Akhir Kata

Nah itulah tadi adalah beberapa penjelasan lengkap mengenai teknik spray salah satu seni lukis yang paling mudah.

Memang cukup mudah dan sederhana dalam penerapannya, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan benar-benar.

Salah satunya ketika Anda menyemprotkan cat spray pada media. Jika tidak memperhatikan tutorial diatas bisa saja hasil lukisannya menjadi kasar dan hancur.

Namun jika Anda memperhatikan langkah-langkah diatas dijamin hasil lukisannya indah dan halus.

Terimakasih telah sabar dan setia membaca hingga Akhir. Jangan lupa share ke teman-temanmu untuk menambah wawasan tentang dunia seni lukis.